Pemanfaatan Media Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak dan Lansia Perempuan Melalui Focus Group Discussion Di Desa Baka Jaya
DOI:
10.29303/jpmpi.v5i1.1335Diterbitkan:
2022-02-17Terbitan:
Vol 5 No 1 (2022): Januari - MaretKata Kunci:
Minat Belajar, Focus Group Discussion, Media Visual, Desa Baka JayaArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Desa Baka Jaya adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat. Posisinya cukup strategis karena merupakan jalur provinsi. Masyarakat di desa Baka Jaya teridri dari kalangan anak-anak dan lansia perempuan yang dominan masih kurang minatnya dalam belajar sehingga kebanyakan dari mereka masih ada yang buta huruf dan buta aksara. Dari pengamatan dilapangan, masih terdapat sejumlah anak-anak dan lansia perempuan yang tidak bisa membaca, menulis dan mengenal huruf Al-Qur’an maupun menghitung. Hal ini yang perlu mendapat sorotan dan perhatian dari mahasiswa KKN terpadu Universitas Mataram untuk segera memberi solusi yaitu solusi di bidang pendidikan. Sasaran implementasi pengajaran dengan model Focus Group Discussion dalam meningkatkan minat belajar, baca, tulis dan berhitung di desa Baka Jaya Kecamatan Woja Kabupaten Dompu ini adalah anak-ank usia dini serta Lansia Perempuan yang putus sekolah. Tujuannya untuk meningkatkan minat belajar anak dan lansia permpuan karena kebanyakan masyarakat masih sangat minim minat belajarnya. Metode pelaksanaan kegiatan adalah pengajaran dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah telah terbentuk sekumpulan masyarakat, kelompok anak-anak dan lansia perempuan yang sudah terlatih, terampil dan minat belajarnya sudah meningkat. Hal ini dapat terlihat dari rajinnya mereka dalam mengikuti setiap kegiatan dan selalu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan instruktur
Referensi
Bintaro, T. Y. (2018). Penerapan Pembelajaran The Power of Two Untuk Meningkatkan Minat pada Mata Pelajaran Matematika. SAIN SOSIAL DAN HUMANIORA, 2(1), 145–157.
Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(November), 171–182.
Fitria, A. (2014). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM. Cakrawala Dini, 5(2), 57–62.
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Gumulya, D., Adiputra, R., Pengajar, S., Produk, D., & Harapan, U. P. (2018). KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT : Perancangan Sarana Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Sekolah Cahaya Al-fuqron, Desa Gunung Sari, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tanggerang. 15(1), 63–78.
Hadi, M. J., & Junaidi, M. (2020). Prinsip dan Langkah-langkah Penerapan Focus Group Discussion Untuk Meningkatkan Keterampilan. Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 5(2003), 126–134.
Lestari, I. (2014). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar. Jurnal Formatif, 3(2), 115–125.
Munawaroh, S. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif ( cooperative learning ) Dalam Strategi Belajar Mengajar Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 2, 100–116.
Nurfiyani, N. T., Sopyan, A., & Hardyanto, W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division ( STAD ) Berbantu Media Animasi. Unnes Physics Education Journal, 5(3).
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087
Rahmah., Fithri, R., & Sintya, D. (2020). Pembelajaran Iqro Bagi Ibu Majlis Ta’lim. Dedication Journal, 1(1), 27–32.
Rosada, U. D. (2016). Memperkuat Karakter Anak Melalui Dongeng Berbasis Media Visual. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 04(1), 42–49.
Shalikhah, N. D., Primadewi, A., & Iman, M. S. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. WARTA LPM, 20(1), 9–16. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2583
Turmuzi, M., Dasing, A. S. H., Baidowi., & Junaidi. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Secara Online ( E-Learning ) Selama Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 900–910. https://doi.org/: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.482
Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2484–2498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881
Waluyati, M. (2020). Penerapan Fokus Group Discussian ( FGD ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. 8(1), 80–91.
Widiyati. (2019). Focus Group Discussion ( FGD ) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kompetensi Ketenagakerjaan Pe- serta Didik di SMP N 7 Purworejo. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 146–153.
Wulan, R., Saputra, E., & Haries, A. (2018). Pengembangan Metode Cepat Membaca Huruf Hijaiyah Berbasis Multimedia Dalam Rangka Pemberantasan Buta Huruf Pada Lansia. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), 48–54.
Wuryastuti, S. (2008). Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(April), 2. http://103.23.244.11/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_9-April_2008/Inovasi_Pembelajaran_IPA_di_Sekolah_Dasar.pdf
Yusmiono, B. A. (2018). MEDIA Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1–8.
Biografi Penulis
Muhammad Turmuzi, Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
Erma Zuriatun, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram
Sabrina Oktarini, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram
Firmansyah, Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Mataram
Mislan, Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Mataram
Nurul Wahdaniah, Program Studi Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).