pelatihan Pelatihan Pembuatan Pie Pisang Sebagai Makanan Khas di Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang

Pelatihan Pembuatan Pie Pisang Sebagai Makanan Khas di Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang

Penulis

suci ristiyana , Ahmad Ilham Tanzil , Tri Wahyu Saputra , Ika Purnamasari

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1339

Diterbitkan:

2022-02-18

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

pisang, Mas Kirana, pie pisang

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

ristiyana, suci, Ahmad Ilham Tanzil, Tri Wahyu Saputra, & Ika Purnamasari. (2022). pelatihan Pelatihan Pembuatan Pie Pisang Sebagai Makanan Khas di Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang: Pelatihan Pembuatan Pie Pisang Sebagai Makanan Khas di Desa Kandangtepus Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 169–172. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1339

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Kandangtepus merupakan wilayah yang mayoritas masyarakatnya menanam pisang kirana, serta pemasarannya yang sudah menembus pasar ekspor. Desa Kandangtepus menghasilkan pisang yang terkenal yaitu pisang Mas Kirana. Namun di daerah tersebut belum memiliki pengolahan makanan khas dari dasar buah pisang yang bisa meningkatkan harga dari pisang Kirana di masa depan selain sebagai komoditas ekspor. Karena itu maka pengabdian ini kami memilih kegiatan pelatihan pembuatan pie pisang yang diharapkan nantinya bisa menjadi suatu makanan khas di daerah Kandangtepus dan bisa dikenal ke masyarakat luas diluar Lumajang. Pie pisang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia salah satunya untuk pencernaan, selain itu kandungan gizi yang terkandung di dalam pie pisang / 50 gr adalah sebagai berikut : kalori 158 kkal, lemak 8,05 gr, protein 1,5 gr, karbohidrat 21,3 gr, serat 1,3 gr, gula 10,7 gr, sodium 187 mg, kalium 32 mg, kolesterol 0 mg. Diharapkan dengan pembuatan pie pisang masyarakat lebih kreatif dan memiliki ketrampilan lebih sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di desa tersebut

Referensi

Badan Pusat Statistika Kabupaten Lumajang, 2017. Kecamatan Senduro Dalam Angka, Katalog BPS 35080.1722. BPS Kabupaten Lumajang: Lumajang.

Komaryati dan Adi,S. 2012. Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Tingkat Adopsi Teknologi Budidaya Pisang Kepok (Musa paradisiaca) di Desa Sungai Kunyit Laut Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Pontianak. J. Iprekas : 53-61.

Kusumo, S., R.E. Nasution, H. Sunarjono, F.A. Bahar, dan S. Pratikno. 1996. Koleksi, konservasi dan evaluasi plasma nutfah pisang. Laporan Hasil Penelitian RUTI. Proyek Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Serpong. hal 40.

Solicha, Zumrotun. 2011. Pisang Mas Kirana Dapat Kurangi Stress. Diakses dari https://jatim.antaranews.compada . Diakses tanggal 11 November 2011.

Frannoto, 2011. Sang Primadona dari Lumajang. http://www.eastjavatraveler. com. Diakses tanggal 31 Desember 2014.

Nawangsih. 2018. Analisis Potensi Daya Saing Pemasaran Produk Unggulan Pisang Mas Kirana. STIE Widya Gama : Lumajang.

Biografi Penulis

suci ristiyana, universitas Jember

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).