Pendampingan Penyelesaian Soal Olimpiade Cabang Geografi di SMAN 1 Mataram
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.11906Diterbitkan:
2025-06-30Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
geografi, geospasial, OSN, pendampinganArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Tujuan kegiatan pendampingan ini untuk melatih siswa agar mampu menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat serta menemukan trik cara mudah menyelesaikan soal untuk menghadapi olimpiade sains cabang geografi tingkat Kabupaten/ Kota. Tahap awal pelaksanaan pendampingan kompetisi sains nasional dilakukan seleksi siswa yang mempunyai kemampuan dan kemauan mengikuti olimpiade sains nasional cabang geografi tingkat sekolah. Hasil seleksi diperoleh 5 siswa potensial yang mewakili sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan meliputi pemberian informasi, tanya jawab, diskusi dan praktik. Pelaksanaan pendampingan selama 8 kali pertemuan, proses pendampingan berjalan dengan baik dan lancar, setiap pertemuan dihadiri oleh kelima siswa yang dipersiapkan. Semua siswa sangat antusias mengikuti kegiatan, terlihat dengan adanya tren respon positif pada diskusi pemecahan soal, siswa dapat beradaptasi dengan cepat terhadap berbagai soal yang berbeda. Kesimpulannya, siswa sudah terbiasa dan terlatih menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat serta menemukan trik cara mudah menyelesaikan soal, walaupun masih harus terus berlatih sendiri untuk menghadapi olimpiade sains cabang geografi tingkat kabupaten/kota.
Referensi
BPTI Puspresnas Kemendikbudristek. (2024). Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA /MA/Sederajat
Chaerul, M., Samad, A., Yusmanizar, Y., Yasmi, Y., Zulkifli, Z., Idris, J., ... & Karim, H. (2024). Pendampingan dan Pembinaan Bagi Siswa SMA Negeri 3 Luwu Dalam Persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Kebumian. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 1082-1090.
Copernicus browser. (2025). Unduh citra Sentinel 2 akuisisi 15 Juli 2024, scene Bali Lombok. Laman geoportal Copernicus browser https://browser.dataspace.copernicus.eu/ akses pada 04 Mei 2025.
Fitriyah, D., Sarkity, D., Elvi, M., & Liana, M. (2019). Pembinaan penyelesaian soal-soal olimpiade sains bagi siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 77-81.
Idris, S., Sabrina, N., Mellyzar, M., & Ginting, F. W. (2023). Pendampingan Persiapan Olimpiade Sains Nasional Bidang Kebumian di SMAN 1 Muara Batu. Jurnal Vokasi, 7(2), 134-139.
Irwansyah, E. (2013). Sistem Informasi Geografis: Prinsip Dasar Dan Pengembangan Aplikasi. Yogyakarta: DigiBook
Munawir, A., Masykur, M., Darsan, H., Supardi, J., Murhaban, M., & Farizal, T. (2022). Pembinaan Dan Pendampingan Siswa SMA Labs School Unsyiah Dalam Persiapan Olimpiade Fisika. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar. 4(1), 110-117.
Purnomo, A., Haryono, B., Indriyani, F. H., Isnaeni, N., Sakti, S., & Prihanto, Y. (2018). Geografi: Aplikasi dalam Berbagai Bidang Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sari, D. (2021). Bimbingan Terpadu Olimpiade Sains Nasional Bidang Matematika Siswa SMP Negeri 2 Merauke. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 6(3), 89-95.
Sativa, D. Y. (2019). Pembinaan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Geografi Pada Siswa SMAN 5 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 215-220. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i2.1110
Susyanto, N. et al., 2025. Panduan olimpiade sains nasional 2025 SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Biografi Penulis
Denianto Yoga Sativa, Universitas 45 Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Denianto Yoga Sativa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).