Kegiatan Refleksi Modul Nusantara Mahasiswa Pertukaran Kampus Merdeka Angkatan 4 Universitas Mataram: Memahami Keberagaman Budaya, Agama, dan Potensi Daerah melalui Pengalaman di Lapangan
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.11407Diterbitkan:
2025-06-10Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
refleksi, modul nusantara, keberagaman, toleransi, mahasiswaArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Refleksi dalam Modul Nusantara merupakan kegiatan yang dirancang untuk menginternalisasi nilai – nilai yang diperoleh mahasiswa selama mengikuti rangkaian kegiatan kebinekan, inspirasi dan kontribusi sosial. Refleksi berfungsi sebagai sarana untuk menumbuhkan kesadaran kritis, memperkuat pemahaman terhadap keberagaman serta membentuk karakter yang toleran dan cinta tanah air. Proses reflektif tidak hanya mengajak mahasiswa untuk mengenang pengalaman yang telah dilakukan, namun juga menarik makna dan pembelajaran yang mendalam dari setiap aktivitas yang dilakukan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 1 orang dosen Modul Nusantara, 1 orang liasion officer (LO) dan diikuti oleh 23 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Lima kegiatan refleksi yang dilalukan meliputi: (1) Aku Mengenal Teman Baruku, kegiatan untuk mengantun keakrban antar mahasiswa melalui diskusi dan permainan; (2) Pengenalan Budaya Dari Daerah Masing – masing, mahasiswa memperkenalkan adat istiadat dari suku asal mereka; (3) Refleksi Indahnya Keberagaman serta Tolernasi Beragama, setelah kunjungan ke kuno dan pura; (4) Pariwisata dan Potensi Kebencanaaan Pesisir Lombok di Gili Trawangan, yang menenakna pentingnya keberlanjutan dan kesiapsigaan; (5) Mengagumi Keindahan Alam Surga di Pegunungan Sembalun, sebagai refleksi tentang kelestarian alam. Mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini. Mereka merasa senang, lebih mengenal teman – teman dari daerah lain, serta mengganggap kegiatan refleksi ini sangat bermanfaat dalam memperluas wawasan dan memperkuat nilai – nilai kebangsaan. Kegiatan ini menjadi saranan efektif pembentukan karakter dan pemahaman keberagaman secara nyata
Referensi
Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Refleksi Kegiatan Kemah dan Outbond dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa pada Mata Kuliah Modul Nusantara Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Pendidikan GaneshaIndonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.
Ditjen Diktiristek. (2023). Pertukaran mahasiswa merdeka (PMM). Kampus Merdeka, 1–28. https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/web/about
Havwini, T., Fadilah, N., Ratna, D., & Firdaus, F. (2024). Kegiatan Refleksi Modul Nusantara Sebagai Wadah Implementasi Nilai Kebhinekaan Mahasiswa PMM Inbound Polibatam. 14(November), 1–6.
Jumansyah, P. K., Palupi, A., Hadi, K., Syafei, A. W., Maksum, A., Zulkarnain, F. L., Sisingamangaraja, J., Masjid, K., Al Azhar, A., & Baru, K. (2022). Efektivitas Modul Nusantara dalam Memahami Empat. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 03, 2745–5939.http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v%25vi%25i.1023
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nurmi Hasbi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).