Praktek Pembelajaran Terbimbing Pada Mahasiswa PPG Calon Guru

Penulis

Kusmiyati

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i1.10868

Diterbitkan:

2025-03-13

Terbitan:

Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025

Kata Kunci:

pembelajaran terbimbing, PPG calon guru

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kusmiyati. (2025). Praktek Pembelajaran Terbimbing Pada Mahasiswa PPG Calon Guru. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(1), 115–119. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i1.10868

Metrik

Jumlah akses PDF
6
Mar 13 '25Mar 16 '25Mar 19 '25Mar 22 '25Mar 25 '25Mar 28 '25Mar 31 '25Apr 01 '25Apr 04 '25Apr 07 '25Apr 10 '254.0
|

Abstrak

Tujuan kegiatan ini adalah mendampingi dan membimbing mahasiswa PPG calon guru dalam praktek pembelajaran terbimbing pada PPL II Semester 2 Gelombang 1 tahun 2024 di SDN 18 Ampenan. Mahasiswa melaksanakan praktek pembelajaran terbimbing dalam format lesson study, diawali dengan menyusun rencana pembelajaran hingga melakukan refleksi dari pembelajaran yang dilakukan. Diskusi dan tanya jawab dilakukan sejak penyusunan perangkat pembelajaran hingga refleksi hasil pembelajaran yang telah dilakukan mahasiswa. Hasil observasi pembelajaran menunjukkan pelaksanaan pembelajaran berpusat pada peserta didik, perangkat pembelajaran yang disusun telah dilaksanakan dengan sangat baik, walaupun masih harus ditingkatkan dalam keterampilan mengelola kelas dan membimbing kelompok. Mahasiswa dapat melakukan refleksi dan rencana tindak lanjut atas pembelajaran yang telah dilakukan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah mahasiswa telah memiliki kesiapan untuk melaksanakan praktek pembelajaran mandiri dengan tetap mengedepankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Asessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York & London: Addison Wesley Longman, Inc.

Agustina, P., & Saputra, A. (2017). Profil keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru biologi pada matakuliah microteaching. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 18-28.

Damanik, R., Sagala, R. W., & Rezeki, T. I. (2021). Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Umsu Press. http://umsupress.umsu.ac.id/

Forrest, C. (2003). Writing training objectives using SMART.

Hasibuan dan Moedjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Indriyani, D., Djahir, Y., & Barlian, I. (2015). Analisis Keterampilan Bertanya Guru Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 27 Oku. Jurnal Profit, 2(2), 131–143..

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jendral Pendidikan guru, Tenaga Kependidikan dan Profesi Guru. Direktorat Pendidikan Profesi Guru. (2024). Generasi Baru Guru Indonesia. https://ppg.dikdasmen.go.id/ppg-calon-guru.

Madjid, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.35329/jp.v1i2.327

Miyarso, E. (2019). Perancangan Pembelajaran Inovatif.

Munawaroh, I. (2019). Teori belajar dan Implikasinya dalam Pembelajaran

Musfiqon, H., & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Permendikbud Ristek RI No 19 Tahun 2024:Tidak Ada Lagi Istilah PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan, https://www.melintas.id/pendidikan/344789531/permendikbud-ristek-ri-no-19-tahun-2024tidak-ada-lagi-istilah-ppg-prajabatan-dan-ppg-dalam-jabatan-simak-informasi-selengkapnya

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia no 22 tahun 2016 tentang standar proses pembelajran pada Pendidikan dasar dan menengah.

Purwati dkk. (2009). Microteaching. Surabaya: Aprinta

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Kusmiyati

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).