Pelatihan Pembuatan Bak Terpal Untuk Usaha Budidaya Perikanan di Desa Talabiu Kabupaten Bima

Penulis

Alis Mukhlis , Sanca Rahmatullah , Septiana Dwiyanti , Anita Prihatini Ilyas , Awan Dermawan

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1195

Diterbitkan:

2021-12-12

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Bima, bak terpal, pelatihan, talabiu

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mukhlis, A., Sanca Rahmatullah, Septiana Dwiyanti, Anita Prihatini Ilyas, & Awan Dermawan. (2021). Pelatihan Pembuatan Bak Terpal Untuk Usaha Budidaya Perikanan di Desa Talabiu Kabupaten Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 530–536. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1195

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kesuksesan produksi perikanan budidaya sangat terkait dengan penyediaan fasilitas pendukung seperti bak tempat perawatan, pemeliharaan dan pembesaran komoditi perikanan. Bak terpal merupakan salah satu wadah budidaya komoditi perikanan yang kini kian populer di masyarakat disebabkan oleh beberapa alasan diantaranya yaitu biaya pembuatan lebih murah, pembuatan lebih cepat, mudah dirawat dan dipindahkan serta dapat dibangun pada lahan yang lahan terbatas. Potensi Desa Talabiu yang berlokasi di Kecamatan Woha Kabupaten Bima sebagai sentra produksi komoditi perikanan payau menjadi alasan perlunya dilakukan pembinaan masyarakat perikanan melalui kegiatan pelatihan pembuatan wadah budidaya yaitu bak terpal dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat sasaran dalam pembuatan bak terpal sebagai wadah budidaya ikan. Kegiatan ini  diharapkan dapat merangsang munculnya usaha budidaya ikan secara mandiri yang berkelanjutan. Kegiatan pelatihan telah dilakukan pada tanggal 4 November 2021 berlokasi di Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Kegiatan ini dilaksanakan dengan manjalin kemitraan bersama dengan Koperasi “Sama Ngawa Karawiâ€. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta sebanyak 36 orang berasal dari anggota koperasi, masyarakat pembudidaya ikan, tokoh masyarakat sekitar, dan mahsiswa Program Studi Budidaya Perairan Program Diploma Tiga Program Vokasi Universitas Mataram yang kampusnya berlokasi di Kabupaten Bima. Peserta yang hadir telah menunjukkan respon yang sangat positif dan sangat mengharapkan bahwa kemitraan yang telah berlangsung dapat dilanjutkan hingga ke tahap-tahap berikutnya seperti pendampingan pada tahap budidaya, persiapan pakan yang murah dan efektif, pasca panen serta pemasaran. Keterlibatan Program Diploma Tiga Program Studi Budidaya Perairan Vokasi Bima Universitas Mataram di Kabupaten Bima yang berkelanjutan dalam kegiatan ini sangat dibutuhkan.

Referensi

Ayuzar, E. dan Zuriani. 2017. IBIKK Budidaya Ikan Patin (Pangasius sp.) di Kolam Terpal. Dharma Raflesia Unib. Tahun XV, Nomor 2 : 81-88

Irsyam, M., I. Nuryadin, S.R. Drajat, D.S. Ramadhan dan Sahabuddin. 2019. Analisa Usaha Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) pada Kolam Terpal Bundar dengan Sistem Microbuble. Prosiding Simposium Nasional Kelautan dan Perikanan VI. Universitas Hasanuddin, Makassar : 201-206.

Lisanty, N., S. Bayu dan A.D. Pamujiati. 2020. Budidaya perikanan skala kecil: studi kasus ternak ikan gurami (Osphronemus gouramy) di Desa Mojosari Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Jurnal AGRINIKA. Volume 4, No. 1: 1-43.

Mas’ud, F. dan T. Wahyudi. 2018. Analisa usaha budidaya udang vaname (Litopenaeus vannamei) air tawar di kolam bundar dengan sistem resirkulasi air. Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik. Vol. 2 No. 2 : 103-108

Rundupadang, S.S. 2020. Efektifitas umpan hidup bandeng (Chanos chanos Forskal) hasil budidaya dan umpan hidup dari alam pada perikanan pole and line. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan Universitas Hasanuddin. Makassar : 42 hlm.

Sari, I.P., Yulisman dan Muslim. 2017. Laju pertumbuhan dan efisiensi pakan ikan nila (Oreochromis niloticus) yang dipelihara dalam kolam terpal yang dipuasakan secara periodik. Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia. Volume 5, No. 1 :45-55

Sukardi, P., P.H.T Soedibya, T.B. Pramono. 2018. PRODUKSI budidaya ikan nila (Oreochromis niloticus) sistem Bioflok dengan sumber karbohidrat berbeda. AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship. Volume 03, Issue : 02 : 198-203.

Su’udi, M dan S. Wathon. 2018. Peningkatan Performa Budidaya Lele Dumbo (Clarias gariepinus, Burch) Di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Warta Pengabdian. Volume 12, Issue 2 : 298-306.

Biografi Penulis

Alis Mukhlis, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).