Membangun Antusiasme Belajar Matematika dan Sains Siswa SDN 1 Senaru Melalui Program Pendampingan Edukatif

Penulis

Mamika Ujianita Romdhini , Saprini Hamdiani , Siti Raudhatul Kamali , Dhony Hermanto , Nurul Ismillayli , Marliadi Susanto

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.11287

Diterbitkan:

2025-06-05

Terbitan:

Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025

Kata Kunci:

Matematika, Sains, Siswa sekolah dasar, Pendampingan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Romdhini, M. U., Saprini Hamdiani, Siti Raudhatul Kamali, Dhony Hermanto, Nurul Ismillayli, & Marliadi Susanto. (2025). Membangun Antusiasme Belajar Matematika dan Sains Siswa SDN 1 Senaru Melalui Program Pendampingan Edukatif . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 435–439. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.11287

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan pendampingan belajar ini dilaksanakan di SDN 1 Senaru sebagai bentuk kontribusi nyata dalam meningkatkan minat dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran Matematika dan Sains. Berdasarkan observasi awal, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar kedua topik tersebut serta menunjukkan minat belajar yang rendah. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, interaktif, dan aplikatif melalui metode eksperimen yang sederhana, permainan edukatif, serta pendekatan kontekstual yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa sekolah dasar. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan antusiasme dan partisipasi aktif siswa selama proses pendampingan berlangsung. Evaluasi dilakukan melalui observasi, kuisioner sederhana, dan refleksi kegiatan. Program ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran alternatif yang mampu menumbuhkan semangat belajar Matematika dan Sains sejak dini.

Referensi

Ardianto, T., Romdhini, M. U., & Suripto, S. (2020). Penguatan Sains dan Teknologi Bagi Generasi Muda di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1).

https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.363

Berg, T. B., Achiam, M., Poulsen, K. M., Sanderhoff, L. B., dan Tøttrup, A. P. (2021). The Role and Value of Out-of-School Environments in Science Education for 21st Century Skills. Frontiers in Education, 6(May), 1–8. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.674541

Hayati, L dan Romdhini, M. U. (2012). Penerapan pendekatan pemecahan masalah melalui belajar dalam kelompok kecil untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata kuliah teori peluang. Jurnal Teknodik Pustekom Kemdikbud, 16(2).

Kamali, S. R., Hadi, S., dan Romdhini, M. U. (2019). Praktikum Sebagai Media Penerapan Konsep Dasar Sains bagi Guru-Guru SD di Kabupaten Lombok Tengah. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 2(1), 44-48.

Li, L. (2022). Reskilling and Upskilling the Future-ready Workforce for Industry 4.0 and Beyond. Information Systems Frontiers, 0123456789.

https://doi.org/10.1007/s10796-022-10308-y

Romdhini, M. U., dan Hayati, L. (2009). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Pokok Bahasan Integral Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpm.v4i2.187

Sholihah, D. A., dan Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Mamika Ujianita Romdhini, Saprini Hamdiani, Siti Raudhatul Kamali, Dhony Hermanto, Nurul Ismillayli, Marliadi Susanto

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).