Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Implementasi K3 Kelistrikan untuk Transisi Energi Rumah Tangga Berwawasan Lingkungan
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i1.10712Diterbitkan:
2025-03-30Unduhan
Abstrak
Transisi energi rumah tangga yang berwawasan lingkungan merupakan langkah strategis dalam mendukung penggunaan energi berkelanjutan. Namun, rendahnya pemahaman masyarakat terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kelistrikan dalam penerapan teknologi energi terbarukan masih menjadi tantangan utama. Kurangnya sosialisasi dan keterampilan teknis dalam instalasi serta pemanfaatan energi bersih meningkatkan risiko kecelakaan listrik, yang dapat menghambat peralihan dari energi konvensional ke energi ramah lingkungan.
Pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui edukasi dan pelatihan berbasis K3 kelistrikan yang difokuskan pada implementasi energi terbarukan. Kegiatan ini dilaksanakan melalui metode sosialisasi dan pelatihan teknis yang melibatkan akademisi, kepala desa, dan masyarakat setempat. Sosialisasi diberikan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya K3 kelistrikan dalam penggunaan energi terbarukan, sementara pelatihan teknis difokuskan pada praktik instalasi dan pemeliharaan sistem kelistrikan yang aman dan efisien.
Harapannya, program ini dapat meningkatkan pemahaman serta keterampilan masyarakat dalam menerapkan prinsip K3 kelistrikan, sehingga tercipta lingkungan rumah tangga yang lebih aman dan berkelanjutan. Dengan demikian, masyarakat dapat berperan aktif dalam transisi energi dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan dan efisiensi listrik.
Kata Kunci:
Energi terbarukan, k3 kelistrikan, pemberdayaan masyarakat, transisi energiReferensi
Abidin, Z., Affan, B., & Arief, B. L. (2021). Sosialisasi K3 Kelistrikan Rumah Tangga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) |, 4(2), 137–145. http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/Abdi_Kami
Amrullah, T., Ayu, I., Adnyani, S., & Wiryajati, I. K. (2024). Identifikasi Bahaya dan Penilian Risiko Keselamatan dan Kesehatan (K3) menggunakan Metoda HIRA pada PT. INNAKO Internasional Konsuindo. 12(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5541
Anthony, C., & Patra, F. (2022). Upaya Mewujudkan Pembangunan. Jjg, 11(2), 113–122. https://doi.org/doi.org/10.21009/jgg.112.05
Desryanto, N., Widiarto, H., Koswara, I., Putra, A. A., Isdy, M. Z., Soebiantoro, R., & Kosasih, A. (2024). Sosialisasi aspek keselamatan pada instalasi listrik. Journal, Communnity Development, 5(5), 10491–10497. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/36836/24015
Dewi, S. S., Edy, M. R., Angreany, F., Sakinah, R., Makassar, U. N., Atma, U., & Makassar, J. (2024). Edukasi keselamatan penggunaan listrik bagi kalangan ibu rumah tangga di Kelurahan Tombolo. Volkatek, 02(02), 110–117.
Fathoni, M., Hasan, S., & Gani, S. A. (2024). Pelatihan dasar instalasi listrik rumah tangga untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi energi. Journal, Communnity Development, 5(6), 11142–11145. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.37482
Gani, A., Nizar, M., Faisal, M., & Ahmad, S. (2024). Menuju Masa Depan Hijau: Sosialisasi Pemanfaatan Energi Terbarukan di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 19–30. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/btm.v6i1.7488
Hadi, M.N., Romadhon, S. Huluq, N., Effendi, A., Ripa’i, A. (2024). Sosialisasi Dan Implementasi K3 Listrik Di Kampung Sampalan Desa Kadudodol Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang Banten. TENSILE, 2(3), 1–23. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/TNSL/article/view/45657?
Muljono, A, B., Nrartha, IMA., Sultan., Harjian, M, R., Alfandi, A.N., Adnyani, I. A., Ginarsa, MD., Seniari, N. M., &, & Sasongko, S. (2024). Perspektif Gender dalam Perilaku Hemat Energi Rumah Tangga di Desa Sandik Melalui Pelatihan Konservasi Energi Menuju Transisi Energi Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7, 0–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.9626
Putri, B. A. S., Saroy, G. V. A., & Rajib, R. K. (2024). Pendekatan Peran Hukum dalam Mendorong Transisi Energi Terbarukan. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 230–235. https://doi.org/: https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1402
Sari, L., Alam, S., Surjati, I., & Astuti, P. (2023). Penyuluhan Penggunaan Listrik Untuk Kebutuhan Rumah Tangga Secara Efisien di Kelurahan Jatibening Baru, Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 6(1), 27. https://doi.org/10.24853/jpmt.6.1.27-32
Widana, A. K., Wiryajati, I. K., & Adnyani, I. A. S. (2024). Identifikasi Bahaya Dan Penilaian Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Menggunakan Metode Hirarc Pada Gardu Induk Ampenan. JITET (Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan), 12(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jitet.v12i3S1.5272
Zainal Ibad, M., Nabilla Antiqasari, S., Hudalah, D., & Dirgahayani, P. (2022). Transisi Energi Terbarukan di Indonesia: Dinamika Kendaraan Listrik dengan Pendekatan Self-organization di Kota Jakarta. Jurnal Teknik Sipil, 29(2), 161–170. https://doi.org/10.5614/jts.2022.29.2.7
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ida Ayu Sri Adnyani, Ni Made Seniari, I Made Ginarsa, I Ketut Perdana Putra, Agung Budi Muljono, I Made Ari Nrartha, Sultan Sultan, Sabar Nababan, I Ketut Wiryajati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).


