Pendampingan Penyelesaian Soal Olimpiade Cabang Geografi di SMAN 1 Mataram

Penulis

Denianto Yoga Sativa

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.11906

Diterbitkan:

2025-06-30

Terbitan:

Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025

Kata Kunci:

geografi, geospasial, OSN, pendampingan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sativa, D. Y. (2025). Pendampingan Penyelesaian Soal Olimpiade Cabang Geografi di SMAN 1 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 634–638. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.11906

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan kegiatan pendampingan ini untuk melatih siswa agar mampu menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat serta menemukan trik cara mudah menyelesaikan soal untuk menghadapi olimpiade sains cabang geografi tingkat Kabupaten/ Kota. Tahap awal pelaksanaan pendampingan kompetisi sains nasional dilakukan seleksi siswa yang mempunyai kemampuan dan kemauan mengikuti olimpiade sains nasional cabang geografi tingkat sekolah. Hasil seleksi diperoleh 5 siswa potensial yang mewakili sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan meliputi pemberian informasi, tanya jawab, diskusi dan praktik. Pelaksanaan pendampingan selama 8 kali pertemuan, proses pendampingan berjalan dengan baik dan lancar, setiap pertemuan dihadiri oleh kelima siswa yang dipersiapkan. Semua siswa sangat antusias mengikuti kegiatan, terlihat dengan adanya tren respon positif pada diskusi pemecahan soal, siswa dapat beradaptasi dengan cepat terhadap berbagai soal yang berbeda. Kesimpulannya, siswa sudah terbiasa dan terlatih menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat serta menemukan trik cara mudah menyelesaikan soal, walaupun masih harus terus berlatih sendiri untuk menghadapi olimpiade sains cabang geografi tingkat kabupaten/kota.

Referensi

BPTI Puspresnas Kemendikbudristek. (2024). Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA /MA/Sederajat

Chaerul, M., Samad, A., Yusmanizar, Y., Yasmi, Y., Zulkifli, Z., Idris, J., ... & Karim, H. (2024). Pendampingan dan Pembinaan Bagi Siswa SMA Negeri 3 Luwu Dalam Persiapan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Kebumian. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 1082-1090.

Copernicus browser. (2025). Unduh citra Sentinel 2 akuisisi 15 Juli 2024, scene Bali Lombok. Laman geoportal Copernicus browser https://browser.dataspace.copernicus.eu/ akses pada 04 Mei 2025.

Fitriyah, D., Sarkity, D., Elvi, M., & Liana, M. (2019). Pembinaan penyelesaian soal-soal olimpiade sains bagi siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 1(2), 77-81.

Idris, S., Sabrina, N., Mellyzar, M., & Ginting, F. W. (2023). Pendampingan Persiapan Olimpiade Sains Nasional Bidang Kebumian di SMAN 1 Muara Batu. Jurnal Vokasi, 7(2), 134-139.

Irwansyah, E. (2013). Sistem Informasi Geografis: Prinsip Dasar Dan Pengembangan Aplikasi. Yogyakarta: DigiBook

Munawir, A., Masykur, M., Darsan, H., Supardi, J., Murhaban, M., & Farizal, T. (2022). Pembinaan Dan Pendampingan Siswa SMA Labs School Unsyiah Dalam Persiapan Olimpiade Fisika. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar. 4(1), 110-117.

Purnomo, A., Haryono, B., Indriyani, F. H., Isnaeni, N., Sakti, S., & Prihanto, Y. (2018). Geografi: Aplikasi dalam Berbagai Bidang Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, D. (2021). Bimbingan Terpadu Olimpiade Sains Nasional Bidang Matematika Siswa SMP Negeri 2 Merauke. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 6(3), 89-95.

Sativa, D. Y. (2019). Pembinaan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Geografi Pada Siswa SMAN 5 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 215-220. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i2.1110

Susyanto, N. et al., 2025. Panduan olimpiade sains nasional 2025 SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah

Biografi Penulis

Denianto Yoga Sativa, Universitas 45 Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Denianto Yoga Sativa

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).