Workshop Penyusunan Pedoman Pembelajaran Blended di SMA Swasta Kecamatan Narmada Lombok Barat

pembelajaran, blended, pedoman, pelaksanaan

Penulis

D. Setiadi , S. Wilian , N Sridana

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1106

Diterbitkan:

2021-11-16

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

D. Setiadi, S. Wilian, & N Sridana. (2021). Workshop Penyusunan Pedoman Pembelajaran Blended di SMA Swasta Kecamatan Narmada Lombok Barat: pembelajaran, blended, pedoman, pelaksanaan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 249–253. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1106

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Mutu pembelajaran bauran di SMA swasta di   Narmada Lombok Barat sangat variatif diantara guru dan masih perlu ditingkatkan  diantaranya dengan menyusun pedoman pelaksanaan  pembelajaran  bauran yang standar. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pemahaman kepada para tenaga pendidik bagaimana ; merencanakan,  mengorganisir, melaksanakan, monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran bauran. Metode yang digunakan adalah dalam bentuk  pelatihan atau workshop yang lebih berbasis pada praktek  langsung menyusun perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan  monitoring dan evaluasi pembelajaran bauran. Data hasil pengabdian dikumpulkan melalui asesmen pengetahuan dan keterampilan  dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukan pendidik peserta memiliki pemahaman komprehensif cukup baik  tentang pembelajaran bauran  mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi, dan memiliki pemahaman tentang penyusunan pedoman pembelajaran bauran yang bisa dijadikan pedoman standar dalam pelaksanaan blended learning di sekolahnya.

Referensi

Albion, Peter (2008) Web 2.0 In Teacher Education: Two Imperatives For Action. Computers in the Schools, 25 (3/4). pp. 181-198. ISSN 0738-0569

Amin, A. Kh. 2017. Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, (4), 2.

Direktorat Pembelajaran .2017 .Pedati Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Jakarta : Direktorat pembelajaran.

Husamah,. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang : Prestasi Publisher.

Istiningsih dan Hasbullah (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen. (1). 1.

Muttaqin, A., Marethi, I. dan Syamsuri, 2016. Model Blended Learning di Program Studi Pendidikan Matematika UNTIRTA. Cakrawala Pendidikan. (1).

Nasution, M., Jalinus N., dan Syahril , 2019. Buku Model Blended Learning.Riau : Unilak Press.

Nuraeni. 2021. Blended Learning Berbasis Modul Elektronik Bidang Studi IPA Di Mts. Surabaya Limbangan Garut . Jurnal PETIK . (7) 1.

Oktaria, S. D., Budiningsih, C.A dan Risdianto, E. 2018. Model Blended Learning Berbasis Moodle. Bogor:Halaman Moeka Publishing.

Pratiwi, Y., Parijo, Warner , 2016. Penerapan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Performansi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (5) 11.

Sari. 2021. Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Research & Learning in Elementary Education (5) 4.

Suhartono. 2017. Menggagas Penerapan Pendekatan Blended Learning di Sekolah Dasar.Jurnal Kreatif Februari . 2017.

William,S., Sridana, Nym,. D. Setiadi, S., 2021. Workshop Teknik-Teknik Evaluasi Proses Pelaksanaan Pemenuhan Mutu Sebagai Dasar Pelaksanaan Merdeka Belajar di SMA NW Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1): 175-181.

Biografi Penulis

D. Setiadi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).