Pemetaan Jalur Evakuasi dan Titik Kumpul dalam Upaya Mewujudkan Desa Pijot Yang Tanggap Bencana

Penulis

Siti Maryam Ulfa Ulfa , Dipo Ario Kusuma , Arni Emiza Febrianti , Rosiatul Ismi , Siti Nuriah , Nurul Zainiyah , Rina Nuranjanisa , Soraya Rosanti , Ni Komang Eva Yuniasih , Tiara Hesti Amanda , Mila Andara , Lalu Sumardi

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1319

Diterbitkan:

2022-02-07

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Bencana, Mitigasi, Jalur Evakuasi, Titik Kumpul

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ulfa, S. M. U., Dipo Ario Kusuma, Arni Emiza Febrianti, Rosiatul Ismi, Siti Nuriah, Nurul Zainiyah, … Lalu Sumardi. (2022). Pemetaan Jalur Evakuasi dan Titik Kumpul dalam Upaya Mewujudkan Desa Pijot Yang Tanggap Bencana. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 99–103. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1319

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Bencana merupakan suatu peristiwa atau rangkaian kejadian yang mengakibatkan penderitaan manusia, kerugian harta benda, kerusakan lingkungan, sarana dan prasarana serta dapat menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan dan penghidupan masyarakat. Desa Pijot merupakan salah satu daerah yang berada di pesisir pantai pulau Lombok dengan tinggi tempat dari permukaan laut sebesar 500 mdpl dan tingkat curah hujan 491 mm, membuat daerah ini seringkali terdampak bencana. Hal ini tentu menjadi suatu hal yang seharusnya patut diwaspadai, mengingat bencana sewaktu-waktu bisa saja terjadi, sehingga perlu adanya mitigasi bencana, yaitu visualisasi/pemetaan jalur evakuasi bencana. Tujuan yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini yaitu adanya jalur evakuasi, yang dikhususkan untuk bencana banjir rob, gempa dan tsunami, serta diharapkan jalur evakuasi menjadi sarana terbaik yang bisa memudahkan masyarakat dalam mengevakuasi diri saat terjadi bencana.

Referensi

Hastuti. 2016. Peran Perempuan dalam Menghadapi Bencana di Indonesia. Geomedia, 14 (2).

Sudibyakto. 2011. Manajemen Bencana di Indonesia ke Mana?. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

RPJMDes. 2021. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Pijot.

Santoso, Didik., M. Yamin., dan Muh. Mahrus. 2019. Penyuluhan tentang Mitigasi Bencana Tsunami berbasis Hutan Mangrove di Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1 (2).

Biografi Penulis

Siti Maryam Ulfa Ulfa, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).