Pendampingan Kemandirian Berwirausaha Produk Frozenfood Melalui Pemberdayaan Anak-Anak Panti Asuhan Al Hidayah Tanjung Karang
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i1.10800Diterbitkan:
2025-04-22Terbitan:
Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025Kata Kunci:
Kewirausahaan, Makanan, PenjualanArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kegiatan Pengabdian yang berjudul Pendampingan Kemandirian Berwirausaha Produk Frozenfood Melalui Pemberdayaan Anak-Anak Panti Asuhan Al Hidayah Tanjung Karang kami lakukan pada tanggal 5 Desember 2024. Tujuan dari Kegiatan ini adalah Membentuk Jiwa mandiri untuk berwirauasaha terutama bagi anak anak Panti Asuhan Al hidayah. Metode yang dilakukan untuk kegiatan ini adalah Penyuluhan dan cara membuat makanan olahan frozenfood yang layak jual. Kegiatan ini melibatkan sebanyak kurang lebih 50 Orang anak anak Panti Asuhan yang dimulai dari jam 8 Pagi sampai dengan jam 5 Sore WITA. Semua alat dan Bahan disipakan oleh kami selaku Tim Pengabdian sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Dan hasil yang diperoleh adalah anak anak panti asuhan dapat dengan baik mengikuti arahan dari Tim dan mudah mencerna semua kegiatan yang diberikan.
Referensi
Daftar Pustaka
Djakasaputra, A., & Candra, R. (2021). Pelatihan Manajemen Umkm Dan Kewirausahaan Di Panti Asuhan Asih Lestari Dadap Tangerang. 1447–1454.
Kristiandi, K., Mahmuda, D., Yunita, N. F., & Maryono, M. (2022). Pendampingan Pembuatan Dan Pengemasan Frozen Food Pada Ibu Rumah Tangga. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 216. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1037
Muhammad Nur Hidayat, & Rz. Ricky Satria Wiranata. (2021). Pemberdayaan dan Peningkatan Kesejahteraan Anak Yatim dan Dhuafa di Yogyakarta. QULUBANA: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 19–45. https://doi.org/10.54396/qlb.v1i2.149
Purnomo, N., & Muhtarom, A. (2018). Determination Factor Alumni and Student of Economic Faculty Lamongan Islamic University to Become Enterpreneur. Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 14(1), 19–25. https://doi.org/10.24127/akuisisi.v14i1.237
Susanto, R., Umam, K., & Pangesti, I. (2021). Menanamkan Jiwa Wirausaha pada Remaja. Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/doi.org/10.37010/kangmas.v2i.191
Utomo, A. P., Mariana, N., Nugroho, I., Informasi, F. T., Semarang, U. S., Tri, J., Juang, L., & Mugas, N. (2022). Pendampingan Menumbuhkembangkan Wirausaha Bagi karang Taruna Semarang Utara Dengan Kemampuan Proses Produksi Kain Ecoprint. Ikraith-Abdimas, 5(1), 167–171.
Yansen, A. C., & Arsana, I. M. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Asuh Untuk Menanamkan Nilai Kewirausahaan Di Panti Asuhan “Rodhiyatul Jannah” Surabaya. Jurnal Moral Dan Kewarganegaraan, 1(2), 206–220. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/download/6701/3472
Yhola Kiki Nor Faridha, kokom komariah, B. L. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Membuat Produk Olahan Kekinian melalui Pemberdayaan Remaja Putri di Dusun Salakan. Jurnal UNY, 01(01), 1–6.
Biografi Penulis
Phyta Rahima, Universitas Bumigora
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Phyta Rahima, Ria Rismayati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).