Pelatihan Preparasi Kromosom Dan Analisis Karyotipe Pada Dosen-Dosen Biologi Di Universitas Nahdlatul Wathan Mataram

Penulis

I Gde Mertha , Agil Al Idrus , Ahmad Raksun , I Wayan Merta , Syamsul Bahri

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1162

Diterbitkan:

2021-11-26

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

analisis karyotipe, kromosom, preparat squash

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

I Gde Mertha, Agil Al Idrus, Ahmad Raksun, I Wayan Merta, & Syamsul Bahri. (2021). Pelatihan Preparasi Kromosom Dan Analisis Karyotipe Pada Dosen-Dosen Biologi Di Universitas Nahdlatul Wathan Mataram . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 376–382. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1162

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi dosen di bidang penelitian diperlukan keterampilan, pengalaman dan kemampuan dasar yang kuat dalam metode dan teknik-teknik penelitian yang senantiasa berkembang dari waktu ke waktu. Dengan demikian perlu bagi seorang dosen untuk selalu mengikuti perkembangan teknik-teknik penelitian baru serta tukar pengalaman diantara sesama terutama pada pakar yang berhubungan dengan keilmuannya. Kegiatan pengabdian ini telah dilaksanakan di Universitas Nahdlatul Wathan Mataram. Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan wasasan dan keterampilan dosen-dosen biologi melalui pendamping praktikum agar dapat membuat preparat squash untuk pengamatan struktur dan morfologi kromosom metafase, penyusunan karyogram, dan analisis karyotipenya. Kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, dan unjuk kerja berupa kegiatan praktik, yang selanjutnya dilakukan refleksi dan evaluasi. Kegiatan praktik yang dilakukan, yaitu (a) praktik mikroteknik pembuatan preparat squash kromosom, (b) praktik identifikasi struktur dan morfologi kromosom dibawah mikroskop, (c) praktik pengambilan foto struktur dan morfologi kromosom dibawah mikroskop, (d) praktik penyusunan karyogram kromosom metafase, dan (e) praktek analisis karyotipe kromosom. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kegiatan pengabdian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pengabdian ini memberikan pengalaman sangat bermanfaat tentang teknik pembuatan preparat untuk pengamatan morfologi kromosom, teknik dokumentasi kromosom dibawah mikroskop dan pengukuran parameter dalam analisis karyotipe, (2) Motivasi yang tinggi dosen mitra sangat menunjang keberhasilan pembuatan preparat kromosom dan analisis karyotipe dalam pelatihan ini, dan (3) Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dosen mitra merupakan bekal ipteks berbasis kromosom yang sangat berhaga untuk kegiatan perkuliahan dan penelitian. 

Referensi

Darlington, C.D. dan L. F. La Cour, 1960. The Handling of Chromosomes. George Allen & Unwin Ltd. London.

Jahier, J., A.M. Chevre, F. Eber, R. Delourne, dan A.M. Tanguy. 1996. Technique of Plant Cytogenetics. Science Publishers, Inc., Lebanon.

Jones, R.N. dan C.K. Rickards. 1991. Practical Genetics. John Wiley & Sons, New York.

Laimeheriwa, B. M. 2018. Sitogenetika dan Analisis Kromosom. Patimura University. Ambon.

Mertens, T.R. dan R. L, Hammersmith. 2001. Genetics Laboratory Investigations. Twelfth Edition. Princte Hall. Upper Saddle River. New Jersey.

Mertha, I.G. 2001. Taksonomi Murraya exotica L. dan Murraya paniculata (L.) Jack. di Jawa: Suatu Pendekatan Berdasarkan Karyotipe. Jurnal Biologi Tropis 2(2).

Mertha, I.G., A. Al Idrus, S. Bahri, P. Sedijani, dan D.A.C. Rasmi. 2019. Pelatihan teknik pembuatan preparat squash ujung akar untuk pengamatan kromosom pada guru-guru biologi di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, November 2019, Vol. 2, No. 4: 454 – 459.

Prakash, 1986. Method in Plant Microtechnique. Departement of Botany. The University of New England. Armidale, N.S.W.

Rusmana, F. D. 2019. Dosen di Era revolusi Industry 4.0. STEI Al-Amar Subang. Jawa Barat.

Sharma, 1976. The Chromosome. Oxford & IBH Publishing Co. New Delhi.

Singh, R.J. 1993. Plant Cytogenetic. CRC Press, London.

Sivarajan, V.V. 1984. Introduction to Principles of Plant Taxonomy. Oxford & IBH Publishing Co., New Delhi.

Soerodikoesoemo, W. Petunjuk Praktikum Mikroteknik Tumbuhan. Lab. Embriologi & Mikroteknik Tumbuhan. Fakultas Biologi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Sucipto, A. 2012. Kromosom dan Karyotipe pada Ikan. https://www.adisucipto.com/kromosom-dan-karyotipe-ikan.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).