Pengembangan Google Sites Untuk Menunjang Pembelajaran Dan Penilaian Bagi Guru-Guru SMPN 4 Mataram, Lombok
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i1.10831Diterbitkan:
2025-04-12Terbitan:
Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025Kata Kunci:
Google Sites, TPACK, penilaian, pembelajaran, teknologiArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Menghadapi generasi Z (GenZ), pembelajaran harus dikemas dalam bentuk blended – offline dan online. Guru masa kini harus membekali diri dengan kemampuan mengemas pembelajaran dalam bentuk digital. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membekali guru-guru SMPN 4 Mataram Lombok dengan pengetahuan dan keterampilan mengembangkan Google Sites untuk menunjang pembelajaran dan penilaian. Kegiatan dilaksanakan di SMPN 4 Matarm dengan melibatkan seluruh guru mata pelajaran yang berjumlah 58 orang dan difasilitasi oleh 5 fasilitator dari FKIP Universitas Mataram dan dari SMPN 4 Mataram. Rangkaian kegiatan dilaksanakan dengan Flipped Learning Model (out-class activity dan in-class activity) berupa belajar online melalui Website Google Sites, pemaparan materi dan praktik langsung pengembangan dan kegiatan mandiri serta pendampingan. Dari hasil kegiatan disimpulkan bahwa khalayak sasaran telah memiliki pengetahuan tentang Google Sites dan telah mampu mengembangkan konten untuk pembelajaran dan penilaian mata pelajaran masing-masing. Disarankan, dengan stimulus kegiatan ini, guru-guru terus meningkatkan keterampilan mereka untuk mengembangankan bahan pembelajaran dan penilaian melalui Google Sites.
Referensi
Azmy, B. & Fanny, A.M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Inventa: Jurnal PGSD, 7/2, pp. 217-223. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/download/8739/5335/29002
Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom: Reach Every Student in Every Class Every Day. International Society for Technology in Education.
Choirunnisa, R. & Widiyanti, S. (2023). Implementasi Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Sistem Informasi (JPSI), 1/3, pp. 66-74. DOI: https://doi.org/10.54066/jpsi.v1i3.669
Flipped Learning Network (FLN). (2014). Definition of Flipped Learning. Retrieved from flippedlearning.org
Indtajit, E. (2021). Simposium Regional PTP: Model dan Media Pembelajaran Inovatif dalam Mendukung Pembelajaran yang Efektif. https://www.youtube.com/watch?v=4gK70L83Vl8
Khodir, F., Khairi, F.I., & Kibtiyah, A. (2024). Kesenjangan Generasi antara Guru dan Murid di Era Digital. Jurnal Studi Multidisipliner, 8/7, pp. 210-214. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jsm/article/download/3369/3388/3378
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60-70.
Meldiana, C. & Nurhamidah, D. (2023). Efektivitas Media Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 10/1 pp. 1-15. DOI: https://doi.org/10.33603/deiksis.v10i2.1-15
Pratama, R., Alamsyah, M., Ferry S, M., Marhanto, G., Jupriadi. (2023). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran IPA. Sinasis, 4/1, pp. 12-15.
Prensky, M. (2001). Digital Natives Digital Immigrants. USA: McGraw-Hill
Sarif, A. & Yunus, S. R. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 33 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IV: “Desain Pembelajaran IPA yang Berorientasi Masa Depan yang Berkelanjutan”
Sujana, I M., Soepriyanti, H., Waluyo, U., & Arifuddin. (2019). Pengembangan “Content” Google Classroom untuk Guru dan Mahasiswa Bahasa Inggris Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 2/4. pp. 396-401. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1477/1067
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms Alexandria. Association for Supervision and Curriculum Development.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Made Sujana, La Ode Alfin H. Munandar, Sahrul, Lalu Jinade, Yoce F. Abidano

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).