Pembelajaran Sistem Pembangkit Hibrida untuk Mendukung Program Konservasi Energi di Sekolah SMAN 1 Batulayar melalui Pendekatan Partisipasi Siswa

Penulis

Agung Budi Muljono , I Made Ari Nrartha , Sultan Sultan , I Made Ginarsa , I Ketut Perdana Putra , Ni Made Seniari , Sudi Mariyanto Al Sasongko

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i1.10698

Diterbitkan:

2025-03-28

Terbitan:

Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025

Kata Kunci:

Pembelajaran, Pembangkit hibrida, Konservasi energi, Partisipasi siswa, SMAN 1 Batulayar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Muljono, A. B., Nrartha, I. M. A., Sultan, S., Ginarsa, I. M., Putra, I. K. P., Seniari, N. M., & Sasongko, S. M. A. (2025). Pembelajaran Sistem Pembangkit Hibrida untuk Mendukung Program Konservasi Energi di Sekolah SMAN 1 Batulayar melalui Pendekatan Partisipasi Siswa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(1), 194–199. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i1.10698

Metrik

Jumlah akses PDF
28
Mar 28 '25Mar 31 '25Apr 01 '25Apr 04 '25Apr 07 '25Apr 10 '25Apr 13 '25Apr 16 '25Apr 19 '25Apr 22 '25Apr 25 '255.0
|

Abstrak

Konservasi energi menjadi salah satu isu penting dalam upaya mencapai keberlanjutan energi dan mengurangi dampak negatif perubahan iklim. Sekolah sebagai lembaga pendidikan berperan strategis dalam menanamkan kesadaran lingkungan dan pentingnya pengelolaan energi yang efisien kepada siswa. Pelatihan ini bertujuan untuk pembelajaran sistem pembangkit hibrida sebagai bagian dari program konservasi energi di SMAN 1 Batulayar, dengan pendekatan partisipasi aktif siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi edukasi teori mengenai energi terbarukan, teknologi pembangkit listrik hibrida, dan prinsip dasar konservasi energi, sesuai UU No. 30 tahun 2007, praktik pengukuran potensi energi untuk perencanaan sistem pembangkit listrik hibrida menggukanan model simulasi Homer. Selain itu, siswa dilibatkan dalam penggunaan modul pembangkit listrik hibrida dalam skala kecil (prototype) instalasi listrik beban sekolah dengan sumber dari PLN dan PLTS 50 Wp di area sekolah. Hasil dari kegiatan melalui evaluasi proses pretest dan posttest dengan materi jenis sumber EBT, pengetahuan konservasi, pengetahuan tentang pengukuran potensi energi EBT dan sistem pembangkit hibrida didapatkan nilai rerata mengalami kenaikan sebasar 17,75 atau mengalami peningkatan 34,97%. Keberlanjutan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam implementasi program konservasi energi berbasis partisipasi siswa.

Referensi

Daoudi, M. (2024). Education in renewable energies: A key factor of Morocco’s 2030 energy transition project. Exploring the impact on SDGs and future perspectives. Social Sciences and Humanities Open, 9(January), 100833. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.100833

Faza Rifàti, E., Utami, E., Sahrin, A., Sutanto, A., & Sunardi, S. (2024). Teknologi Energi Baru Terbarukan Dan Konservasi Energi: Pemberdayaan Lahan Dengan Sistem Ketahanan Pangan Terpadu Terbarukan “Sapta.” Madiun Spoor : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.37367/jpm.v4i1.329

Fitriani, E., Novawardhani, K. R., Paramytha, N., Mukti, A. R., & Makmuri, M. K. (2024). Edukasi Pengenalan Konservasi Energi dan Sumber Energi Baru Terbarukan pada Siswa SD Negeri 111 Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(1), 13–18. https://doi.org/10.54082/jpmii.308

Gill, C., & Lang, C. (2018). Learn to conserve: The effects of in-school energy education on at-home electricity consumption. Energy Policy, 118, 88–96. https://doi.org/10.1016/j.enpol.2018.03.058

Khulaemi, A. (2021). Strategi Kementerian ESDM untuk Peningkatan Kapasitas TenagaTerampil dalam Energi Terbarukan dan Konservasi Energi.

