Pelatihan Pengisian Penilaian Projek dan Kasus di SIA Unram bagi Dosen di Lingkungan Pascasarjana Unram
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.11561Diterbitkan:
2025-06-16Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
Projek, Kasus, SIA Unram, Dosen Pascasarjana.Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pelatihan ini dilaksanakan sebagai respons terhadap kebutuhan dosen di lingkungan Pascasarjana Universitas Mataram (Unram) untuk memahami sistem pengisian penilaian projek dan kasus dalam Sistem Informasi Akademik (SIA) Unram. Permasalahan utama adalah kurangnya pemahaman teknis dan konsistensi dalam penginputan nilai, yang dapat memengaruhi akurasi data akademik. Oleh karena itu, pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam menggunakan SIA Unram secara efektif. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen Pascasarjana Unram dalam mengoperasikan fitur penilaian projek dan kasus di SIA Unram, memastikan keseragaman metode penginputan, serta mengurangi kesalahan teknis yang mungkin terjadi selama proses penilaian. Pelatihan dilaksanakan melalui pendekatan workshop dengan metode ceramah interaktif, demonstrasi langsung, dan praktik mandiri. Peserta diberikan panduan langkah demi langkah, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan simulasi kasus untuk memastikan pemahaman menyeluruh. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta. Peserta menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman teknis pengisian nilai melalui SIA Unram, dengan rata-rata nilai post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test. Selain itu, peserta mampu mempraktikkan langsung penginputan data penilaian projek dan kasus dengan lebih akurat. Kegiatan ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan dosen Pascasarjana Unram terkait penggunaan SIA Unram untuk penilaian projek dan kasus. Untuk keberlanjutan, disarankan adanya pelatihan berkala serta kolaborasi dengan tim pengembang SIA Unram untuk perbaikan sistem berdasarkan kebutuhan pengguna.
Referensi
Destiana, D., Suchyadi, Y., & Anjaswuri, F. (2020). Pengembangan instrumen penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran produktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 119-123.
Fahmi, M. N., Basra, S. M., Ilham, F., & Hafid, F. (2025). OPTIMALISASI PEMANFAATAN E-LEARNING EDLINK MELALUI SOSAKA (SOSIALISASI KOMUNIKATIF). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 6(1), 280-294.
Ishaq, U. M., Wicaksono, M. F., & Nurhayati, S. (2023). Aplikasi Probe Untuk Penilaian Capaian Pembelajaran Mahasiswa Pada Kurikulum OBE (Outcame-Based Education). Komputika: Jurnal Sistem Komputer, 12(2), 67-74.
Judijanto, L., Hartati, T., Apriyanto, A., Pamangin, W. W., & Haluti, F. (2025). Pendidikan Abad 21:: Menyambut Transformasi Dunia Pendidikan di Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kristanti, T., & Putra, H. R. (2025). Penerapan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah untuk Meningkatkan Efisiensi Administrasi dan Pembelajaran. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 238-251.
Saleh, F., Owon, R. A. S., Muhammadiah, M. U., Palip, R. E. A., Launingtia, I. G. A. N., & Leu, Y. Y. M. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA: TEORI DAN PRAKTIK. Penerbit Widina.
Biografi Penulis
Muntari, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muntari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).