Vol 8 No 3 (2025): Juli-September 2025
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Mendesain Identitas, Mendorong Pertumbuhan UMKM:Inovasi Kemasan dan Penyuluhan Masyarakat Untuk Usaha Hidroponik Selada

Penulis

Ulfi Aisyah , Dian Lestari , Dina , Moh. Albi Hasan , Akhmad Jufri

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i3.12048

Diterbitkan:

2025-07-30

Unduhan

Abstrak

Desa Banyumulek merupakan wilayah yang telah lama dikenal sebagai sentra produksi gerabah tradisional memiliki nilai budaya tinggi. Desa ini perlahan membuka diri terhadap masuknya inovasi di sektor bidang pertanian modern. Kopmas Farm sebagai objek pengabdian, sebagai media sosialiasi pertanian modern yaitu selada hidroponik dengan penguatan identitas produk dan strategi pemasaran. Meski produknya berkualitas, masih ditemukan kendala pada desain kemasan, branding, dan promosi digital. Kopmas Farm inovasi difokuskan pengembangan kemasan tertutup yang dirancang untuk menjaga kesegaran selada hidroponik, Kemasan ini dipilih karena lebih higienis, praktis, dan mampu menekan risiko pembusukan selama pengiriman.Pengabdian masyarakat dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat banyumulek yang sudah dan belum memiliki usaha pertanian hidroponik dan memberikan edukasi kepada petani selada hidroponik di kawasan NTB.Hasil inovasi digunakan saat promosi Hari Raya Idul Adha, berhasil meningkatkan penjualan 300 pcs serta menarik perhatian pasar lokal. Kegiatan penyuluhan disambut sangat baik oleh masyarakat desa banyumulek dengan antusiasme tinggi berbagai pihak yang berkontirubusi,partisipasi aktif, dan banyaknya pertanyaan seputar desain dan strategi promosi digital. Hasil monitoring 2 minggu pasca kegiatan dengan indikator yang ditentukan menunjukkan penyuluhan yang dilakukan berhasil.

Kata Kunci:

Inovasi Kemasan,Pemasaran,Penyuluhan masyarakat

Referensi

Az Zahra, S., Hapsari, H., Arari, M., & Pardian, P. (2022). Marketing communication strategy conducted by Koltivare Hydroponic Farm Bekasi, West Java. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 6(2). https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/agrisocionomics/article/view/13670

Badan Bahasa. (2022). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Fitriani, D. (2021). Pengaruh Inovasi Kemasan terhadap Minat Beli Produk Agroindustri. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2331566

Jumini, S., Nisa, T. N., & Mawadah, A. (2021). Pendampingan Budidaya Potensi Lokal dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan di Era Pandemi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/download/1903/1222

Lorian, Y. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Olahan Sayuran Hidroponik Kangkung di UMKM Syifa Hidroponik, Medan Area [Universitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/jspui/handle/123456789/21734

Marina, I., Ramadan, N. S., & Fahrudin, M. (2023). Optimisasi Pasokan dalam Usaha Hidroponik di Titik Tanam Minimal. Jurnal Sosial Agribisnis. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/jsa/article/view/5165

Masithoh, F. N., Dewi, A. A., & Yani, Y. (2025). Green Empowerment: Integrasi Teknologi Hidroponik dan Nilai Lokal. Journal of Community Empowerment. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jce/article/view/31878

Mahadhika, R. I., Sulandjari, K., & Yusiana, E. (2024). Partial budget analysis and consumer response to hydroponic vegetable packaging innovation (Study at CV. Amatta Mulya Barizi). AGRITEPA: Jurnal Ilmu dan Teknologi Pertanian, 11(1), 99–114. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/agritepa/article/view/4647

Nashri, N. (2024). Pengaruh Marketing Mix terhadap Pembelian Konsumen Sayur Hidroponik [Universitas Islam Malang]. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9518

Nor Rohmah, D., Faza, N., Wulandari, S., & Nafis, Z. A. (2024). Optimizing the use of used materials for hydroponic growing media in community empowerment and environmental management efforts. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi, 3(1), 128–136. https://ukitoraja.id/index.php/semnas/article/view/441

Sari, F. A. (2023). Pemanfaatan Media Digital Torufarm sebagai Strategi Pemasaran Hasil Tani UMKM Lokal Kota Palu dalam Perspektif Ekonomi Islam [UIN DatokaramaPalu]. https://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2531/

Setianingrum, A., & Huda, N. (2024). Pelatihan Pemasaran Sayur Hidroponik Berbasis Akad Syariah Bagi Kelompok Tani di Perkotaan. Solidaritas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/sjp/article/view/10759

Setiany, E., Utami, T. B., Rahayu, M., Adyani, R. T., Afriza, A., Sulaiman, S., … Putra, A. A. P. (2024). Entrepreneurial empowerment through hydroponic cultivation in South Meruya. International Conference on Community Development (ICCD), 7(1), 478–482. https://www.iccd.asia/ojs/index.php/iccd/article/view/726

Silviana, D., Pratiwi, A., Sari, N., Laila, N., & Bachtiar, M. (2020). Training on hydroponic cultivation of pakcoy vegetable wick system with utilization of plastic cup waste in Petunjungan Village. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment, 2(2), 19–22. https://journal.unnes.ac.id/sju/ijde/article/view/41041

Sutanto, D. (2020). Pertanian hidroponik untuk pemula: Panduan praktis bertanam sehat di lahan terbatas. Yogyakarta: AgroMedia.

Wibowo, R. S. (2024). Budidaya dan Analisis Usahatani Selada (Lactuca sativa L.) secara Hidroponik Sistem Semi NFT dan DFT [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/120396

Biografi Penulis

Ulfi Aisyah, Universitas Mataram

Dian Lestari , Universitas Mataram

Dina , Universitas Mataram

Moh. Albi Hasan, Universitas Mataram

Akhmad Jufri , Universitas Mataram

Cara Mengutip

Aisyah, U., Lestari , D., Nursyah, D. R., Hasan, M. A., & Akhmad Jufri. (2025). Mendesain Identitas, Mendorong Pertumbuhan UMKM:Inovasi Kemasan dan Penyuluhan Masyarakat Untuk Usaha Hidroponik Selada . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(3), 706–717. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i3.12048