Penerapan Sekolah Sehat dan Taat Hukum Pasca Pembelajran Daring di SDN 62 Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu

Penulis

Bintang Agustina Pratiwi , Rangga Jayanuarto , Weti , Ayu Maharani , Essy Tuwi Susanti

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1140

Diterbitkan:

2021-11-27

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Sekolah Sehat, Taat Hukum

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Pratiwi, B. A., Jayanuarto, R., Weti, Maharani, A., & Susanti, E. T. (2021). Penerapan Sekolah Sehat dan Taat Hukum Pasca Pembelajran Daring di SDN 62 Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 395–401. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1140

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penurunan kasus covid 19 mendukung pengaktifan kembali pembelajaran tatap muka. Sejak belajar dari rumah lingkungan sekolah kurang mendapatkan perhatian. Selain itu selama belajar di rumah anak lebih terpapar dengan teknologi yang berdampak pada pengaruh negative tentang narkotika, bullying dan berita-berita hoaks. Tujuan dari kegiatan ini adalah tercipta Kembali sekolah sehat dan seluruh siswa memahami tentang hukum. Kegiatan dilakukan dengan metode penyuluhan dan melakukan praktik langsung dalam penerapan sekolah sehat dan taat hukum. Pelaksanaan dilakukan selama satu bulan di SDN 62 Kabupaten lebong Provinsi Bengkulu. Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa/i SD 62. Hasil kegiatan menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa seteah dilakukan edukasi, siswa juga ikut berperan serta dalam menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, menjaga kesehatan diri selama pandemi. Di bidang hukum siswa mengetahui bahaya narkotika serta hukuman bagi pengguna dan pengederanya. Selain itu siswa juga memahami bahwa bullying merupakan salah satu tindakan criminal. Cara agar tidak terpengaruh berita hoak dan tidak ikut serta dalam menyebarkan berita hoaks. Sebaiknya kegiatan ini terus dilakukan secara berkala agar sekolah tetap sehat dan siswa nya taat akan hukum.

Referensi

A, N., Ramadan, A., Jabir, M. I., Fadlan, Ismail, Putri, W. W. D., Utami, R. K., et al. (2021). Pendampingan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Dalam Membangun Gaya Hidup Sehat Sejak Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Comunnity Development Journal, 2(3), 708–713. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/2544

Baticulon, R. E., Sy, J. J., Alberto, N. R. I., Baron, M. B. C., Mabulay, R. E. C., Rizada, L. G. T., Tiu, C. J. S., et al. (2021). Barriers to Online Learning in the Time of COVID-19: A National Survey of Medical Students in the Philippines. Medical Science Educator, 31(2), 615–626. Springer US. Retrieved from https://doi.org/10.1007/s40670-021-01231-z

Darmayanti, I., Subarkah, P., Anunggilarso, L. R., & Suhaman, J. (2021). Prediksi Potensi Siswa Putus Sekolah Akibat Pandemi Covid-19 Menggunakan Algoritme K-Nearest Neighbor, 10(2), 230–238.

Furkan, F., Rusdin, R., & Shandi, S. A. (2021). Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Olahraga Saat Pandemi Corona COVID-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1), 424–430.

Heryani, N., Asmuni, A., & Nasution, A. F. . (2020). Pengembangan Aplikasi Strategi Pencegahan Perilaku Perundungan (Bullying) pada Sekolah Dasar di Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(2), 190.

Kaufmann, R., & Vallade, J. I. (2020). Exploring connections in the online learning environment: student perceptions of rapport, climate, and loneliness. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–15. Taylor & Francis. Retrieved from https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1749670

Pratiwi, I., Herlina, H., & Utami, G. T. (2021). Gambaran Perilaku Bullying Verbal Pada Siswa Sekolah Dasar : Literature Review. Jkep, 6(1), 51–68.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Puspitaningsih, D., Mawaddah, N., & Fatmawati, Y. A. (2020). Upaya Peningkatan Budaya Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat di Lingkungan Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimakes, 1(1), 28–37. Retrieved from http://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/AMK/article/view/727/727

Putra, P. S., Sutedja, B., Utamidewi, W., Apriani, R., Nurhaedi, N. R., & Kurniawan, E. R. (2021). Optimalisasi Penggunaan Media Daring Terhadap Pendidikan Berkarakter Dalam Upaya Menciptakan Masyarakat Sadar Hukum. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 100.

Rachmawaty, M., Maulidiah, R., & Utama, F. (2021). Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Peserta Didik PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 748–759.

Rahayu, F. S. (2013). Cyberbullying Sebagai Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Informasi. Jurnal Sistem Informasi, 8(1), 22–31. Retrieved from https://jsi.cs.ui.ac.id/index.php/jsi/article/view/321

Ruliyatin, E., & Ridhowati, D. (2021). Dampak Cyber Bullying Pada Pribadi Siswa dan Penanganannya Di Era Pandemi Covid-19. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik), 5(1), 1. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jbk/article/view/10921

Silalahi, V., Hakimi, M., & Lismidiati, W. (2018). Efektivitas Audiovisual dan Booklet sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Perilaku Skrining IVA. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 14(3), 304. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/289878279.pdf

Sunarwidhi, A. L., Wirasisya, D. G., & Hanifa, N. I. (2020). Sosialisasi Pemanfaatan TOGA Dan Pembuatan Sabun Batang Alami (Sabun Aloe vera) Kepada Murid Yayasan Generasi Muslim Cendekia di Lombok Tengah, Indonesia. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2).

Utari Listiadisti Ayi. (2020). Jurnal Menara Medika https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/index JMM 2020 p-ISSN 2622-657X, e-ISSN 2723-6862. Jurnal Menara Medika, 3(1), 54–65.

Biografi Penulis

Bintang Agustina Pratiwi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rangga Jayanuarto, Fakultas Hukum, Universitas Muhamadiyah Bengkulu

Weti, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Ayu Maharani, Fakultas Hukum, Universitas Muhamadiyah Bengkulu

Essy Tuwi Susanti, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).