Pengelolaan Sampah Melalui Pendidikan Kesadaran Bersih Lingkungan Sebagai Strategi Mitigasi Bencana di Desa Seriwe

Penulis

Aftina Rabbani , Annisa Sabrina , Arfaigah , Ayu Larasati , Dita Kusnulyaningsih , Qanita Handayani6

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1286

Diterbitkan:

2022-02-05

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pengelolaan Sampah, TPS 3R, Biogas

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Aftina Rabbani, Annisa Sabrina, Arfaigah, Ayu Larasati, Dita Kusnulyaningsih, & Qanita Handayani6. (2022). Pengelolaan Sampah Melalui Pendidikan Kesadaran Bersih Lingkungan Sebagai Strategi Mitigasi Bencana di Desa Seriwe . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 51–57. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1286

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penumpukan sampah secara terus-menerus akan menyebabkan pencemaran yang akan memberi dampak buruk bagi lingkungan serta kehidupan manusia disekitarnya. Pelaksanaan Sosialisasi Pendidikan Kesadaran sampah diperlukan untuk  meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan agar dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman serta dapat menghindari akan terjadinya kerugian-kerugian akibat lingkungan yang kotor di masa mendatang. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan sosialisasi ini adalah metode    penyuluhan, Diskusi dan Aksi Lapangan . Umumnya masyarakat belum memahami cara mengelola sampah dengan baik, namun dengan adanya Sosialisasi tersebut masyarakat lebih memahami alternatif pengelolaan sampah, penyediaan bank sampah, dan pemilahan jenis sampah yang dapat mengurangi dampak bencana yang ditimpulkan karena faktor sampah sehingga masyarakat merespon positif dengan dilaksanakannya kegiatan ini. Sehingga kegiatan ini bermanfaat menambah pengetahuan masyarakat serta membentuk lembaga koordinasi untuk keberlanjutan program Pengelolaan Sampah di Desa Seriwe, Jerowaru Lombok Timur.

Referensi

Annur, S., Kusmasari, W., Wulandari, R., & Sumiati, S. (2020). Pengembangan Biogas dari Sampah untuk Energi Listrik dan Bahan Bakar Kompor di TPA Cilowong, Kota Serang, Banten. KUAT: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(1), 48-51.

Aris Doyan, Fitri Amelia Putri, Serly Surjan Ekayanti,& Vandesty Harummiswari H. (2019). Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Bank Sampah di Desa Montong Baan Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Penabdian Mgister Pendidikan IPA, (1) 2, 50-54.

Gelbert M, Prihanto D, Suprihatin A, (1996) Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup dan “Wall Chart†. Buku Panduan Pendidikan Lingkungan Hidup, PPPGT/VEDC, Malang

Immy Suci Rohyani, Komang Satria Wirawan Rusady, Muhammad Hafizzudin, Dania Juliani, Ni Wayan Yusvika Yanti, Baiq Karina Permatasari, Ratih Ratna Putri, Luthfiana Safhira Avanda, Fatma Hardianti Sangian, Ni Luh Wulan Sri Apsari, Ni Kadek Sri Wulandari, Wanda Yuliandini, Elinda Sari, Dita Dwi Angraeni, Iin Marya Rizka, & Baiq Mia Rosdiana. (2021). Pelatihan Pengolahan Sampah berbasis Masyarakat Sebagai Alternatif Penanganan Limbah di Desa Penimbung. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 410-414.

Kuswardini, S., & Suprapto, R. A. (2018). Pengelolaan sampah kawasan sungai bengawan solo. In Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat. (vol. 1, no. 1, pp. 289–294). Yogyakarta: UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta.

Mertha, I. G., Rizkiawan, H., Satriadi, A., & Waskito, P. S. (2020). Sosialisasi Pennanggulangan Sampah Melalui Pendekatan Zero Waste di awasan Wisata Savana Propok Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1).

Purnomo, C.W. (2020). Solusi Pengelolaan Sampah Kota. D.I. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

S. Hadiwiyoto (1983). Penanganan dan Pemanfaatan Sampah, Jakarta: Yayasan Idayu

Simanungkalit, R. D. M., Suriadikarta, D. A., Saraswati, R., Setyorini, D., & Hartatik, W. (2006). Pupuk organik dan pupuk hayati.

Tuslaela, T. (2017). KAJIAN PENERAPAN E-PROCUREMENT DENGAN METODE KUALITATIF DESKRIPTIF KOMPARATIF PADA PT. PEMBANGUNAN JAYA ANCOL TBK. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 4(2).

Wacano, D., Rif’an, A. A., Yuniastuti, E., Daulay, R. W., & Marfai, M. A. (2013). Adaptasi masyarakat pesisir Kabupaten Demak dalam menghadapi perubahan iklim dan bencana wilayah kepesisiran. Yogyakarta: Percetakan Kanisius Yogyakarta September.

Yana, L. F., Husin, A., & Hakim, I. A. (2019). Kebiasaan hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di kampung 1 Desa Muara Beliti Baru Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 6(1), 45–56.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).