Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Organik dan Anorganik Di Sekolah Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di SMAN 2 Narmada

Penulis

Saskia Hairun Nisa , Sisi Samarina , Baiq Sri Handayani

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i1.10694

Diterbitkan:

2025-04-18

Terbitan:

Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025

Kata Kunci:

Sosialisasi, Limbah Organik dan Anorganik, Kreativitas

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Nisa, S. H., Samarina, S., & Handayani, B. S. (2025). Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Organik dan Anorganik Di Sekolah Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di SMAN 2 Narmada. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(1), 195–199. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i1.10694

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Permasalahan limbah organic dan anorganik telah menjadi isu lingkungan yang semakin mendesak salah satunya di SMAN 2 Narmada. Tujuan  program ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam memanfaatkan limbah menjadi karya yang bernilai guna sekaligus menanamkan kesadaran lingkungan yang ada di SMAN 2 Narmada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, sosialisasi, pelaksanaan kegiatan dan pameran karya. Hasil ketercapaian dari program ini yaitu meningkatkan kreativitas siswa dan kemampuan bekerja sama dalam tim, menghasilkan karya-karya inovatif yang tidak hanya kreatif tetapi juga fungsional. Program ini juga berhasil mengasah keterampilan praktis mereka dalam mengelola limbah organic dan anorganik.

Referensi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (2023). Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN). Diakses dari https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/ Pada tanggal 13 Februari 2025 10.30.

Lestanti, S., & Budiman, S. N. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Barang Bermanfaat Bagi Masyarakat di Masa Pandemi. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 77–86. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.660

Mayeni, M. (2017). Sosialisasi Teknologi Informasi: Pengabdian Masyarakat pada Siswa SMK Taruna Bhakti Depok. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 1(1), 21-25.

Olga, & Jayanti, M. D. (2016). Peningkatan Kreativitas Melalui Kerajinan Tangan dengan Pemanfaatan Sampah Organik dan Anorganik pada Siswa Kelas IV SDN Wanasari 08 Cibitung-Bekasi. Jurnal Ilmiah PGSD, 10(2), 29-35.

Rusi, I., Yustosio, D., Sunggu, F. A. D. O., Sugiyanto, S., Aditya, A. P., & Suhardi, R. E. (2024). Pemanfaatan barang bekas dalam menunjang keterampilan dan kreativitas siswa. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(1), 84-92.

Sari, D. P., & Hidayati, N. (2022). Kreativitas Siswa dalam Proyek Daur Ulang Limbah Plastik di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(2), 78-89.

Sari, N. (2023). Limbah Anorganik sebagai Ide Penciptaan Seni Kriya SMA Wahyu Makassar. Jurnal Harmoni, 13(1), 62-77.

Zulkarnain, I. M. F. (2019). Meningkatkan kreativitas siswa dengan memanfaatkan sampah bekas menjadi barang yang bernilai ekonomis. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 25-31.

Biografi Penulis

Saskia Hairun Nisa, Universitas Mataram

Sisi Samarina, Universitas Mataram

Baiq Sri Handayani, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Saskia Hairun Nisa, Sisi Samarina, Baiq Sri Handayani

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).