Pengelolaan Sampah Plastik menjadi Ecobrick pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Kalumata Kota Ternate

Penulis

Fajria Dewi Salim , Yuyun Abubakar , Sri Endah Widiyanti , Salim Abubakar , Mesrawaty Sabar , Rusmawati La benua , Masykhur Abd Kadir , Adi Noman Susanto , Ariyati A Fadel

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1182

Diterbitkan:

2021-11-30

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

sampah plastik, ecobrick, kota Ternate

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fajria Dewi Salim, Yuyun Abubakar, Sri Endah Widiyanti, Salim Abubakar, Mesrawaty Sabar, Rusmawati La benua, … Ariyati A Fadel. (2021). Pengelolaan Sampah Plastik menjadi Ecobrick pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Kalumata Kota Ternate. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 431–435. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1182

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Berbagai peralatan kebutuhan rumah tangga terbuat dari plastik. Permasalahan utama limbah plastik sangat sulit terurai. Ironisnya, penggunaannya di masyarakat menyisakan persoalan sampah plastik yang  dapat merusak ekosistem pantai, pesisir dan laut. Ecobrick adalah salah satu usaha kreatif bagi penanganan sampah plastik. Fungsinya bukan untuk menghancurkan sampah plastik, melainkan untuk memperpanjang usia plastik-plastik tersebut dan mengolahnya menjadi sesuatu yang berguna, yang bisa dipergunakan bagi kepentingan manusia pada umumnya. Pembuatan ecobrick masih belum begitu populer di kalangan masyarakat Kota Ternate. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk ibu rumah tangga di kelurahan Kalumat bertujuan untuk mengedukasi bagaimana mengelola sampah plastik secara baik dan efektif dengan membuat ecobrick. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode partisipatif. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini berupa ecobrick dan kursi yang terbuat dari ecobrick. Kegiatan pelatihan ini mampu memberikan pemahaman kepada mitra terkait mengolah sampah plastik rumah tangganya. Dampak lainnya, adanya keberlanjutan yakni mitra berkomitmen dan sudah mulai memilih dan memilah sampah rumah tangga sebelum dibuang ke TPS, dan membuat ecobrick di rumah masing-masing.  

Referensi

Apriyani, A., Putri, M. M., & Wibowo, S. Y. (2020). Pemanfaatan sampah plastik menjadi ecobrick. Jurnal Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(1), 48–50.

https://doi.org/https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i1.11

Ichi, M. (2021). Sampah, Ancaman Serius Laut Ternate. Mongabay.

https://www.mongabay.co.id/2021/09/26/sampah-ancaman-serius-laut-ternate/

Rohyani, I. S., Rusady, K. S. W., Hafizzudin, M., Juliani, D., Yanti, N. W. Y., Permatasari, B. K., Putri, R. R., Avanda, L. S., Sangian, F. H., Apsari, N. L. W. S., Wulandari, N. K. S., Yuliandini, W., Sari, E., Angraeni6, D. D., Rizka, I. M., & Rosdiana, B. M. (2021). Pelatihan Pengolahan Sampah berbasis Masyarakat sebagai Alternatif Penanganan Limbah di Desa Penimbung. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 410–414. https://doi.org/10.29303/jpmpiv3i2.1174

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).