Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Pelatihan Guru SD Tentang Pemanfaatan Media Digital Dan AI Di SDN 1 Labu Api, Kecamatan Labu Api

Penulis

Moh Fauzi Bafadal , Muhammad Hudri , Ilham , Sofia Dwi Sanzain

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.11854

Diterbitkan:

2025-07-02

Terbitan:

Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025

Kata Kunci:

Pembelajaran Bahasa Inggris; Media Digital; Kecerdasan Buatan; Pelatihan Guru; Pendidikan Dasar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Bafadal, M. F., Muhammad Hudri, Ilham, & Sofia Dwi Sanzain. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Pelatihan Guru SD Tentang Pemanfaatan Media Digital Dan AI Di SDN 1 Labu Api, Kecamatan Labu Api . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 620–624. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.11854

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar melalui pelatihan pemanfaatan media digital dan kecerdasan buatan (AI) bagi para guru di SDN 1 Labu Api, Lombok Barat. Program ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya penggunaan media digital dan AI dalam pengajaran Bahasa Inggris yang berdampak pada kurangnya keterlibatan dan efektivitas pembelajaran siswa. Kegiatan yang dilakukan meliputi analisis kebutuhan, pelatihan intensif, pendampingan kelas, dan evaluasi program. Guru diperkenalkan pada berbagai platform seperti Canva, Quizizz, YouTube Edu, Duolingo, dan ChatGPT untuk meningkatkan praktik mengajar dan keterlibatan siswa. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam literasi digital, kepercayaan diri, dan kemampuan guru dalam membuat bahan ajar interaktif. Observasi pasca pelatihan menunjukkan adanya pergeseran menuju metode pembelajaran yang lebih inovatif dan terintegrasi teknologi. Program ini juga mendorong budaya kolaboratif antar guru serta memicu perubahan berkelanjutan dalam dinamika kelas. Secara keseluruhan, inisiatif ini berkontribusi dalam memberdayakan guru sebagai agen transformasi digital dalam pendidikan dasar.

Referensi

Aswad, M., Putri, A. M. J., & Sudewi, P. W. (2024). Enhancing Student Learning Outcomes through the Communicative Language Teaching Approach. Al-Ishlah, 16(4). https://doi.org/10.35445/ALISHLAH.V16I4.5204

Billah, A., Khasanah, U., & Widoretno, S. (2019). Empowering higher-order thinking through project-based learning: A conceptual framework. AIP Conference Proceedings, 2194(1). https://doi.org/10.1063/1.5139743/819722

Cango Patiño, A. E., Vidal Montaño, V. M., Cabrera Buri, P. E., Abad Rojas, M. E., & Cabrera González, A. del R. (2024). The improvement of oral communicative competence in english through the artificial intelligence. LATAM Revista Latinoamericana de Ciencias Sociales y Humanidades, 5(1). https://doi.org/10.56712/LATAM.V5I1.1850

Lazaridou, A., & Baroni, M. (2020). Emergent Multi-Agent Communication in the Deep Learning Era. ArXiv: Computation and Language. http://export.arxiv.org/pdf/2006.02419

Li, Y., & Zhong, Z. (2024). Decoding the application of deep learning in neuroscience: a bibliometric analysis. Frontiers in Computational Neuroscience, 18. https://doi.org/10.3389/FNCOM.2024.1402689

Liang, X., & Zhao, D. (2023). Design and Research of Blended Collaborative Learning Model for Deep Learning. 2023 IEEE 12th International Conference on Educational and Information Technology, ICEIT 2023, 78–82. https://doi.org/10.1109/ICEIT57125.2023.10107857

Mohd Ramli, A. A.-R., & Borhan, M. T. (2024). Mapping the landscape of digital inquiry-based learning: a bibliometric analysis. INTERNATIONAL JOURNAL OF MODERN EDUCATION (IJMOE), 6(23), 753–768. https://doi.org/10.35631/IJMOE.623051

Nasution, A. K. P., & Batubara, M. H. (2024). Research Trends in Technology-Enhanced Language Learning: A Bibliometric Analysis. Journal of Linguistics Literature and Language Teaching (JLLLT), 3(2), 111–130. https://doi.org/10.37249/JLLLT.V3I2.779

Sherley, S. E. F., Prabakaran, R., & Lakshmi, S. V. V. (2024). Student-Centered Learning in the Digital Age. Adopting Artificial Intelligence Tools in Higher Education: Teaching and Learning, 24–50. https://doi.org/10.1201/9781003469315-2

Wibawa, A. P., Dwiyanto, F. A., & Utama, A. B. P. (2022). Deep learning in education: a bibliometric analysis. Bulletin of Social Informatics Theory and Application, 6(2), 151–157. https://doi.org/10.31763/BUSINTA.V6I2.596

XIE, J. (2024). Exploring “student-centered” education and teaching reform: a case study of International Chinese Language Education in Guilin A University. Region - Educational Research and Reviews, 6(9), 110–110. https://doi.org/10.32629/RERR.V6I9.2894

Yusupalieva, S. (2024). Developing Students Communicative Competence using Authentic Materials with Information Technologies. International Journal of Industrial Engineering, Technology & Operations Management, 2(2), 59–62. https://doi.org/10.62157/IJIETOM.V2I2.62

Biografi Penulis

Moh Fauzi Bafadal, Universitas Muhammadiyah Mataram

Muhammad Hudri, universitas muhammadiyah mataram

Ilham, universitas muhammadiyah mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Moh Fauzi Bafadal, Muhammad Hudri, Ilham, Sofia Dwi Sanzain

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).