Sosialisasi Pemahaman Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Dan Rajin) di Pt Narmada

Penulis

Aini , Made Sriasih

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1252

Diterbitkan:

2021-12-25

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Pemahaman 5R, Budaya 5R, Ringkas, Rapi . Resik, Rawat , Rajin

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Aini, & Made Sriasih. (2021). Sosialisasi Pemahaman Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Dan Rajin) di Pt Narmada. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 519–523. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1252

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kemajuan dunia industri  menuntut pekerjaan agar dapat dilakukan lebih mudah  cepat dan  efisien.  Satu  prinsip yang harus dibangun untuk mencapai tujuan tersebut  adalah memananamkan budaya kerja. Budaya kerja yang banyak diaplikasikan di dunia yaitu 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin). Budaya kerja /Sistem  5R menjadi sangat perlu untuk menghindari ketidakteraturan penempatan tools dan sarana lain di tempat kerja, khususnya industri. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pengetahuan 5R terhadap seluruh karyawan di PT Narmada. PT Narmada merupakan salah satu industri   menengah di provinsi Nusa Tengara Barat (NTB)   yang bergerak dalam bidang produksi. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi dengan partisipan sejumlah 484 orang karyawan. Indikator keberhasilan dari kegiatan ini adalah evaluasi yang diberikan sebelum sosialisasi dalam bentuk pretest dan setelah sosialisasi dalam bentuk post test. Indikator pemahaman digunakan nilai post test minimal 60. Hasil evaluasi post test diketahui bahwa sebaran soliasisasi adalah 100 % karyawan sudah memperoleh sosialisasi dan berdasarkan nilai post test   diperoleh pemahaman adalah 90 % dengan nilai diatas 60. Hasil evaluasi bahwa dari 484 karyawan yang mengikuti sosialisasi tingkat pengetahuan dan pemahaman karyawan terhadap program 5R meningkat sebesar 70% dari 20% ke 90%.

Referensi

Bangun, Wilson. 2012. “Budaya Organisasi: Dampaknya Pada Peningkatan Daya Saing Perusahaan.†Jurnal Manajemen Maranatha 8(1):38–49.

Elyanti, NOVA. 2017. “DETERMINAN PERILAKU 5R (RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN) PADA PERAWAT KELAS III DI RSUD PASAR REBO JAKARTA.†Occupational Medicine 53(4):130.

Fabio De Felice, Antonella Petrillo, Stanislao Monfreda. 2015. “It Is Our ‘ Continuous Improvement System ’ Founded in TPM What Is World Class Manufacturing ? WCM Is a Mindset Based on a Continuous.â€

Iswara, Wiwin, Ansyori Gunawan, and Dalifa Dalifa. 2018. “Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Bengkulu Terhadap Hasil Belajar Siswa.†Jurnal PGSD 11(1):1–7. doi: 10.33369/pgsd.11.1.1-7.

Kartika, Hayu, and Tri Hastuti. 2011. “Analisa Pengaruh Sikap Kerja 5S Dan Faktor Penghambat Penerapan 5S Terhadap Efektivitas Kerja Departemen Produksi Di Perusahaan Sepatu.†Jakarta: Jurnal Ilmiah PASTI V(1):47–54.

Meylani, Vita, and Suharsono Suharsono. 2019. “Pengaruh Pre Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Materi Praktikum Pewarnaan Gram Mata Kuliah Mirobiologi.†Bioedusiana 4(2):103–8. doi: 10.34289/277890.

Nusannas, Iman Sidik. 2016. “Implementasi Konsep Budaya 5R ( Ringkas , Rapi , Resik , Rawat Dan Rajin ).†Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 4(1):93–106.

Nusannas, Iman Sidik. 2018. “Implementasi Konsep Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat Dan Rajin) Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan Dari Sisi Non Keuangan.†Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 3(2):93–106. doi: 10.34308/eqien.v3i2.31.

Rachmawati, Siti, Seviana Rinawati, Iwan Suryadi, and Maria Paskanita. 2018. “Implementation of Cultural 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat & Rajin) With Sni Iso 22000: 2009 Approach and Assessment in Pt.Y Surakarta.†Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health 2(2):132. doi: 10.21111/jihoh.v2i2.1884.

Rochmanto, Dhani Pura. 2015. “Penerapan Ringkas, Rapi, Resik, Rawat Dan Rajin (5R) Dalam Upaya Pengendalian Kebakaran Di Unit Produksi 2 PT. Kutai Timber Indonesia (KTI).†Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa 21–139.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).