Pemilahan Sampah Plastik Untuk Mendukung Program Zero Waste Pada Pusat Daur Ulang Sampah Bajang Peripih Doro, Pringgarata, Lombok Tengah Tahun 2021

Penulis

Dian W. Kurniawidi , Teguh Ardianto , Syamsuddin , Siti Alaa' , Amrul Ikhsan , Susi Rahayu

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1159

Diterbitkan:

2021-11-27

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

daya serap air, kuat tekan, limbah plastik, massa jenis, paving block

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Dian W. Kurniawidi, Teguh Ardianto, Syamsuddin, Siti Alaa', Amrul Ikhsan, & Susi Rahayu. (2021). Pemilahan Sampah Plastik Untuk Mendukung Program Zero Waste Pada Pusat Daur Ulang Sampah Bajang Peripih Doro, Pringgarata, Lombok Tengah Tahun 2021. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 402–409. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1159

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Sampah plastik merupakan salah satu masalah serius di seluruh wilayah di Indonesia, apalagi pulau Lombok karena gugus pulau yang kecil. Dari berbagai jenis sampah, sampah plastik merupakan sampah non-organik yang paling banyak dihasilkan dan memiliki berbagai dampak bagi kesehatan dan lingkungan. Usaha mengurangi sampah dengan membuat Tempat Pembuangan Akhir, Tempat Pembuangan Sampah, dan Bank Sampah nampaknya perlu didukung oleh kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan sampah dan memilah sampah sehingga dapat mengurangi beban pengelolaan sampah yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini dilakukan kegiatan pembimbingan, praktek lapangan dan sosialisasi kepada masyarakat ilmiah, mahasiswa dan alumni program studi pendidikan Fisika di Pusat Daur Ulang Bajang Peripih Doro di dusun Murbaya Desa Pringgarata Lombok Tengah yang telah melakukan kegiatan dengan hasil yaitu pembuatan paving block dari limbah plastik, pembuatan biofuel dari sampah plastik serta pembuatan batako. Limbah plastik yang digunakan didapatkan dari tempat pembuangan sampah masyarakat setempat, dengan memilih jenis limbah plastik low density polyethylene (LDPE), PET (polyethylene terepthalete), dan HDPE (high density polyethylene). Plastik jenis ini biasanya digunakan untuk membuat kantong plastik, plastik lembaran, bungkus makanan ringan, bungkus roti maupun kemasan-kemasan sejenisnya. Pembelajaran yang diperoleh menghasilkan uji coba sampel dengan nilai kuat tekan pada campuran limbah plastik 75% sebesar 8,2 MPa, dan penyerapan air sebesar 0,3109%. Sedangkan untuk pengujian bahan bakar diperoleh bahan bakar yang massa jenisnya 0,708 g/ml. Kelemahannya bahan bakar ini tidak ditemukannya senyawa oksigen yang dapat menyebabkan korosi pada mesin. Sehingga alternatif penggunaannya adalah pada industri pembakaran batu bata atau industri pengeringan tembakau.

Referensi

A. P. Hidayanto, A.N. Pulungan, N. Nainggolan. 2017. Sosialisasi pengetahuan tentang pengelolaan dan peningkatan nilai guna sampah di wilayah Kecamatan Duri Kepa Jakarta Barat. Laporan Hasil Pengabdian, Universitas Esa Unggul.

Bajus, M. dan Hejakova, E. 2010.Thermal Cracking of The Model Seven Components Mixed Into Oils. Slovak University of Technology, Bratislava, Slovakia.

Ermawati. 2011. Konversi Limbah Plastik Sebagai Sumber Energi Alternatif. Jurnal Riset Industri.

Guan, dkk. 2010. Steam Catalytic Gasification of Municipal Solid Waste for Producing Tar-Free Furl Gas. International Journal of Hydrtogen Energy.

Harshal. P.r, dan syailendra .L.M. 2013. Waste Plastic Pyrolisis Oil Alternative Fuel For CI Engine. Reaserch Journal of Engineering Sciences.

Indartik, Elvida Yosef Suryandari, Deden Djaenudin & Mirna Aulia Pribadi. Penanganan Sampah Rumah Tangga Di Kota Bandung:

Nilai Tambah Dan Potensi Ekonomi. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan Vol. 15 No.3, 2018: 195-211

JR Jambeck, dkk. 2015. Hukum KL, Ilmu 347 (6223) 768-771 .

Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI, 2008. Panduan Praktis Pemilahan Sampah. Jakarta : JICA.

Nasrun, dkk. 2015. Pengolahan Limbah Kantong Plastik Jenis Kresek Menjadi Bahan Bakar Menggunakan Proses Pirolisis. Jurnal Energi Elektrik.

Nishiro, dkk. 2003. Develofment of a Catalytic Cracking Prosesor Converting Waste Plastic To Petrochemicals. Jurnal of Material Cycles and Waste Management.

Sarker, Rashid dan M. Molla. 2011. Fuels 1-8.

Straka , P. dan Bicakop,O. 2014. Hydrogen Rich Gas as a Product of Two-Stage Co-Gasification of Lignite/Waste Plastic Mixtures. International Journal of Hydrogen Energy.

Sudirman, dkk. 2019. Reprocessing Plastic Waste Into Ppetroleum Fraction Based On Zero Waste Principle. Universitas Mataram: Mataram

.

Surono, U.B. 2013. Berbagai Metode Konversi Sampah Plastic Menjadi Bahan Bakar Minyak. Jurnal Teknik.

Syamsiro, dkk. 2014. Fuel Oil Production from Municipal Plastic Wastes in Sequential Pyrolisis and Catalytic Reforming Reaktors. Conference and Exhibition Indonesia Renewable Energy and Energy Conversation.

Tamilkolundu, S. dan Murgesan, C. 2012. The Evaluation of Blend of Waste Plastic Oil-Diesel Fuel for Use as Alternate Fuel Transportation. 2nd International Conference on Chemical, Ecology and Environmental Sciences.

Biografi Penulis

Dian W. Kurniawidi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).