Pendampingan Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan IPA untuk Menuju Unggul

Penulis

Sudirman Wilian , Agus Ramdani , Bambang H Kusumo

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1193

Diterbitkan:

2021-12-10

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Pendampingan, Instrumen akreditasi, LKPS dan LED

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sudirman Wilian, Agus Ramdani, & Bambang H Kusumo. (2021). Pendampingan Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan IPA untuk Menuju Unggul. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 446–463. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1193

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penyusunan instrumen akreditasi LKPS dan LED dalam rangka persiapan pengusulan re-akreditasi Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Unram menuju unggul perlu dipersiakan dengan sebaik-baiknya. Karena itu, dalam rangka penyusunan instrument tersebut perlu pendampingan dari pihak luar prodi guna membantu mengembangkan kedua instrument tersebut yang kemudian diikuti dengan simulasi visitasi akreditasi Proram Studi. Tujuan kegiatan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan pendampingan penyusunan instrumen akreditasi dimaksud dari Gugus Penjaminan Mutu Pascasarjana Unram yang kemudian diikuti dengan simulasi visitasi akreditasi pada Proram Studi Magister Pendidikan IPA untuk memperoleh predikat unggul. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah berupa ceramah, diskusi, tanya jawab, dan workshop yang diikuti oleh 14 dosen MPIPA. Secara umum PS MPIPA Pascasarjana Universitas Mataram telah siap untuk pengusulan reakreditasi dengan telah dipersiapkannya instrumen tersebut melalui kegiatan workshop pendampingan penyusunan instrumen dimaksud. Beberapa hal penting yang telah diperoleh dalam kegiatan ini antara lain, telah tersusunnya instrumen program studi IAPS 4.0, diperolehnya strategi penyusunan LKPS dan LED yang baik, ditemukannnya pola pendampingan kepada tim penyusun LKPS dan LED, dan terdokumentasikannya bentuk simulasi visitasi terhadap dokumen yang sudah disusun untuk menentukan skor akhir yang dapat diperoleh, serta cara-cara perbaikan terhadap kekurangan yang terdapat di dalam instrumen LKPS dan LED yang disusun oleh Tim.

Referensi

Alajoutsijärvi, K., Kettunen, K., & Sohlo, S. (2018). Shaking the status quo: Business accreditation and positional competition. Academy of Management Learning & Education, 17(2), 203-225.

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi sekolah sebagai suatu upaya penjaminan mutu pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Dalci, İ., & Özyapici, H. (2018). Cultural values and students’ intentions of choosing accounting career. Journal of Financial Reporting and Accounting.

Fadhli, M. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 53-65.

Hariawan, R., Haromain, H., & Sakti, H. G. (2020). Strategi Manjemen Mutu Perguruan Tinggi Swasta dengan Kesiapan Mahasiswa Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4).

König, J., & Rothland, M. (2012). Motivations for choosing teaching as a career: Effects on general pedagogical knowledge during initial teacher education. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 40(3), 289-315.

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mutaqin, I., & Zaki, M. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Atas. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(2), 135-152.

Prasetyo, H. (2014). Dampak Kebijakan Akreditasi Perguruan Tinggi Terhadap Daya Saing (Competitiveness) Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Kebumen. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 13(1).

Price, I. F., Matzdorf, F., Smith, L., & Agahi, H. (2003). The impact of facilities on student choice of university. Facilities.

Ramdani, A., Witono, A. H., & Sukardi, S. (2018). Pelatihan Pengisian Instrumen Akreditasi Untuk Peningkatan Mutu Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah Pada Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Wilayah IV. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1).

Schejbal, D. (2012). In search of a new paradigm for higher education. Innovative Higher Education, 37(5), 373-386.

Sulaiman, A., & Wibowo, U. B. (2016). Implementasi sistem penjaminan mutu internal Sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 17-32.

Wahiddin, W. (2019). Pembinaan 8 Standar Pendidikan SD dengan Menggunakan Metode Sasambo dalam Mempersiapkan Akreditasi Sekolah di Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2018. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 1(2), 1-20.

Widayat, P. (2018). Peran akreditasi dalam menarik minat mahasiswa memilih perguruan tinggi swasta bermutu di Kota Pekanbaru. Jurnal Penj

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).