Industri Kreatif Pengolahan Buah Nanas Menjadi Varian Keripik untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Lendang Nangka Utara

Penulis

Nurlatifa , Ainul Qusyairi , Baiq Usniati , Dina Aulia , Ely Aulia Safitri , Emil Ismaya , Ida Fauziah , Ira Madiana , Irfanul Furqan , Laelatul Fajri , Lalu Muhammad Maqbul Alghifari , Muhammad Zainul Majdi , Nur Gita Suciyati , Riki Azwari , Yusri , Yuliatin , Bagdawansyah Alqadri

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1210

Diterbitkan:

2021-12-11

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Industri Kreatif, Pengolahan Nanas, Varian Keripik .

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Nurlatifa, Ainul Qusyairi, Baiq Usniati, Dina Aulia, Ely Aulia Safitri, Emil Ismaya, … Bagdawansyah Alqadri. (2021). Industri Kreatif Pengolahan Buah Nanas Menjadi Varian Keripik untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Lendang Nangka Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 493–499. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1210

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Industri kreatif pengolahan buah nanas menjadi varian keripik merupakan suatu terobosan yang dilakuakan untuk memanfaatkan sumber daya alam berupa nanas yang melimpah di Desa Lendang Nagka Utara, Kecamatan Mabagik, Kabupaten Lombok Timur. Pengolahan buah nanas menjadi varian keripik ini dilakukan untuk memanfaatkan sumber daya alam yang melimpah dan juga sebagai langkah untuk meningkatkan ekomomi masyarakat setempat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberdayakan masyarakat yang ada di Desa Lendang Nangka Utara menajdi masyarakat yang berdaya saing berbasisi industri kreatif. Adapun tahapan dan metode dari kegiatan ini yaitu sosialisasi program (metode diskusi), pembentukan tim pengolahan (metode kolaboratif dan kooperatif) dan pelatihan (metode diskusi dan praktik). Hasil dari kegiatan berupa meningkatnya keterampilan masyarakat dalam pengolahan buah nanas menjadi varian keripik sehingga dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Referensi

Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Tanaman Buah-buahan dan Sayuran Tahunan Indonesia 2017. Badan Pusat Statistik: Jakarta.

Herlambang, Y. (2015). Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa. Tematik, 2 (1).

Hidayat, P. (2008). Teknologi Pemanfaatan Serat Daun Nanas Sebagai Alternatif Bahan Baku Tekstil. Teknoin, 13(2).

Lubis, R. R. B., Daryanto, A., Tambunana, M. R. Rachman, H. P. S. (2014). Analisis Efisiensi Teknis Produksi Nanas. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Agroekonomi. 32(2): 91-106.

Pangestu, M. E. (2007). Studi Industri Kreatif Indonesia 2007. Departemen Perdagangan Republik Indonesia.

RPJMDes.(2017). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Lendang Nangka Utara 2017-2023. Lendang Nangka Utara

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).