Peninjauan Dokumen Mutu Pascasarjana Unram untuk Menunjang Penguatan SPMI dan SPME

Penulis

Joni Rokhmat , Wildan , Taslim Sjah , Ulpah , Lulu Il Muntaz

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1219

Diterbitkan:

2022-01-17

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Dokumen mutu, standar pelampauan SN-DIKTI, standar pelaksanaan MBKM, Pascasarjana Universitas Mataram

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Joni Rokhmat, Wildan, Taslim Sjah, Ulpah, & Lulu Il Muntaz. (2022). Peninjauan Dokumen Mutu Pascasarjana Unram untuk Menunjang Penguatan SPMI dan SPME. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 13–17. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1219

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kualitas dokumen mutu merupakan unsur vital dalam penguatan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) maupun eksternal (SPME). Tujuan pengabdian ini melakukan peninjauan dokumen mutu Pascasarjana Universitas Mataram meliputi dokumen kebijakan, manual, standar, dan formulism utu. Metode pelaksanaan mengadakan workshop pembahasan dokumen mutu dengan melibatkan pemangku kepentingan yang terdiri dari unsur pimpinan Pascasarjana Unram, beserta staf, program sudi di lingkungan Pascasarjana, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP), serta berbagai lembaga eksternal Unram yang memiliki hubungan kerjasama dalam pengembangan pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa dokumen mutu yang ada sekarang dengan penetapan tahun 2018 harus dilakukan perbaikan mencakup beberapa hal berikut: 1) perlu menambahkan standar pelampauan di luar delapan standar yang ditetapkan Dikti, 2) perlu menambahkan standar penyelenggarakan MBKM, serta 3) merevisi beberapa konten yang sudah ada seiring dengan dinamika pendidikan yang terus berkembang. Direkomendasikan agar segera dilakukan revisi dokumen mutu yang ada dengan memperhatikan berbagai masukan dari seluruh peserta workshop.

Referensi

Husein, M. F., 2021. PENTINGNYA OUTCOME BASED EDUCATION DALAM AKREDITASI/ SERTIFIKASI INTERNASIONAL. PPT presentasi sosialisasi akreditasi/sertifikasi AUN-QA.

No name, 2021. Outcome Based Education System. Diakses tanggal 30 April 2021 melalui URL: https://www.bing.com/search?q=outcome+based+education+obe&cvid=2a5d477a46e14252b6e462d1268f2fe2&aqs=edge.1.0l7.11816j0j4&FORM=ANAB01&PC=U531

Sasongko, Dwiwahju, 2019. Akreditasi Program Studi, Pedoman Penilaian. Jakarta: BAN-PT, Majelis Akreditasi

Sunarpi, 2016. Rencana Induk Penelitian (RIP) Universitas Mataram Tahun 2016-2020. Mataram: Unram Press.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).