Pelatihan Bahasa Pemograman Python Berbasis Modul Sympy Untuk Memvisualisasi Konsep Fisika Matematika Bagi Mahasiswa Calon Guru

Penulis

Jannatin Ardhuha , I Wayan Sudiarta , Lalu Rudyat Telly Savalas , Ap’aluddin , Thufail Mujaddid Al-Qoyim , Putri Julia Maemum , Mega Safana , Ahmad Fadli , Nurjamilah , Muhamad Hendri Diarta , Chorina Ika Ristanti , Nanda Nabila Maharani , Siti Nurkhaliza , Ulfa Dwiyanti

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1238

Diterbitkan:

2021-12-18

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

bahasa pemograman python, modul sympy, Fisika Matematika

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ardhuha, J., I Wayan Sudiarta, Lalu Rudyat Telly Savalas, Ap’aluddin, Thufail Mujaddid Al-Qoyim, Putri Julia Maemum, … Ulfa Dwiyanti. (2021). Pelatihan Bahasa Pemograman Python Berbasis Modul Sympy Untuk Memvisualisasi Konsep Fisika Matematika Bagi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 466–473. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1238

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kemampuan dasar pemrograman dirasakan semakin penting dalam era yang berubah sangat cepat ini. Penguasaan bahasa pemrograman tidak hanya penting bagi pegiat ilmu informatika dan teknologi komputer, tetapi juga menjadi esensial bagi mahasiswa sains, pendidikan sains dan calon guru sains. Untuk itu, telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan bahasa pemrograman python berbasis modul sympy bagi mahasiswa calon guru pendidikan sains. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa calon guru agar memiliki pengetahuan dasar mengenai bahasa pemograman python berbasis modul sympy, terampil dalam membuat program untuk menvisualisasikan konsep Fisika Matematika dan mengembangkan keterampilan tersebut untuk dapat menunjang pemahaman dan penguasan konsep Fisika lainnya. Kegiatan pelatihan yang dilakukan meliputi pengenalan python, instalasi program python- jupyter dan sympy, penggunaan skrip dan modul, pengenalan google colab, dan aplikasi pyhton berbasis modul sympy untuk visualisasi konsep Fisika Matematika. Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama dua hari mendapat tanggapan yang baik dari peserta. Sebanyak 95,5% peserta menilai materi pelatihan sangat relevan dan sesuai dengan harapan mengikuti pelatihan tersebut. Selain itu, kegiatan diskusi dan tanya jawab pada akhir kegiatan turut membantu peserta memahami materi dengan lebih baik. Secara khusus, peserta dari kalangan mahasiswa mendapatkan gambaran mengenai penyelesaian persoalan Fisika Matematika dengan mudah dan cepat ketika menggunakan program python berbasis modul sympy. Dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dirasakan secara nyata manfaatnya oleh mahasiswa calon guru, sehingga di masa mendatang kegiatan serupa dapat dikembangkan dengan materi yang lebih kaya dan bersifat multidisiplin.

Referensi

Andrew A., D., 2021. Introducing Python Programming into Undergraduate Biology. The American Biology Teacher, Vol. 83, Issue 1, hal. 33–41.

Bruce, L., S., 2001. How Students Understand Physics Equations. Cognitive Instruction, Vol. 19, Issue 4, hal. 479–541.

Dewi, H., M., 2019. The Effect of Task-Based Collaborative Learning on Students’ Mathematical Physics Learning Outcomes at Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 7, No.2, hal. 140-150.

Dwi F., S., Syarifah F., dan Wahyudi, 2016. Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 2 No. 2, hal. 7-13, Desember 2016.

Essi, L., Kirsti A., Hannu-Matti J., 2005. A Study of The Difficulties of Novice Programmers. Proceeding Proceedings of the 10th Annual SIGCSE Conference on Innovation and Technology in Computer Science Education (ITiCSE '05), June 2005, hal. 14-18. Caparica Portugal 27 – 29 Juni 2005.

Gesche, P., BatSheva, E., Esther, B., Yaron, L., dan Marie-Annette, G., 2015. The role of Mathematics for Physics Teaching and Understanding. Il Nuovo Cimento, Vol. 38, Issue 3, May-June, hal. 1- 10.

I Wayan, G., Joni, R., Hikmawati, dan Kesipudin, 2017. Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Fisika Matematika II Pokok Bahasan Persamaaan Diferensial Untuk Meningkatkan Penalaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. 3 No.2, Desember 2017.

I Wayan, S., 2019. Metode Numerik. Edisi pertama, Arga Puji Press, Mataram.

Jacco, H., 2012. Goodbye Matlab! Hello Python!; Changing the Programming Language in Our Curriculum. Leonardo Times, 16 (June) 2012, hal. 24-25. Society for Aerospace Engineering Students VSV Leonardo da Vinci.

Kalyani, A., 2017. Python Programming-Applications and Future. International Journal of Advance Engineering and Research Development, Special Issue SIEICON-2017, Vol. 4, Issue 04, hal. 1-4, April 2017.

Biografi Penulis

Jannatin Ardhuha, University of Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).