Pemanfaatan Tanaman Eceng Gondok Menjadi Produk Bernilai Ekonomis Berbasis Zero Waste di Kelurahan Semayan

Penulis

maesa dita ulpiana , Baiq Rani Dwi wulandani

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1057

Diterbitkan:

2021-12-11

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Eceng Gondok, Sabun, Masker, Ekonomis, Zero Waste, Semayan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

ulpiana, maesa dita, & Dwi wulandani, B. R. (2021). Pemanfaatan Tanaman Eceng Gondok Menjadi Produk Bernilai Ekonomis Berbasis Zero Waste di Kelurahan Semayan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 482–488. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1057

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pemanfaatan tanaman eceng gondok menjadi produk bernilai ekonomis merupakan salah satu bagian dari program  zero waste yang bertujuan untuk meminimalisir limbah tanaman eceng gondok yang ada di Kelurahan Semayan. Eceng gondok merupakan salah satu tanaman yang tumbuh dan berkembang di bendungan Batu Jai. Melihat permasalahan tersebut, maka penulis mempunyai inovasi untuk mengolah limbah tanaman eceng gondok menjadi sabun batang organik dan masker kecantikan organik. Metode pelaksanaanya dilakukan dengan metode kualitatif dengan pelaksanaan berupa survey awal, Juga pelatihan. Hasil yang dikeluarkan adalah produk sabun dan masker eceng gondok.

Referensi

Anwar, F., Latif, S., Ashraf, M. and Gilani, A.H. 2007. Moringa oleifera: a food plant with multiplemedicinal uses.Phytother.

Athikomkulchai, S., Watthanachaiyingcharoen, R., Tunvichien, S.,Vayumhasuwan, P., Karnsomkiet, P., Sae-Jong, P. andRuangrungsi, N., 2008.The development of anti-acne products from Eucalyptus globulus and Psidium guajava oil.Journal of HealthResearch, 22(3), pp.109-113.

Dewi, F.K., Suliasih, N. dan Gardina, Y. 2016. Pembuatancookiesdenganpenambahan tepung daunkelor (Moringa oleifera) pada berbagai suhupemanggangan.

Isnan, Wahyudi, Nurhaedah M.2017.Ragam ManfaatTanaman Kelor(MoringaoleiferaLamk.)BagiMasyarakat.Vol.14 No.1,Juli 2018:63-75.

Nadya A., Nasirah. 2019. “Inovasi Pembuatan Masker Wajah dari Bahan Dasar Wortel dan Beras untuk Semua Jenis Kulitâ€, http://eprints.unm.ac.id/12595/1/ARTIKEL%20ICHA.pdf, 2021.

Pramesth, Galuh Ajeng, dkk. “Pemanfaatan Daun Kelor untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif Masyarakat Kelurahan Karang Baru Di Masa New Normal. 2021.

Biografi Penulis

maesa dita ulpiana, Universitas Mataram

Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Mataram

Baiq Rani Dwi wulandani, Universitas Mataram

Dosen Fakultas Peternakan, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).