Optimalisasi Potensi Ekowisata Hutan Mangrove di Desa Pare Mas, Kecamatan Jerowaru

Penulis

Arum Dwi Setianingsih , Amir Linda Tyas Hartatik , Lalu Riki Gita Sukma , Muh. Zubair , Dian Setiawati , Putri Devi Fitriati , Ni Kadek Mardani Puspayanti

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1316

Diterbitkan:

2022-02-07

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pariwisata, Mangrove, Desa Pare Mas

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Arum Dwi Setianingsih, Amir Linda Tyas Hartatik, Lalu Riki Gita Sukma, Muh. Zubair, Dian Setiawati, Putri Devi Fitriati, & Ni Kadek Mardani Puspayanti. (2022). Optimalisasi Potensi Ekowisata Hutan Mangrove di Desa Pare Mas, Kecamatan Jerowaru. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 88–96. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1316

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Potensi ekowisata hutan mangrove yang ada di Desa Pare Mas, Kecamatan Jerowaru hingga saat ini masih belum dapat dioptimalkan dengan baik. Hal ini berdasarkan observasi yang telah dilakukan, yang mana permasalahannya adalah belum adanya sumber daya manusia yang terorganisir secara khusus ditempatkan untuk mengelola hutan mangrove dikarenakan sedikitnya penduduk yang ada di Desa Pare Mas serta jarak rumah warga yang terlalu jauh. Dalam artikel ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari optimalisasi potensi ekowisata hutan mangrove di Desa Pare Mas yang telah diprogramkan diantaranya adalah Pembuatan Spot Foto, Festival Balap Sampan Mini, Penunjang Kebersihan Area Wisata yang meliputi Pengecatan Bak Sampah, Pembuatan Plang Kebersihan, Pembersihan Area Wisata dan Pantai, serta Promosi Wisata. Seluruh program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat meningkatkan potensi sektor pariwisata yaitu Ekowisata Hutan Mangrove di Desa Pare Mas.

Referensi

Rahim Sukiman., Dewi Wahyuni K. Baderan. 2017. Hutan Mangrove dan Pemanfaatnya. Deepublish. Yogyakarta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

I Made Wirartha. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).