Peran Pasar Digital di Era Pandemi pada Wirausaha Muda di Banyumulek

Penulis

Irma Setiawan , Ibrahim , Isnaini , Muallifah Anugrah , Murojatul Aslamiah , Nurhayati

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1161

Diterbitkan:

2021-12-02

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Desa Banyumulek, pasar digital, gerabah

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Irma Setiawan, Ibrahim, Isnaini, Muallifah Anugrah, Murojatul Aslamiah, & Nurhayati. (2021). Peran Pasar Digital di Era Pandemi pada Wirausaha Muda di Banyumulek . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 440–447. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1161

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Banyumulek merupakan wilayah dengan mayoritas penduduk memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin gerabah. Masyarakat Banyumulek mengalami kesulitan pemasaran hasil kerajinan gerabah semenjak pandemi Covid-19. Produk-produk gerabah banyak tidak laku dan batal dieskpor karena kesulitan biaya/modal. Para pengusaha rerata beralih profesi untuk menutup biaya produksi gerabah yang tidak berproses selama pandemi. Kondisi usaha dan kesiapan warga Banyumulek menghadapi pandemi sangat rendah. Toko-toko konvensional sepi dan hanya beberapa kunjungan dalam satu pekannya. Solusi Pasar Digital (Digital Marketing/Market Place) sebagai formula alternatif dalam mengatasi kerisis penjualan hasil kerajinan gerabah. Model pasar digital yang dibentuk berdasarkan skala jangkuan pemasaran. Beberapa vendor menjadi lokasi operasional pasar digital yang dicanangkan oleh pemuda Banyumulek. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yakni deskriptif kualitatif dengan memokuskan perhatian pada fenomena sosial – ekonomi masyarakat. Pengumpulan data dilakaukan dengan observasi, sosalisasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) jenis-jenis potensi wirausaha Desa, (2) perancangan sistem pasar digital desa, dan (3) aktualisasi kegiatan pasar digital mamsyarakat desa.

Referensi

Cresswel, J. W. (2014). Research design:Qualitative, quantitative and moxed method. In Sage Publications Inc.

Hadi, Sulhan, Nurul Hidayati Indra Ningsih, H. W. (2021). Pendampingan Tehnik Pemasaran Pada Pengrajin Gerabah Di Desa Banyu Mulek Kecamatan Kediri. Journal Of Business Society, 1(1), 50–62. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JOBS/article/view/4738

Setiawan, I. (2018). Verba Lempar Bahasa Sasak: Kajian Metabahasa Semantik Alami. Jurnal Ilmiah Telaah, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/telaah.v3i1.222

Setiawan, I. (2020). Leksikon Gender Bahasa Sasak: Analisis Semantik Komponensial.

Biografi Penulis

Irma Setiawan, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).