Penyuluhan Pentingnya Mengetahui Kadar Antibiotik Dalam Penggunaan Secara Bijak dan Efektif
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.11109Diterbitkan:
2025-05-09Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
Antibiotik; Penyuluhan; Pengetahuan; Bijak dan EfektifArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Antibiotik merupakan salah satu obat yang sangat penting dalam dunia medis untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Namun, penggunaan antibiotik yang tidak bijak dan tanpa memperhatikan kadar atau dosis yang tepat dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk resistensi antibiotik. Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa kelas 6 Sekolah Dasar (SD) Yayasan Pendidikan Ar-Ridha, sebagai kelompok yang masih dalam tahap pembelajaran dan memiliki potensi untuk menerima edukasi sejak dini mengenai pentingnya mengetahui kadar antibiotik agar penggunaannya lebih tepat sasaran, aman, dan efektif. Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Penilaian terhadap keberhasilan kegiatan dilakuakan dengan menggunakan kuesioner. Hasil kuesioner menunjukkan ketertarikan peserta akan kegiatan sebesar 93, 35%, pemahaman terkait informasi kadar obat sebesar 85, 52%, dan pengetahuan peserta terhadap penggunaan antibiotik secara bijak dan efektif sebesar 90, 50%. Penyuluhan ini terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang penyuluhan pentingnya mengetahui kadar antibiotic dalam penggunaan secara bijak dan efektif.
Referensi
1. World Health Organization (WHO). 2020. Antibiotic resistance. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/antibiotic-resistance, diakses tanggal 20 April 2025.
2. Laxminarayan, R., Matsoso, P., Pant, S., Brower, C., Røttingen, J. A., Klugman, K., dan Davies, S. 2016. Access to effective antimicrobials: a worldwide challenge. The Lancet, 387(10014), 168-175.
3. Ventola, C. L. 2015. The antibiotic resistance crisis: part 1: causes and threats. P&T: A Peer-Reviewed Journal for Formulary Management, 40(4), 277–283.
4. O’Neill, J. 2016. Tackling Drug-Resistant Infections Globally: Final Report and Recommendations. The Review on Antimicrobial Resistance. https://amr-review.org/sites/default/files/160518_Final%20paper_with%20cover.pdf, diakses tanggal 20 April 2025.
5. McCullough, A. R., Parekh, S., Rathbone, J., Del Mar, C. B., dan Hoffmann, T. C. 2016. A systematic review of the public’s knowledge and beliefs about antibiotic resistance. Journal of Antimicrobial Chemotherapy, 71(1), 27–33.
6. Krockow, E. M., Colman, A. M., dan Chattoe-Brown, E. 2020. Balancing the risks: Antibiotic use in children's respiratory tract infections. Journal of Health Psychology, 25(3), 319–328.
7. Hadi, U., van den Broek, P., Kolopaking, E. P., dan Zairina, H. 2008. Antibiotic resistance awareness campaign and peer-to-peer education: a strategy to promote rational antibiotic use in Indonesia. Journal of Infection in Developing Countries, 2(2), 123–129.
8. Gagliardi, A. R., Marshall, C., Huckson, S., James, R., dan Moore, V. 2015. Developing a framework of interventions to support implementation of evidence-based practice. BMC Health Services Research, 15, 38.
9. Aslam, B., Wang, W., Arshad, M. I., Khurshid, M., Muzammil, S., Rasool, M. H., dan Baloch, Z. 2018. Antibiotic resistance: a rundown of a global crisis. Infection and Drug Resistance, 11, 1645–1658.
Biografi Penulis
Nia Novranda Pertiwi, Fakultas Farmasi, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nia Novranda Pertiwi, Hindri Syahputri, Syilvi Rinda Sari, Muhammad Amin Nasution

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).