Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Pelatihan Branding Produk untuk Penguatan Identitas Usaha UMKM Batu Bolong Sejahtera (BBS)

Penulis

Erni Romansyah , Dina Soes Putri , Suhairin , Ikbal Zuliawan , Meli Apriana

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.11105

Diterbitkan:

2025-06-14

Unduhan

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas UMKM Batu Bolong Sejahtera (BBS) dalam memperkuat identitas usaha melalui pelatihan branding produk dan digital marketing. Pelatihan mencakup pengenalan konsep branding, desain visual, strategi pemasaran digital, serta penggunaan platform media sosial. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif dan evaluasi berbasis pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong UMKM lebih kompetitif di pasar lokal maupun digital.

Kata Kunci:

pemberdayaan, branding, digital, UMKM, pelatihan

Referensi

Aaker, D. A., 2002. Building strong brands (New editio). Gardners Books. United States of America: The New Press.

Suyanto, M. A., Karundeng, D. R., & Abdul, E. M., 2024. Analisis Strategi Branding pada UMKM di Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia - e-ISSN 3026-4499, 2, 642–651. https://doi.org/10.47747/SNFMI.V2I1.2343

Adelia, L., & Ali, H., 2024. Pengaruh Branding , Kualitas Produk dan Loyalitas Pelanggan terhadap Strategi Penjualan Perusahaan. 2(3), 153–163.

Chusniyah, I., & Fauza, N., 2022. Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138–149. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2.1582

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D., 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/JMD.V1I2.175

Kementerian UMKM., 2023. https://umkm.go.id/umkm-dalam-angka/?type=indikator-umkm&sub=0

Laurina, N. A., Swastuti, E., Nurchayati, N., & Yunita, L. E., 2024. Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Branding dan Inovasi Digital. Dst, 4(1), 7–15. https://doi.org/10.47709/dst.v4i1.3636

Lesa, N. C., Pasaribu, M., Yosepha, N., Jannati, N., & Nabila, P. I., 2024. Pendampingan Digital Marketing dan Branding UMKM Achiera Bouquet. 2(November), 492–503.

Maulana, H., Erson, D. A., Sukma, W. C., Maulana, N. P., Aleffin, G. S., & Wianuari, Y., 2023. Branding UMKM Desa Ngadiboyo Melalui Logo Baru. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 49–53. https://doi.org/10.47861/SAMMAJIVA.V1I3.340

PhiliP Kotler, & Kevin lane Keller., 2016. Marketing Management (15 Global). Pearson Education.

Rahmawati, N. R., Pratama, R. A., Yuninata, D., Utami, E. Y., & Setyo, W. A., 2023. Branding Strategi Bagi Para Pelaku UMKM Kelurahan Kepatihan Kulon. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 263–269. https://doi.org/10.55606/NUSANTARA.V3I4.2039

Wijaya, H. D., 2023. Peran Branding Dalam Peningkatan Loyalitas Konsumen : Tinjauan Literatur Empiris. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 1(3), 200–210. https://doi.org/10.59031/jkpim.v1i3.560

Biografi Penulis

Erni Romansyah, Universitas Muhammadiyah Mataram

Dina Soes Putri, Universitas Mataram

Suhairin, Universitas Mataram

Ikbal Zuliawan, Universitas Mataram

Meli Apriana, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Romansyah, E., Putri, D. S., Suhairin, Zuliawan, I., & Apriana, M. (2025). Pelatihan Branding Produk untuk Penguatan Identitas Usaha UMKM Batu Bolong Sejahtera (BBS). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 524–529. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.11105