Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Untuk Mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Universitas Mataram
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.11281Diterbitkan:
2025-05-11Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
Data Analysis, SPSS, Pretest, Posttest.Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Abstract: This community service activity aims to improve the ability of students of the Socioeconomics Department, Faculty of Agriculture, University of Mataram in processing research data using Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) software. The target of this activity is final semester students who are or will be compiling their final assignments, where mastery of data analysis is a crucial aspect. The method used is training with a direct practice approach and case studies. To measure the effectiveness of the activity, a pretest and posttest were conducted related to basic statistical knowledge and the use of SPSS. The results of the training showed a significant increase (p-value = 0.000 <0.005) in the understanding and skills of participants in processing research data. This activity makes a real contribution to improving students' readiness in compiling their final assignments independently and systematically.
Referensi
Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 202–208.
Wahyuanto, E., & Marwan, K. G. (2023). The Impact of Digital Leadership, Compensation and Work Motivation on Educator Performance at Sekolah Tinggi Multimedia" MMTC" Yogyakarta. Remittances Review, 8(4).
Wahyuanto, E., Giantoro, E., Widodo, J. D. T., & Yuniar, R. (2024). The Application of Brainstorming Method in Developing Ideas in The Production of Television Documentary Side of Life Episode Not The Same. Technium Education and Humanities, 7, 54–65.
Bulu, V. R., Nahak, R. L., & Lawa, S. T. N. (2021). Pelatihan Pengolahan Dan Analisis Data Menggunakan Spss. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–4.
Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.
Abdullah, D., Dewi, K. A. K., Sembiring, D., Nursyamsi, S. Y., & Hita, I. P. A. D. (2023). Analysis Of Online Learning Media On Pjok Learning Outcomes. Journal On Research And Review Of Educational Innovation, 1(2), 64–69.
Biografi Penulis
Wirajaya Kusuma, universitas bumigora
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rifani Nur Sindy Setiawan, Eka Nurminda Dewi Mandalika, Anna Apriana Hidayanti, Ni Made Nike Zeamita Widiyanti, Wirajaya Kusuma

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).