Penyuluhan Tentang Dampak Perilaku Bullying Bagi Siswa dan Upaya untuk Mengatasinya di SMPN 1 Gerung Kabupaten Lombok Barat

Penulis

Muhammad Mabrur Haslan , Rispawati , Ahmad Fauzan , Edy Kurniawansyah , Sawaludin

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1187

Diterbitkan:

2021-11-30

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Dampak Perilaku Bullying, Upaya Mengatasinya.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Muhammad Mabrur Haslan, Rispawati, Ahmad Fauzan, Edy Kurniawansyah, & Sawaludin. (2021). Penyuluhan Tentang Dampak Perilaku Bullying Bagi Siswa dan Upaya untuk Mengatasinya di SMPN 1 Gerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 423–430. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1187

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah memahami bentuk-bentuk perilaku perundungan (bullying) yang terjadi di kalangan siswa, memahami faktor-faktor penyebab terjadinya  perilaku perundungan (bullying) di kalangan siswa, memahami dampak perilaku perundungan (bullying)  di kalangan siswa dan upaya untuk mengatasi terjadinya perilaku bullying di kalangan siswa. Metode pelaksanaan kegiatan adalah penyluhan dan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan hasil sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut didukung oleh beberapa faktor: (1) urgensi materi yang disampaikan oleh tim pelaksana pengabdian  dalam rangka mencegah terjadinya perilaku bullying  bagi siswa SMP Negeri 1 Gerung (2) Adanya dukungan dari pihak Kepala SMP Negeri 1 Gerung dan para khalayak sasaran kegiatan. Sementara   faktor penghambat tidak menjadi penghalang namun bisa diatasi oleh tim pelaksana pengabdian, sehingga kegiatan pengabdian dapat terlaksana dan mencapai hasil sebagaimana diharapkan.

Referensi

Bimo, Walgito, 2003, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta, Andi.

Colorosa, Barbara., 2006, Penindas, Tertindas, dan Penonton (Resep Memutuskan Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU), Serambi Ilmu Pustaka.

Colorosa, Barbara., 2007, The Bully,The Bullied, and The Bystander, New York, Harper Collins.

Faturochman, 2012, Psikologi Untuk Kesejahteraan Masyarakat, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Geldard, Kathryn. 2012. Konseling Remaja Intervensi Praktis Bagi Remaja Beresiko.Yogyakarta: Pustaka belajar.

Mabrur Haslan, Muhammad , 2020, Pola Penanganan Korban Perilaku Bullying Pada Siswa SMPN Se-Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat, Laporan Hasil Penelitian, Dibiayai DIPA BLU PNBP Universitas Mataram.

____________________, 2019, Perilaku Bullying Dan Dampaknya Bagi Anak Usia Sekolah (Studi Pada Siswa SMPN Se-Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat, Laporan Hasil Penelitian, Dibiayai DIPA BLU PNBP Universitas Mataram.

_______________________, 2009, Kajian Tentang Kekerasan Pada Anak ( Studi Perlakuan Salah (Child Abuse) Orang Tua Terhadap Anak Pada Keluarga Kawin-Cerai di Masyarakat Suku Sasak, Laporan Hasil Penelitian, FKIP Universitas Mataram.

Ratna Djuwita, 2006, Kekerasan Tersembunyi Di Sekolah, Aspek-Aspek Pdikososial Dari Bullying-Victims: A Comparison of Psychosocial and Behavioral Characteristic, Journal of Pediatric Phychology.

Sejiwa, 2008, Bullying, Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak, Jakarta, Gramedia.

Sindo News, 24 Juli 2018

Zakiyah, Ela Zain, et all, 2017, Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying, Jurnal Penelitian dan PPM UNPAD, ISSN : 2442-448X, Vol. No. 2. Juli 2017

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).