Pemetaan Potensi Wisata Desa Gelanggang Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur
DOI:
10.29303/jpmpi.v5i1.1216Diterbitkan:
2022-01-25Terbitan:
Vol 5 No 1 (2022): Januari - MaretKata Kunci:
KKN Tematik; Desa Gelanggang; Wisata Pedesaan; UNW MataramArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pandemi Covid 19 memberikan dampak yang sangat memprihatinkan bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama dalam bidang perekonomian. Salah satu upaya untuk bangkit dan memperbaiki kondisi tersebut adalah melalui pengembangan sektor pariwisata. Desa Gelanggang Kecamatan Sakra Timur merupakan salah satu Desa di kabupen Lombok Timur yang memiliki potensi untuk di kembangkan menjadi destinasi wisata pedesaan di provinsi Nusa Tenggara Barat. Adapun tahapan awal untuk pengembangan destinasi wisata pedesaan adalah dengan melakukan pemetaan potensi wisata. Kegiatan pemetaan ini dilaksanakan oleh tim kuliah kerja nyata (KKN) Tematik Universitas Nahdlatul Wathan Mataram bekerjasama dengan Pokdarwis Desa Gelanggang selama 45 lima hari. Berdasarkan hasil pemetaan potensi wisata tersebut, ditemukan beberapa lokus wisata yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata pedesaan yakni Sungai Gelanggang dan Sawah, Situs Bersejarah Sombe, Kelompok Seni, serta Pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat.
Referensi
Hadi, ...., Permata, ...., & Tarmizi, .... (2019). THE PRACTICE OF EDUCATION TOURISM: A CASE OF BERUGA’ ALAM INSTITUTE. International Journal Of Applied Sciences In Tourism And Events, 3(2), 210-220. doi:10.31940/ijaste.v3i2.1492
Sharma, A. (2015) Educational Tourism: Strategy for Sustainable Tourism Development with reference of Hadauti and Shekhawati Regions of Rajasthan ,India. Journal of Knowledge Management, Economics and Information Technology. Vol.5, Issue 4 September 2015. Pp.1-17
Parwata, I. W., Antarini, L., & Astara, W. (2021). Re-Desain Edu-Tourism â€Kampung Petualang†di Desa Singapadu Tengah, Kabupaten Gianyar, Bali. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 161-181. https://doi.org/10.29062/engagement.v5i1.701
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).