Pelatihan Asesmen Hasil Belajar Digital Terintegrasi Quizizz Dan Google Form Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa New Normal

Penulis

Muliani Muliani , Fajrul Wahdi Ginting , Halimatus Sakdiah

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1165

Diterbitkan:

2022-03-24

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

quizizz; google form; asesemen digital

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Muliani, M., Ginting, F. W. ., & Sakdiah, H. . (2022). Pelatihan Asesmen Hasil Belajar Digital Terintegrasi Quizizz Dan Google Form Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa New Normal. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 316–322. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1165

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada guru terhadap asesemen hasil belajar digital terintegrasi quizizz dan google form sebagai solusi pembelajaran di masa new normal. Kegiatan ini dilaksanakan melalui 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 2 kali pertemuan dengan materi yaitu pelatihan penggunaan google form dan aplikasi quiziz sebagai asesmen hasil belajar. Peserta kegiatan yaitu guru-guru di SMP N 2 Dewantara. Hasil kegiatan diperoleh bahwa  peserta yang memahami asesmen digital sebesar 82%, peserta yang dapat mengenal aplikasi asesmen berbasis digital sebesar 62%, peserta yang pernah menggunakan aplikasi asesmen berbasis digital sebesar 29%, peserta yang memanfaatkan aplikasi digital sebagai asesmen sebsar 23%, peserta yang tertarik menggunakan media digital dalam menyusun instrumen asesmen sebesar 88%. Hasil tingkat  kepuasan peserta terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat adalah 91% berada pada tingkatan sangat puas terhadap keterlaksanaan kegiatan. Sehinga dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini bermanfaat bagi guru sebagai solusi pembelajaran di era new normal.

Referensi

Annisa Widya Garini, Resa Respati, Ahmad Mulyadiprana. 2020. Penggunaan Media Berupa Digital Pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 186-191

Herlina Pusparani. 2020. Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI Di SDN Guntur Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2 (2), 269-279

Nanda Novita, Marhami, Halimatus Sakdiah, Muliani. 2021. Pengembangan Kompetensi Literasi Digital Pada Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51-58

Nunung Supriadi, Destyanisa Tazkiyah, Zuyinatul Isro. 2021. Penerapan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin. 5(1), 42-51

Nur Afif. 2019. Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 117-129, https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Siti Ngafifah. 2020. Penggunaan Google Form Dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa Pada Masa Covid19 Di SD IT Baitul Muslim Way Jepara. As-Salam I, IX(2): 123-144

Suhendro Busono, Moch Alfan Rosid, Yunianita Rahmawati. 2021. Pelatihan Media Pembelajaran Digital untuk Tenaga Pendidik Di Masa Pandemi Di SMP Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5 (1), 81-87

Usep Saepul Mustaqim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Uniqbu Journal Of Exact Sciences (UJES). 1 (1), 41-45

Weni Andiani Happy Fitria. 2021 Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Sd Negeri 103. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI , Palembang: 15-16 Januari 2021, 172-181

Yusrizal & Fatmawati. 2021. Pelatihan Penggunaan Media Daring sebagai Alternatif Pembelajaran Era Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI). 1 (6), 297-301

Biografi Penulis

Muliani Muliani, Universitas Malikussaleh

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).