Pemanfaatan Susu Kambing menjadi Sabun Mandi pada Masyarakat Kuranji Dalang Kecamatan Labu Api Kabupaten Lombok Barat

Kambing etawa; Susu kambing; Sabun.

Penulis

Baiq Rani Dewi Wulandani , Djoko Kisworo , Haryanto , Bulkaini , Sukirno

Diterbitkan:

2021-11-07

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Dewi Wulandani, B. R. ., Djoko Kisworo, Haryanto, Bulkaini, & Sukirno. (2021). Pemanfaatan Susu Kambing menjadi Sabun Mandi pada Masyarakat Kuranji Dalang Kecamatan Labu Api Kabupaten Lombok Barat: Kambing etawa; Susu kambing; Sabun. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/1103

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan sebagai media penyebaran suatu teknologi sederhana didalam pengolahan susu kambing menjadi sabun agar dapat diadopsi oleh masyarakat sehingga keberadaannya memberikan manfaat optimal bagi masyarakat/ mitra. Kegiatan pengabdian ini mengambil lokasi di Dusun Mapak Dasan, Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labu Api, Kabupaten Lombok Barat Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengenalkan dan memberi keterampilan kepada masyarakat tentang cara pembuatan produk olahan susu kambing sebagai sabun mandi, khususnya bagi ibu-ibu dan remaja putri di  Dusun Mapak Dasan, Adapun metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan (in class) dan praktik langsung pada proses  pembuatans sabun dengan memanfaatkan susu kambing sebagai bahan baku utama dalam proses pembuatan sabun. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah adanya peningkatan kemampuan ibu ibu dan remaja putri Dusun Mapak Dasan dalam mempelajari dan memahami arti penting pengolahan susu kambing menjadi produk yang lebih bernilai guna yaitu sabun susu kambing. Mitra sangat tertarik untuk membentuk usaha mandiri maupun kelompok usaha bersama (KUBe) untuk produk sabun susu kambing. Adapun kesimpulan yang dihasilkan adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilanmitra dalam mengolag susu kambing menjadi sabun. Namun demikian, keberlanjutan pemanfaatan susu kambing mejadi produk sabun susu kambing masih membutuhkan pendampingan dan bimbingan teknis lebih lanjut dari Fakultas Peternakan-Universitas Mataram terutama dalam inisiasi terbentuknya Kelompok Usaha Bersama (KUBe) sabun susu berbasis susu kambing.

Biografi Penulis

Baiq Rani Dewi Wulandani, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).