Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Peran Framing dan Branding dalam Penguatan Citra Desa Paokmotong sebagai Sentra Perdagangan di Provinsi Nusa Tenggara Barat

The Role of Framing and Branding in Strengthening the Image of Paokmotong Village as a Trade Center in West Nusa Tenggara Province

Penulis

Lilik Hidayati , Hilmayana Irma Dayulia , Isnaini Fajrianti , Neni Oktavianty , Galu Saputra , Ahmad Isfan Kholidi , Muhammad Trisna Umami , Tegar Maulana , Nur Komalasari , Desi Ariyanti , Nurul Fadilah

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i1.10713

Diterbitkan:

2025-03-22

Unduhan

Abstrak

Desa Paokmotong memiliki potensi besar sebagai sentra perdagangan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun, penguatan citra desa sebagai pusat perdagangan masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk dalam aspek branding dan framing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategi branding dan framing dalam membangun citra positif Desa Paokmotong sebagai sentra perdagangan. Dengan pendekatan kualitatif, kegiatan ini mengkaji bagaimana penerapan elemen branding dan framing dapat meningkatkan daya saing desa di sektor perdagangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi branding melalui identitas visual, pemasaran digital terbukti efektif setelah dilakukan pemasangan denah pasar, sosialisasi pembuatan konten dan pelatihan digital marketing dalam meningkatkan citra desa sebagai sentra perdagangan di Provinsi NTB. Sementara itu, strategi framing melalui pemberitaan positif, narasi historis, dan publikasi mendukung terciptanya persepsi positif masyarakat terhadap Desa Paokmotong. Dengan kombinasi branding dan framing yang tepat, Desa Paokmotong dapat semakin diperkuat sebagai sentra perdagangan yang modern, berdaya saing, dan berkelanjutan.

Kata Kunci:

Framing; Branding; Citra; Sentra Perdagangan

Referensi

Arviani, H., Yudha, D. S., Atasa, D. dan Yulianto, T. 2024. Pendampingan Penguatan Branding dan Digital Marketing pada Desa Wisata Lembah Winden Wonosalam. Jurnal Gema Ngabdi. 6 (3): 235-243

Ardhana, V. Y. P., Mulyodiputro, D. M., dan Hadayi, L. 2023. Optimalisasi Digital Marketing Bagi Generasi Z Dalam Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia. 2 (2): 144-159

Ardhana, V. Y. P., Mulyodiputro, D. M., dan Hadayi, L. 2024. Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Loyalitas Pelanggan Beauty Store. Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi. 1 (3) : 150 -157

Sayidah, H., Sulastri, T., dan Qintharah, Y. N. 2023. Membangun Personal Branding Pada Warga Desa Bantarsari. Jurnal An-Nizam. 2 (2) : 174-180

Syah, I., Fathorraman, dan Ainun, M. B. 2023. Analisis Branding Dalam Meningkatakan Ekonomi Kreatif Pariwisata Di Desa Bilis-Bilis Kecamatan Arjasa. Journal of Economics, Management, and Business Research (JEMBER). 4 (1): 438-445

Biografi Penulis

Lilik Hidayati, Universitas Mataram

Hilmayana Irma Dayulia, Universitas Mataram

Isnaini Fajrianti, Universitas Mataram

Neni Oktavianty, Universitas Mataram

Galu Saputra, Universitas Mataram

Tegar Maulana, Universitas Mataram

Nur Komalasari, Universitas Mataram

Desi Ariyanti, Universitas Mataram

Nurul Fadilah, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Hidayati, L., Dayulia, H. I., Fajrianti, I., Oktavianty, N., Saputra, G., Kholidi, A. I., … Fadilah, N. (2025). Peran Framing dan Branding dalam Penguatan Citra Desa Paokmotong sebagai Sentra Perdagangan di Provinsi Nusa Tenggara Barat: The Role of Framing and Branding in Strengthening the Image of Paokmotong Village as a Trade Center in West Nusa Tenggara Province. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(1), 149–153. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i1.10713