Mendesain Identitas, Mendorong Pertumbuhan UMKM:Inovasi Kemasan dan Penyuluhan Masyarakat Untuk Usaha Hidroponik Selada
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i3.12048Diterbitkan:
2025-07-30Unduhan
Abstrak
Desa Banyumulek merupakan wilayah yang telah lama dikenal sebagai sentra produksi gerabah tradisional memiliki nilai budaya tinggi. Desa ini perlahan membuka diri terhadap masuknya inovasi di sektor bidang pertanian modern. Kopmas Farm sebagai objek pengabdian, sebagai media sosialiasi pertanian modern yaitu selada hidroponik dengan penguatan identitas produk dan strategi pemasaran. Meski produknya berkualitas, masih ditemukan kendala pada desain kemasan, branding, dan promosi digital. Kopmas Farm inovasi difokuskan pengembangan kemasan tertutup yang dirancang untuk menjaga kesegaran selada hidroponik, Kemasan ini dipilih karena lebih higienis, praktis, dan mampu menekan risiko pembusukan selama pengiriman.Pengabdian masyarakat dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat banyumulek yang sudah dan belum memiliki usaha pertanian hidroponik dan memberikan edukasi kepada petani selada hidroponik di kawasan NTB.Hasil inovasi digunakan saat promosi Hari Raya Idul Adha, berhasil meningkatkan penjualan 300 pcs serta menarik perhatian pasar lokal. Kegiatan penyuluhan disambut sangat baik oleh masyarakat desa banyumulek dengan antusiasme tinggi berbagai pihak yang berkontirubusi,partisipasi aktif, dan banyaknya pertanyaan seputar desain dan strategi promosi digital. Hasil monitoring 2 minggu pasca kegiatan dengan indikator yang ditentukan menunjukkan penyuluhan yang dilakukan berhasil.
Kata Kunci:
Inovasi Kemasan,Pemasaran,Penyuluhan masyarakatReferensi
Az Zahra, S., Hapsari, H., Arari, M., & Pardian, P. (2022). Marketing communication strategy conducted by Koltivare Hydroponic Farm Bekasi, West Java. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 6(2). https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/agrisocionomics/article/view/13670
Badan Bahasa. (2022). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Fitriani, D. (2021). Pengaruh Inovasi Kemasan terhadap Minat Beli Produk Agroindustri. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2331566
Jumini, S., Nisa, T. N., & Mawadah, A. (2021). Pendampingan Budidaya Potensi Lokal dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan di Era Pandemi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/download/1903/1222
Lorian, Y. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Olahan Sayuran Hidroponik Kangkung di UMKM Syifa Hidroponik, Medan Area [Universitas Medan Area]. https://repositori.uma.ac.id/jspui/handle/123456789/21734
Marina, I., Ramadan, N. S., & Fahrudin, M. (2023). Optimisasi Pasokan dalam Usaha Hidroponik di Titik Tanam Minimal. Jurnal Sosial Agribisnis. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/jsa/article/view/5165
Masithoh, F. N., Dewi, A. A., & Yani, Y. (2025). Green Empowerment: Integrasi Teknologi Hidroponik dan Nilai Lokal. Journal of Community Empowerment. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jce/article/view/31878
Mahadhika, R. I., Sulandjari, K., & Yusiana, E. (2024). Partial budget analysis and consumer response to hydroponic vegetable packaging innovation (Study at CV. Amatta Mulya Barizi). AGRITEPA: Jurnal Ilmu dan Teknologi Pertanian, 11(1), 99–114. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/agritepa/article/view/4647
Nashri, N. (2024). Pengaruh Marketing Mix terhadap Pembelian Konsumen Sayur Hidroponik [Universitas Islam Malang]. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9518
Nor Rohmah, D., Faza, N., Wulandari, S., & Nafis, Z. A. (2024). Optimizing the use of used materials for hydroponic growing media in community empowerment and environmental management efforts. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi, 3(1), 128–136. https://ukitoraja.id/index.php/semnas/article/view/441
Sari, F. A. (2023). Pemanfaatan Media Digital Torufarm sebagai Strategi Pemasaran Hasil Tani UMKM Lokal Kota Palu dalam Perspektif Ekonomi Islam [UIN DatokaramaPalu]. https://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/2531/
Setianingrum, A., & Huda, N. (2024). Pelatihan Pemasaran Sayur Hidroponik Berbasis Akad Syariah Bagi Kelompok Tani di Perkotaan. Solidaritas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/sjp/article/view/10759
Setiany, E., Utami, T. B., Rahayu, M., Adyani, R. T., Afriza, A., Sulaiman, S., … Putra, A. A. P. (2024). Entrepreneurial empowerment through hydroponic cultivation in South Meruya. International Conference on Community Development (ICCD), 7(1), 478–482. https://www.iccd.asia/ojs/index.php/iccd/article/view/726
Silviana, D., Pratiwi, A., Sari, N., Laila, N., & Bachtiar, M. (2020). Training on hydroponic cultivation of pakcoy vegetable wick system with utilization of plastic cup waste in Petunjungan Village. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment, 2(2), 19–22. https://journal.unnes.ac.id/sju/ijde/article/view/41041
Sutanto, D. (2020). Pertanian hidroponik untuk pemula: Panduan praktis bertanam sehat di lahan terbatas. Yogyakarta: AgroMedia.
Wibowo, R. S. (2024). Budidaya dan Analisis Usahatani Selada (Lactuca sativa L.) secara Hidroponik Sistem Semi NFT dan DFT [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/120396
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ulfi Aisyah, Dian Lestari , Dina , Moh. Albi Hasan, Akhmad Jufri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).


