Penguatan Strategi Pemasaran Produk Hasil Olahan Ikan Laut Bagi Pelaku UMKM Di Desa Tanjung Kabupaten Lombok Utara
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.11421Diterbitkan:
2025-05-20Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
Olahan Laut, UMKM, Strategi Pemasaran, Desa Tanjung KLUArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Desa Tanjung adalah salah satu desa di Kabupaten Lombok Utara yang memiliki potensi kekayaan alam melimpah khususnya potensi pada sektor perikanan dan kelautan, dengan hasil laut yang melimpah sebagai sumber daya utama. Dari 17 dusun yang ada, hampir di semua dusun memiliki kegiatan usaha dagang dalam bentuk usaha kecil dan menengah (UMKM) yang bergerak dibidang kuliner khususnya pada sektor produksi olahan ikan laut, seperti sate ikan laut (Sate Tanjung), abon ikan laut, serta krupuk kulit ikan laut. Sumber ikan dalam kegiatan ini diambil dari ikan hasil tangkapan nelayan. Namun, keterbatasan kemampuan, teknologi dan permodalan menyebabkan pengolahan hasil laut di desa ini masih dilakukan secara tradisional, sederhana, konsep rumahan serta manajemen pemasaran yang terbatas. Selain itu permodalan yang kecil, sumberdaya manusia yang rendah, manajemen keuangan yang kurang baik, serta belum munculnya inovasi dan motivasi untuk maju dalam mengembangkan usahanya menyebabkan UMKM bidang kuliner olahan ikan laut ini belum berkembang optimal. Salah satu tantangan terberatnya adalah lemahnya strategi pemasaran untuk mengembangkan usahanya. Hal ini menyebabkan nilai tambah produk olahan laut juga belum optimal, sehingga penghasilan masyarakat menjadi belum maksimal. Strategi pemasaran menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing produk olahan laut, baik di pasar local, pasar regional, maupun nasional. Dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, produk olahan laut dari Desa Tanjung akan dapat dikenal lebih luas, dan dapat memberikan nilai tambah ekonomi, serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemarsaran yang tepat, dan mencoba merancang strategi pemasaran yang efektif bagi produk olahan laut, sehingga UMKM dapat memperoleh manfaat yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Tanjung secara keseluruhan
Referensi
Alma, Buchari.H. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan ke empat. Penerbit Alpa Beta. Bandung
Ancellawati, Buku 2, Prentice Hall. Simon dan Schuster (Asia). Pte.Ltd. Penerbit ANDY. Yogyakarta
Angipora, Marius. P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran ED2. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Assauri, Sofyan. 2002. Manajemen Pemasaran, Dasar-Dasar Konsep dan Strategi. CV. Rajawali. Press Jakarta
Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran. CV Rajawali Press. Jakarta
Bintang, H. H., & Handayani, S. (2022). Strategi Pemasaran Yang Di Terapkan Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan Ikan Olahan Di Desa Kuala Bubon Kabupaten Aceh Barat (Studi Kasus: Usaha Pengolahan Ikan Sentra Barsela Mandiri). Cakrawala Management Business Journal, 5(1), 116-128.
Cravens W. David. 2004. Pemasaran Strategis, Alih bahasa Lina Sali, MBA. Erlangga. Jakarta
Gasperz, Vincent. 2005. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa. PT. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta
Ghozali, Imam. 2005. Metode Penelitian Skripsi. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta
Heriawan, F., Susanto, A. B., & Haryanti, D. (2021). Strategi pemasaran, penjualan dan produksi olahan rumput laut berbasis IT saat pandemi Covid-19 di Padepokan Suket Segoro Semarang. Journal of Marine Research, 10(1), 138-146.
Hutagaol, Vici Kristina. 2004. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Minuman Kopi di Potluck a Coffee Bar and Librarya Universitas Padjajaran. Bandung. Tidak dipublikasikan
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2002. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Ancellawati. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. edisi ke-12 jilid 1, alih bahasa Bob Sabran. Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Terjemahan
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Indonesia. Buku 2. Salemba Empat. Jakarta
Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta
Lovelock, Christoper. 2005. Pemasaran Jasa Perspektif Asia. edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta
Lupiyoadi, Rambat. 2003. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Salemba Empat. Jakarta
Maro’ah, S. (2016). Pemasaran Produk Olahan Ikan Laut Ukm Kenjeran Surabaya Berbasis Marketing Mix Syariah. Balance Economics, Bussiness, Management and Accounting Journal, 13(02), 1315-1327.
Masa Pandemi. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 37. https://doi.org/10.37535/104001120213
Moekijat. 2003. Kamus Manajemen. Alumni : Bandung
Mowen John C, and Minor Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi kelima, Penerbit Erlangga. Jakarta
Parawansyah, K. I. P., Putri, Z. P., Bagus, I. W., Haerun, J., Abil, M., Nadi, S. A., & Nilawati, B. (2024). Inovasi Pembuatan Abon Cumi Untuk Pengembangan Produk Kreatif Dan Umkm Di Desa Keruak. Jurnal Wicara Desa, 2(6), 506-511.
Raharti. 2002. Manajemen dan Pemasaran Usaha Jasa. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta
Rini, Dian Sukma. 2003. Faktor- faktor yang Mempengaruhi Penjualan Handphone Merek Nokia. skripsi UIN Susqa Riau Pekanbaru. Tidak dipublikasikan
Saladin, Djaslim. 2003. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. cetakan ke delapan, Alfabeta Bandung
Swasta DH, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty. Yogyakarta.
Swastha DH, Basu. 2002. Manajemen Barang dalam Pemasaran. cetakan kedua BPFE. Yogyakarta
Tjiptono Fandy. 2008. Pemasaran Strategik. ANDY. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Edisi II. Cetakan kedua. Penerbit ANDY. Yogyakarta
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Wayan Suteja, Hasyim, Rohani, Salehudin, Didi Supriadi A., Husnul Khotimah, Linda Utami

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).