Pelatihan dan Pendampingan Pemberian Nama Ilmiah Pohon di Area Sekolah Untuk Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SMPN 17 Mataram

Penulis

Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma , Rubiyatna Sakaroni , Ermia Hidayanti , Hartati Suryaningsih , Mezaluna M Shafa , Anggun SN Parhana , Aura PA Marchila , Nur Islamiyah

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.11567

Diterbitkan:

2025-06-05

Terbitan:

Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025

Kata Kunci:

Pendidikan lingkungan, Sumber belajar, Nama ilmiah, Pembelajaran kontekstual, Kurikulum Merdeka

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kusuma, A. S. H. M., Sakaroni, R., Hidayanti, E., Suryaningsih, H., Shafa, M. M., Parhana, A. S., … Islamiyah, N. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Pemberian Nama Ilmiah Pohon di Area Sekolah Untuk Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SMPN 17 Mataram . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 407–414. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.11567

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pendidikan lingkungan hidup memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa yang peduli terhadap alam. Artikel ini membahas implementasi kegiatan pendampingan pemberian nama ilmiah pada tumbuhan di lingkungan SMPN 17 Mataram sebagai media pembelajaran berbasis lingkungan. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemanfaatan tumbuhan sekolah sebagai sumber belajar, khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Metode yang digunakan meliputi analisis masalah, observasi, pendataan tanaman, identifikasi nama ilmiah melalui referensi ilmiah, pelabelan tanaman, serta refleksi siswa. Hasil menunjukkan bahwa lebih dari 20 jenis pohon berhasil diidentifikasi dan dilabeli, seperti Mangifera indica dan Swietenia macrophylla. Proses ini meningkatkan literasi sains, keterampilan berpikir kritis, dan kesadaran ekologis siswa. Pemasangan label tanaman tidak hanya memperkaya sumber belajar kontekstual, tetapi juga mendukung pendekatan pembelajaran berbasis proyek dalam Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dinilai efektif dan berkelanjutan dalam membentuk karakter siswa yang cinta lingkungan, serta berpotensi menjadi program unggulan sekolah berbasis konservasi dan pendidikan ekologis.

Referensi

Amprazis, A., Papadopoulou, P., & Malandrakis, G. (2021). Plant blindness and children’s recognition of plants as living things: A research in the primary schools context. Journal of Biological Education, 55(2), 139-154.

Aseptianova, A., Nizkon, N., & Prasetyo, E. A. (2012). Perilaku siswa tentang penggunaan nama ilmiah pada mata pelajaran biologi kelas x di SMA Negeri 12 Palembang. Kognisi, 3(1), 64-72.

Ayuningsih, F. S., & Falah, I. F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas IV SDN 1 Cileuya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan. Jurnal Lensa Pendas, 5(2), 14-21.

Bermudez, G. M., Díaz, S., & De Longhi, A. L. (2018). Native plant naming by high-school students of different socioeconomic status: implications for botany education. International Journal of Science Education, 40(1), 46-66.

Candra, M. W. W., & Irmayanti, E. (2024). The Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan Ke-7 di SMP Negeri 2 Ngetos Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Numerasi, Teknologi, dan Pengembangan Karakter. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi dan Kewirausahaan (JPEAKU), 4(2), 13-19.

Damayanto, I. P. G. P., Fastanti, F. S., & Dalimunthe, S. H. (2020). Pemanfaatan portal basis data daring dalam validasi nama ilmiah jenis dan suku tumbuhan. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 16(2), 170-183.

Ekayanti, N. W., Puspawati, D. A., & Sardi, N. W. A. (2018). Abdimas: Wadah Kolaborasi Dosen Unmas Denpasar Dengan Warga Sekolah SDN 1 Perean Kangin. Jurnal Bakti Saraswati (JBS): Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks, 7(2).

Ekayanti, N. W., Puspawati, D. A., & Sardi, N. W. A. (2018). Kebun Sekolah Sebagai Laboratorium Alami Untuk Pembelajaran IPA: Mengenalkan Nama Ilmiah Tanaman Dalam Kehidupan Sehari-hari. Suluh Pendidikan, 16(1).

Haryati, D. (2016). Efektivitas pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 80-96.

Hisbullah, S. P., & Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Penerbit Aksara Timur.

Istiani, R. M., & Retnoningsih, A. (2015). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar menggunakan metode post to post pada materi klasifikasi makhluk hidup. Journal of Biology Education, 4(1).

Khatimah, I. A. K., Widiyanto, B., Taowato, S., & Sabilla, A. N. (2023). Pembuatan sistem informasi inventarisasi tanaman berbasis QR-code dalam pembelajaran IPA. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1070-1079.

Lestari, A., & Rahayu, D. S. (2023). Pelatihan Penamaan Ilmiah Berbasis Digital Sebagai Sumber Belajar Siswa. Abdi Masya, 4(2), 198-205.

Maf'ulla, H. A. (2024). Pengembangan Budaya Lingkungan Sekolah Adiwiyata Melalui Pengenalan Tanaman Berbasis QR Code. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 62-68.

Mahendra, D. P., Rini, A. F., Aleydaputri, A. D., Arindasandy, D., & Pujiati, P. (2023). Proyek Pendataan Tanaman Berbasis E-Labelling Sebagai Upaya Realisasi Smart Eco School. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1170-1175.

Muliana, G. H. (2024). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar IPA-Biologi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 1062-1071.

Rosita, K. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar pada Mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar.

Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207-212.

Setyabudi, I., Nuraini, N., Alfian, R., & Nailufar, B. (2017). Konsep taman edukasi pada sekolah dasar di Kota Malang (Studi kasus: SDN Lowokwaru 3 Malang). RUAS (Review of Urbanism and Architectural Studies), 15(1), 23-34.

Sukawati, I. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pendekatan Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 10(1), 19.

Zahro, F., & Fauziah, A. N. M. (2024). Peran dan tantangan guru IPA dalam pengimplementasian kurikulum merdeka untuk konservasi alam dan kearifan lokal. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, pp. 14-21).

Biografi Penulis

Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma, University of Mataram

Rubiyatna Sakaroni, Universitas Mataram

Ermia Hidayanti, Universitas Mataram

Hartati Suryaningsih, Universitas Mataram

Mezaluna M Shafa, Universitas Mataram

Anggun SN Parhana, Universitas Mataram

Aura PA Marchila, Universitas Mataram

Nur Islamiyah, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma, Rubiyatna Sakaroni, Ermia Hidayanti, Hartati Suryaningsih, Mezaluna M Shafa, Anggun SN Parhana, Aura PA Marchila, Nur Islamiyah

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).