Kampus 1000 Cahaya Ramadan 1446h Beasiswa Baznas Universitas Mataram (Ceramah Agama Dan Baca Al-Qur’an Isyarat Tuna Rungu)

Penulis

Alamsyah AB

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.11842

Diterbitkan:

2025-06-29

Terbitan:

Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025

Kata Kunci:

Cahaya Ramadhan, Tunarungu, BAZNAS

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

AB, A. (2025). Kampus 1000 Cahaya Ramadan 1446h Beasiswa Baznas Universitas Mataram (Ceramah Agama Dan Baca Al-Qur’an Isyarat Tuna Rungu). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 581–586. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.11842

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kempus 1000 cahaya Ramadan bertujuan (a) para peserta Beasiswa Baznas dan tuna rungu mendapatkan pengetahuan dasar ilmu agama  dan  baca tulis Al Quran dengan bahasa isyarat, (b) peserta Beasiswa Baznas dan tunarungu mendapatkan pengetahuan agama, sirah Nabi dan Lomba Hafalan Surat Pendek dengan isyarat, (c) peserta mendapatkan pengalaman ibadah Ramadhan berbuka puasa bersama para tuna rungu. Kurikulum kegiatan ini mengacu pada kurikulum yang telah ditetapkan oleh Badan Pengelola Zakat Nasional (BAZNAS 2023-2024) dan kurikulum LPQI NTB. Peserta kegiatan adalah peserta beasiswa BCB angkatan 4 dan 5,  mentor/pembina Mahasiswa BCB Unram, para pengelola LPQI NTB, dan 70 orang tuna rungu.  Metode kegiatan dilakukan dalam bentuk pendampingan baca  Qur’an isyarat, ceramah agama oleh Tuan Guru H. Abdul Azis Sesela yang diterjemahkan dalam bahasa isyarat oleh pembimbing/Ustad LPQI Mataram, dilanjutkan dengan diskusi, pembagian sembako dan buka puasa bersama. Tempat kegiatan dilaksanakan di lantai satu sayap utara Islamic Center Masjid Raya Hubbul Wathan Mataram Nusa tenggara Barat. Semua kegiatan dilaksanakan secara off line. Waktu pelaksanaan Kegiatan dilaksanakan selama 5 hari pada : Hari/Tanggal: Sabtu - Minggu, 12 - 16 Maret 2025, Pukul: 16.00-18.30 WIT.  Hasil kegiatan yang dilakukan adalah: a) terealisirnya pesantren 1000 Cahaya Ramadhan di Universitas Mataram kepada 70 orang yatim atau disabilitas tuna rungu berupa kegiatan pengajian/ceramah, baca al-Qur’an isyarat  dan buka puasa bersama. b) Silaturahim dan penguatan kerja sama antar peserta beasiswa BAZNAS dengan LPQI NTB dan memaparkan/mensyiarkan kontribusi dan peran BAZNAS dalam bidang pendidikan.

Referensi

American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5). Washington DC.

Ayers, S. R. 2014. Formative Assessment: Guidance for Early Childhood.

Bunawan, L., & Yuwati, C. S. 2000. Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta: Santi Rama.

Darma, Y. A., & Astuti, S. 2017. Landasan Ilmu Pendidikan. Rafa Production.

Direktorat Sekolah Dasar. 2022. Proil Pelajar Pancasila. Dirjen PAUD Dikdas dan Dikmen, Kemdikbudristek. Diakses dari http://ditpsd. kemdikbud.go.id/hal/proil-pelajar-pancasila

Gargiulo, Richard M. 2012. Special Education in Contemporary Society: an Introduction. Birmingham: University of Alabama.

Gunardi, A. J. 2019. Tahapan Penerimaan Orang Tua dalam Menerima Anak Berkebutuhan Khusus. Diakses dari https://www.klikdokter. com/info-sehat/read/3635405/

tahapan-penerimaan-orang-tuadalam-menerima-anak-berkebutuhan-khusus Gunawan, H. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Jong, Romi de, et al. 2014. How pre-service teachers’ personality traits, self-eicacy, and discipline strategies contribute to the teacher– student relationship. British Journal of Educational Psychology. Vol. 84. h. 294–310

Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka)

Sylvi Noor Aini Farida Yuliati Aprilia Nandariski (2022) Buku Panduan Guru Disabilitas Rungu Disertai Hambatan Intelektual.

Biografi Penulis

Alamsyah AB, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Alamsyah AB

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).