Upaya Edukasi Siswa tentang Pelestarian Lingkungan dengan Memanfaatkan Lahan Kosong di SMA Negeri 2 Gerung
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.11520Diterbitkan:
2025-06-05Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
Edukasi lingkungan, Lahan Kosong, Siswa, Tanaman.Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Penanaman nilai kepedulian terhadap lingkungan sejak dini merupakan langkah penting yang dilakukan untuk membentuk karakter siswa yang bertanggung jawab dan peduli terhadap pelestarian lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi siswa SMA Negeri 2 Gerung mengenai pelesraian lingkungan melalui pemanfaatan lahan kosong yang ada di sekolah. Merode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tujh tahap yaitu: perencanaan awal, diskusi, observasi lahan, survei, pembersihan lahan, penanaman, dan perawatan. Hasil kergiatan menunjukkan bahwa siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang cara pelestarian lingkungan tetapi juga mampu meningkatkan rasa tanggung jawab, keterlibatan siswa secara aktif serta meningkatkan keterampi;an siswa. Edukasi berbasis praktik terbukti langsung membentuk dan meningkatkan kesadaran siswa serta mendorong terciptanya budaya sekolah yang ramah lingkungan.
Referensi
Amrulloh, MF., dkk. 2022. Menumbuhkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan melalui Program G0-Green di SDN Pajaran 1. Jurnal Pengambdian Masyarakat, 3(3), 110-115.
Duan, C. K. A. F., dan Silaban, D.I. 2013. Edukasi Pelestraian Lingkungan Hijau di Sekolah Dasar Katolik Wihitama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1726-1731.
Dwinanta A. 2023. Pemberdayaan Masyarakat Sekolah Pedui Sehat Melalui Penanaman Toga di Sekolah Dasar. Jurnal Abidumasy, 4(2), 44-52.
Fariendi, N. 2025.Tanaman Apotek Hidup Dalam Memanfaatkan Lahan Pekarangan di UPTD SD Negeri 8 Gandapura. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(3), 3369-3377.
Hamidah F. dkk. 2024. Analisis Penerapan Program Sekolah Sehat dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Tentang Pentingnya Menjaga Lingkungan di SDN Kebon Jeruk 08. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 2232-2247.
Khasanah N. 2024. Pemanfaatan Pekarangan Sekolah Dasar Sebagai Media Pembelajaran Pertanian Holtikultura Produktif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 157-163.
Putri A. N. Dkk. 2021. Penanaman Sikap Cinta Lingkungan Melalui Edukasi Pelestarian Ekosistem Mangrove Pada Siswa. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(1), 103-109.
Biografi Penulis
Rusdianto, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rusdianto, Nabila Aulia Priangka, Inni Khaerunnisa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).