Pelatihan Branding Produk untuk Penguatan Identitas Usaha UMKM Batu Bolong Sejahtera (BBS)
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.11105Diterbitkan:
2025-06-14Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
pemberdayaan, branding, digital, UMKM, pelatihanArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM Batu Bolong Sejahtera (BBS) dalam memperkuat identitas usaha melalui pelatihan branding produk dan digital marketing. Pelatihan mencakup pengenalan konsep branding, desain visual, strategi pemasaran digital, serta penggunaan platform media sosial. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif dan evaluasi berbasis pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong UMKM lebih kompetitif di pasar lokal maupun digital.
Referensi
Aaker, D. A., 2002. Building strong brands (New editio). Gardners Books. United States of America: The New Press.
Suyanto, M. A., Karundeng, D. R., & Abdul, E. M., 2024. Analisis Strategi Branding pada UMKM di Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia - e-ISSN 3026-4499, 2, 642–651. https://doi.org/10.47747/SNFMI.V2I1.2343
Adelia, L., & Ali, H., 2024. Pengaruh Branding , Kualitas Produk dan Loyalitas Pelanggan terhadap Strategi Penjualan Perusahaan. 2(3), 153–163.
Chusniyah, I., & Fauza, N., 2022. Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138–149. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2.1582
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D., 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/JMD.V1I2.175
Kementerian UMKM., 2023. https://umkm.go.id/umkm-dalam-angka/?type=indikator-umkm&sub=0
Laurina, N. A., Swastuti, E., Nurchayati, N., & Yunita, L. E., 2024. Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Branding dan Inovasi Digital. Dst, 4(1), 7–15. https://doi.org/10.47709/dst.v4i1.3636
Lesa, N. C., Pasaribu, M., Yosepha, N., Jannati, N., & Nabila, P. I., 2024. Pendampingan Digital Marketing dan Branding UMKM Achiera Bouquet. 2(November), 492–503.
Maulana, H., Erson, D. A., Sukma, W. C., Maulana, N. P., Aleffin, G. S., & Wianuari, Y., 2023. Branding UMKM Desa Ngadiboyo Melalui Logo Baru. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 49–53. https://doi.org/10.47861/SAMMAJIVA.V1I3.340
PhiliP Kotler, & Kevin lane Keller., 2016. Marketing Management (15 Global). Pearson Education.
Rahmawati, N. R., Pratama, R. A., Yuninata, D., Utami, E. Y., & Setyo, W. A., 2023. Branding Strategi Bagi Para Pelaku UMKM Kelurahan Kepatihan Kulon. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 263–269. https://doi.org/10.55606/NUSANTARA.V3I4.2039
Wijaya, H. D., 2023. Peran Branding Dalam Peningkatan Loyalitas Konsumen : Tinjauan Literatur Empiris. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(3), 200–210. https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i3.560
Biografi Penulis
Erni Romansyah, Universitas Muhammadiyah Mataram
Dina Soes Putri, Universitas Mataram
Suhairin, Universitas Mataram
Ikbal Zuliawan, Universitas Mataram
Meli Apriana, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Erni Romansyah, Dina Soes Putri, Suhairin, Ikbal Zuliawan, Meli Apriana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).