Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Peneltian Tindakan Kelas

Penulis

Winarno

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1215

Diterbitkan:

2022-01-17

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Guru, PTK

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Winarno. (2022). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Peneltian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1215

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Mayoritas guru-guru mata pelajaran bahasa Inggris di SMP kota Tarakan mengalami kesulitan dalam menghasilkan karya tulis ilmiah seperti penelitian tindakan kelas (PTK). Karya tulis ilmiah merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh guru ketika guru tersebut hendak mengajukan kenaikan pangkat seperti dari golongan IV/a ke IV/b. Tujuan pengabdian ini adalah agar guru-guru mata pelajaan bahasa Inggris di kota Tarakan mempunyai kompetensi mengembangkan proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan workshop ini memberikan manfaat bagi guru dalam mengatasi pemasalahan dalam menyusun proposal karya tulis ilmiah (PTK) yang dapat digunakan untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat dan meningkatnya professionalme guru. Subjek pengabdian ini adalah guru-guru mata pelajaran bahasa Inggris di Kota Tarakan yang tergabung dalam Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMP di kota Tarakan. Workshop PTK dilaksanakan 3 hari di ruang pertemuan di SMP Negeri Tarakan. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pelatihan dan bimbingan. Guru-guru dilatih dan dibimbing menyusun proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari kegiatan ini adalah peserta workshop PTK mempunyai kompetensi dalam menyusun proposal PTK. Bahkan terdapat peserta yang telah menyelesaikan draft proposal PTK.  Setelah selesai kegiatan dilakukan evaluasi. Kegiatan pelatihan terlaksana sesuai rencana.  

Referensi

Arikuntodkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Depdiknas. 2001. Petunjuk praktis pengembangan profesi bagi jabatan fungsional guru.

Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun2007. Standar Kualifikasi Akademik

dan Kompetensi Guru. Jakarta: Ditjen Dikdasmen

Sanjaya, Wina.2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta : Kencana

Prenada Media.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).