Kurniawan, I. H., Winarso, W., & Marhendi, T. (2023). Wisata Edukasi Energi Terbarukan Berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid Di Desa Kebumen, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Jurnal Pengabdian Teknik Dan Sains (JPTS), 3(01), 40–45. https://doi.org/10.30595/jpts.v3i01.16832

Muljono, A. B., Nrartha, I. M. A., Ginarsa, I. M., & Natsir, Abdul, Made Sutha Yadnya, Sudi Mariyanto al Sasongko, M. T. (2024). Metode Pengukuran Potensi Energi Terbarukan : Upaya Meningkatkan Keterampilan Praktis dan Interpersonal Mahasiswa untuk Mendukung Inisiatif Konservasi dan Diversifikasi Energi. Jurnal Gema Ngabdi, 6(3), 296–301. https://doi.org/10.29303/jgn.v6i3.530

Muljono, A. B., Nrartha, I. M. A., Ginarsa, I. M., Sasongko, S. M. Al, Putra, I. K. P., Sultan, S., & Yadnya, M. S. (2023). Edukasi Siswa SMAN 1 Batulayar Melalui Penyuluhan Potensi Energi Terbarukan Menuju Sekolah Ramah Lingkungan. Jurnal Gema Ngabdi, 5(2), 227–235. https://doi.org/10.29303/jgn.v5i2.382

Muljono, A. B., Nrartha, I. M. A., Harjian, M. R., Alfandi, A. N., & Ginarsa, I. M. (2024). Perspektif Gender dalam Perilaku Hemat Energi Rumah Tangga di Desa Sandik Melalui Pelatihan Konservasi Energi Menuju Transisi Energi Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1674–1679.

Muljono, A. B., Sasongko, S. M. Al, Ginarsa, I. M., Putra, I. K. P., & Nrartha, I. M. A. (2023). Edukasi Bagi Siswa SMAN 1 Batulayar Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat Melalui Penyuluhan dan Pengukuran Potensi Energi Baru Terbarukan. In Laporan akhir pengabdian internal universitas mataram.

Rusdi, M., Hariyanto, H., & Cipto, C. (2021). Sosialisasi Pemanfaatan Energi Terbarukan Dan Pelatihan Teknologi Tepat Guna Berbasis Solarcell Untuk Pelajar SMPIT Ibnu Sina Merauke. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 79–84. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.20

Sarah, S., Cahya, R., Ruswandi, S., Nurjanah, A., & Supramanto, J. (2024). Strategi Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Diskusi Mata Pelajaran IPAS Mengenai Bumi dan Alam Semesta Kelas V di SD Sukatani. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 849–854. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3125

Sukma Wahyuni, E., Mubarok, H., Nur Budiman, F., & Wahyu Pratomo, S. (2020). Pemanfaatan Energi Terbarukan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis Komunitas: Menuju Desa Mandiri Energi. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 493–508. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.181

Wahyu, S., Susila, A. B., Nasbey, H., Zatnika, A., Albieza, R., Thoriq, A., & Zefanya, M. (2024). Penerapan Energi Surya dan Air dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ): Studi Kasus Pembelajaran Berbasis Proyek di SMAN 16 Jakarta. 4, 25–33. https://doi.org/10.21009/jpmsa.v4i2.

Wakidah, R. N., Aflaha, D. S. I., Taufik, I., Zahra, A. Z., Susilowati, & Muktiningrum, T. (2022). Pengembangan Kit Renewable Energy Sebagai Media Pembelajaran Penghematan Energi Di MI Roudlotul Ulum Kabupaten Tulungagung. Jurnal Gema Ngabdi, 9, 229–237.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Agung Budi Muljono, I Made Ari Nrartha, Sultan Sultan, I Made Ginarsa, I Ketut Perdana Putra, Ni Made Seniari, Sudi Mariyanto Al Sasongko

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).