Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Praktek Pembelajaran Terbimbing Pada Mahasiswa PPG Calon Guru

Penulis

Kusmiyati

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i1.10868

Diterbitkan:

2025-03-13

Unduhan

Abstrak

Tujuan kegiatan ini adalah mendampingi dan membimbing mahasiswa PPG calon guru dalam praktek pembelajaran terbimbing pada PPL II Semester 2 Gelombang 1 tahun 2024 di SDN 18 Ampenan. Mahasiswa melaksanakan praktek pembelajaran terbimbing dalam format lesson study, diawali dengan menyusun rencana pembelajaran hingga melakukan refleksi dari pembelajaran yang dilakukan. Diskusi dan tanya jawab dilakukan sejak penyusunan perangkat pembelajaran hingga refleksi hasil pembelajaran yang telah dilakukan mahasiswa. Hasil observasi pembelajaran menunjukkan pelaksanaan pembelajaran berpusat pada peserta didik, perangkat pembelajaran yang disusun telah dilaksanakan dengan sangat baik, walaupun masih harus ditingkatkan dalam keterampilan mengelola kelas dan membimbing kelompok. Mahasiswa dapat melakukan refleksi dan rencana tindak lanjut atas pembelajaran yang telah dilakukan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah mahasiswa telah memiliki kesiapan untuk melaksanakan praktek pembelajaran mandiri dengan tetap mengedepankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Kata Kunci:

pembelajaran terbimbing, PPG calon guru

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Asessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York & London: Addison Wesley Longman, Inc.

Agustina, P., & Saputra, A. (2017). Profil keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru biologi pada matakuliah microteaching. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 18-28.

Damanik, R., Sagala, R. W., & Rezeki, T. I. (2021). Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Umsu Press. http://umsupress.umsu.ac.id/

Forrest, C. (2003). Writing training objectives using SMART.

Hasibuan dan Moedjiono. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Indriyani, D., Djahir, Y., & Barlian, I. (2015). Analisis Keterampilan Bertanya Guru Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 27 Oku. Jurnal Profit, 2(2), 131–143..

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Jendral Pendidikan guru, Tenaga Kependidikan dan Profesi Guru. Direktorat Pendidikan Profesi Guru. (2024). Generasi Baru Guru Indonesia. https://ppg.dikdasmen.go.id/ppg-calon-guru.

Madjid, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.35329/jp.v1i2.327

Miyarso, E. (2019). Perancangan Pembelajaran Inovatif.

Munawaroh, I. (2019). Teori belajar dan Implikasinya dalam Pembelajaran

Musfiqon, H., & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Permendikbud Ristek RI No 19 Tahun 2024:Tidak Ada Lagi Istilah PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan, https://www.melintas.id/pendidikan/344789531/permendikbud-ristek-ri-no-19-tahun-2024tidak-ada-lagi-istilah-ppg-prajabatan-dan-ppg-dalam-jabatan-simak-informasi-selengkapnya

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia no 22 tahun 2016 tentang standar proses pembelajran pada Pendidikan dasar dan menengah.

Purwati dkk. (2009). Microteaching. Surabaya: Aprinta

Cara Mengutip

Kusmiyati. (2025). Praktek Pembelajaran Terbimbing Pada Mahasiswa PPG Calon Guru. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(1), 115–119. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i1.10868