Workshop Bedah Instrumen Profil Belajar Siswa Edisi 2021 Bagi Guru di Sekolah Dasar Gugus 4 Kecamatan Masbagik Lombok Timur

Penulis

Lalu Hamdian Affandi , Husniati , Heri Hadi Saputra , Muhammad Makki

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1213

Diterbitkan:

2022-01-19

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pendidikan inklusif, identifikasi kebutuhan khusus siswa, Profil Belajar Siswa (PBS)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Lalu Hamdian Affandi, Husniati, Heri Hadi Saputra, & Muhammad Makki. (2022). Workshop Bedah Instrumen Profil Belajar Siswa Edisi 2021 Bagi Guru di Sekolah Dasar Gugus 4 Kecamatan Masbagik Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 288–294. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1213

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Implementasi pendidikan inklusif menghendaki hadirnya layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Langkah awal menyediakan layanan pendidikan yang sesuai adalah identifikasi jenis dan tingkat kebutuhan khusus siswa. Salah satu instrument yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah Profil Belajar Siswa (PBS). Sebagai barang baru, PBS adalah hal asing bagi guru. Untuk itu diperlukan langkah untuk memahamkan guru sebelum menggunakan PBS. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan bekal pemahaman kepada guru terkait mekanisme dan prosedur pengisian PBS. Kegiatan dilaksanakan dengan presentasi dan tanya jawab kepada guru di Gugus 4 Kecamatan Masbagik, Lombok Timur. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru belum memiliki pemahaman yang memadai untuk mengisi PBS dalam rangka mengidentifikasi kesulitan belajar dan kebutuhan khusus siswa. Hal ini terlihat dari berbagai pertanyaan yang terkait dengan pengisian PBS dan tindakan yang harus dilakukan setelah PBS selesai diisi. Berdasarkan hal itu, dapat disimpulkan bahwa dalam pengisian PBS, guru perlu didampingi sehingga informasi yang dihasilkan akurat, memadai untuk pengambilan keputusan, serta terhindar dari bias.

Referensi

Marzano, R.J., Marzano, J.S., and Pickering, D.J. 2003. Classroom Management That Works; Research-based Strategies for Every Teacher. Alexandria, VA; ASCD

Mujito, dkk, 2012. Pendidikan Inklusif. Jakarta; Baduose Media

Mitchell, D. 2008. What Really Works in Special and Inclusive Education. New York; Routledge

Rombot, olifia, S.Sos., M.Pd. 2017. Pendidikan Inklusi. Diakses dari https://pgsd.binus.ac.id/2017/04/10/pendidikan-inklusi/. (diunduh 23 oktober 2019).

Tiffany. 2017. 17 Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus. Diakses dari https://www.google.com/amp/s/dosenpsikologi.com/karakteristik-anak-berkebutuhan-khusus/amp. (diunduh19 oktober 2019).

Tilaar, H.A.R. 2002. Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta; Grasindo

Tilaar, H.A.R. 1999. Manajeman pendidikan Nasional. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).