Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Mengabdi : Program Himafis Mengajar di Dusun Tojong-Ojong Sombek Desa Selebung Lombok Tengah
DOI:
10.29303/jpmpi.v4i4.1247Diterbitkan:
2021-12-18Terbitan:
Vol 4 No 4 (2021)Kata Kunci:
Himafis Teaching Program, Physics EducationArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
This activity aims to increase children's learning motivation during the pandemic through the play learning method. In addition, the Physics Education Student Association also carries out social activities such as community service and learning the Koran which is carried out at several points such as the Babussalam mosque which is located in the Tojong-Ojong Sombek hamlet, Selebung Village. This activity also aims to analyze the potential of play learning methods in increasing children's interest in learning in the midst of a pandemic and provide training on physics concepts in water rocket games.
Referensi
Cahyono, H. 2019. Peran Mahasiswa Di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi. (1), 1. 2686-6315: file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Temp/34-Article%20Text-40-1-10-20191218.pdf
Dolo, F. X., Kua, MY.,Nggia, SG., Pare, PJD., Jaghung, FP. 2021. Pendampingan Belajar Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Smart Solution Bagi Siswa Smp Di Desa Ratogesa. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti. (2). 2. 2721-9178: https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i2.400
Gunada, I. W., Sutrio, Wahyudi, Verawati, Busyairi, A. 2021. Pendampingan Kerja Praktik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA Bagi Guru Guru SD Di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. (4), 4. 340-341: https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/1137/830
Jannah, N. R., & Pratiwi, E. 2021. Pendampingan Kegiatan Belajar Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Siswa pada Era Covid-19. Bulletin of Community Engagement. (2), 1. 2774-7077: https://attractivejournal.com/index.php/bce/article/download/232/166
Lian, B. 2019. Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 03 Mei 2019: file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Temp/2965-4891-1-PB.pdf diakses 2 Desember 2021.
Pitriana, P., Agustina, RD., Zakwandi,R., Ijharudin, M., Kurniawan, DT. 2018. Fun Science: Roket Air Sebagai Media Edu-Sains untuk Meningkatkan Motivasi Belaj ar Peserta Didik Sekolah Dasar. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah). (2), 1. 2549-9076: https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.143.
Saleh, S. M., & Sugito.2015. Implementasi Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Barunawati. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. (2),1, 85-93: https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4845
Syarif, A., & Elihami, E. 2020. Pengadaan Taman Baca Dan Perpustakaan Keliling Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. Maspul Journal Of Community Empowerment. (1), 1. 2716-4225: https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/download/548/333
Widayati, J., R., Safrina, R., & Supriyati, Y. 2021. Alat Permainan Edukatif: Analisis Perkembangan Literasi Sains Anak Usia Dini. (5) 1, 654-664: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Wibawa, S. 2017. Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Ristek Dikti. Yogyakarta, 29 Maret 2017: https://unindra.ac.id/assets/uploads/file-80.pdf
Wulandari, A., Hartawan, A., Syakir, M., Nursafitri, Natasya, N., Suwardi, RS., Paisal, S. 2021. Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi dengan Mengadakan Pembimbingan Kelas Belajar Anak Kelurahan Teppo Kecamatan Patampanua. Jurnal Lepa-lepa Open. (1), 2. 2776-4176: file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Temp/17322-55479-1-PB.pdf
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).