Pendampingan Peningkatan Literasi Sains dan Pembentukan Karakter P5 di SMAN 2 Sukoharjo
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.11682Diterbitkan:
2025-06-14Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
Pengabdian Masyarakat, Literasi Sains, Pembentukan Karakter P5Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMAN 2 Sukoharjo pada tanggal 19 Mei 2025 dengan fokus pada peningkatan literasi sains dan pembentukan karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila pada peserta didik. Latar belakang kegiatan ini adalah kebutuhan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap ilmu pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari serta menanamkan nilai-nilai seperti berpikir kritis, kolaborasi, dan tanggung jawab sosial. Tujuan program adalah memberikan pelatihan dan pendampingan melalui sesi interaktif yang melibatkan anggota OSIS sebagai peserta utama. Metode yang digunakan berupa workshop, demonstrasi, dan diskusi yang mengintegrasikan konsep sains dengan serta tema pembentukan karakter pelajar Pancasila. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa, kemampuan berpikir ilmiah yang lebih baik, dan pemahaman nilai-nilai Pancasila secara aplikatif. Peserta aktif menunjukkan rasa ingin tahu, kemampuan komunikasi, dan tanggung jawab. Kesimpulan dari program ini adalah keberhasilannya dalam mengembangkan aspek kognitif dan afektif siswa. Kontribusi pengabdian ini adalah memberdayakan para pemimpin muda untuk menjadi individu yang melek sains sekaligus menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, sehingga menciptakan efek berkelanjutan di lingkungan sekolah.
Referensi
Bialik, M. &. (2015). Character Education for the 21st Century: What Should Students Learn? Center for Curriculum Redesign.
Durrani, N., Qanay, G., Mir, G., Helmer, J., Polat, F., Karimova, N., & Temirbekova, A. (2023). Achieving SDG 4, Equitable Quality Education after COVID-19: Global Evidence and a Case Study of Kazakhstan. Sustainability (Switzerland) , 15(20), 1–23. https://doi.org/10.3390/su152014725
Gumilar, M. R., Reviyanti, L., & Akbar, M. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1542–1558.
Putri, R. T. U., Kristanto, A., Karwanto, K., Roesminingsih, E., & Hariyati, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Journal of Education Research, 5(3), 2523–2529. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1058
Rohana, Asrial, & Zurweni. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assessments (SLA). BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2507(February), 1–9.
Sari, I. J., & Rosdiana, R. (2024). Analisis Literasi Sains Siswa SMA Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 4(1), 33–42. https://doi.org/10.23971/jpsp.v4i1.7862
Syahidi, K., Jufri, A. W., Doyan, A., Kosim, K., Rokhmat, J., & Sukarso, A. (2023). Penguatan Literasi Sains dan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA Abad 21. Kappa Journal, 7(3), 538–542. https://doi.org/10.29408/kpj.v7i3.25036
Valladares, L. (2021). Scientific Literacy and Social Transformation: Critical Perspectives About Science Participation and Emancipation. In Science and Education (Vol. 30, Issue 3). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11191-021-00205-2
Wika Alzana, A., Harmawati, Y., & Pd, M. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 51–57. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/2370
Zewde, Y. M. S.-W. (2022). Masa Depan Kita Sosial Baru Bersama untuk Pendidikan. Jakarta, Indonesia Karya.
Biografi Penulis
Leo Agung Sutimin , Universitas Sebelas Maret Surakarta
Bramastia, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Djono, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Winarno, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Triyanto, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Hieronymus Purwanta, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Endrise Septina Rawanoko, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Deni Zein Tarsidi, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Andrea Salsalova, Universitas Sebelas Maret Surakarta
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Leo Agung Sutimin , Bramastia, Djono, Winarno, Triyanto, Hieronymus Purwanta, Endrise Septina Rawanoko, Deni Zein Tarsidi, Andrea Salsalova

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).