Pembinaan dan Pendampingan Teknik Budidaya Trigona sp Bagi Peternak Kecil di Kabupaten Lombok Barat

Penulis

Baiq Yulfia Elsadewi Yanuartati

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1131

Diterbitkan:

2021-12-11

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Pemberdayaan, Trigona sp, panen, pascapanen, pemasaran

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Yanuartati, B. Y. E. (2021). Pembinaan dan Pendampingan Teknik Budidaya Trigona sp Bagi Peternak Kecil di Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 489–492. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1131

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kabupaten Lombok Barat, terutama Kecamatan Gunung Sari memiliki sumberdaya alam dan iklim yang sangat cocok untuk perkembangan lebeh Trigona sp. Lebah ini memiliki nilai ekonomis tinggi dan relatif sangat mudah untuk  dibudidayakan. Apalagi lebah ini tidak menyengat sehingga bisa dibudidayakan bahkan oleh anak-anak. Saat ini permintaan madu Trigona sp di pasar lokal NTB dan nasional semakin hari semakin meningkat. Apalagi sejak Covid19, polen dan madu Trigona diindikasikan oleh beberapa penelitian internasional dapat membantu penyembuhan pasien terdampak Covid19. Saat ini, sudah mulai ada peternak yang membudidayakan lebah Trigona sp di Kecamatan Gunungsari, termasuk di desa Taman Sari. Akan tetapi, para peternak masih menggunakan cara tradisional dan belum mendapatkan pengetahuan dan keterampilan budidaya yang tepat guna. akibatnya produksi Trigona mereka masih sangat rendah. Oleh karena itu, PKM ini memperkenalkan teknologi inovasi budidaya lebah Trigona yang dapat membantu mereka meningkatkan produksi. Teknologi inovasi ini juga dijamin mudah untuk diadopsi oleh para peternak karena teknologinya sederhana.

Referensi

Joseph, R. (2020). The theory of empowerment: A critical analysis with the theory evaluation scale. Journal of Human Behavior in the Social Environment, 30(2), 138-157.

Kariuki, J. G. (2014). An exploration of the guiding principles, importance and challenges of monitoring and evaluation of community development projects and programmes. International Journal of Business and Social Science,, 5(1), 140-147

Mersha, A., & Van Laerhoven, F. (2016). A gender approach to understanding the differentiated impact of barriers to adaptation: responses to climate change in rural Ethiopia. Regional Environmental Change, 16(6), 1701-1713. doi:10.1007/s10113-015-0921-z

Sahlan, M., Irdiani, R., Flamandita, D., Aditama, R., Alfarraj, S., Ansari, M. J., . . . Lischer, K. (2021). Molecular interaction analysis of Sulawesi propolis compounds with SARS-CoV-2 main protease as preliminary study for COVID-19 drug discovery. Journal of King Saud University-Science, 33(1), 101234.

Setiawan A., Susdiyanti T., dan Meiganati K.B. 2021). Produktifitas Lebah Trigona sp. pada Berbagai Teknik Budidaya di Desa Nayagati Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak. Jurnal Nusa Sylva, 21 (1). 2797-4502.

Biografi Penulis

Baiq Yulfia Elsadewi Yanuartati, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).