Pembentukan Karakter Demokratis Melalui Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bima

Penulis

Mahardin , Ahmad Fauzan , Muliati , Nurmawadah Rahmah

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1342

Diterbitkan:

2022-02-08

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Karakter Demokratis, Metode Pembelajaran Number Head Together (NHT)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mahardin, Ahmad Fauzan, Muliati, & Nurmawadah Rahmah. (2022). Pembentukan Karakter Demokratis Melalui Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1342

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Karakter demokratis merupakan sebuah cara yang timbul dari diri seseorang untuk berfikir, bersikap, dan bertindak menghargai hak dan kewajiban orang lain. Di Indonesia sendiri menghargai hak dan kewajiban orang lain merupakan suatu hal yang paling penting, dengan sikap ini akan tercermin pribadi seseorang sebagai warga negara yang baik dan taat pada aturan negaranya. Hak dan kewajiban warga negara sudah tertera jelas dalam UUD 1945 pada pasal 26, 27, 28 dan 30. Hak dan Kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan, seorang warga negara harus melaksanakan hak dan kewajibannya serta harus menghargai hak dan kewajiban orang lain. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pembentukan karakter demokratis di lingkungan kelas melalui pelaksanaan metode pembelajaran NHT (Number Head Together) pada siswa kelas XI di SMKN 1 Kota Bima. Karakter demokratis sangat diharapkan tumbuh dalam diri siswa, agar sejak dini siswa dapat menjadi seorang warga negara yang baik dan sadar akan pentingnya hak dan kewajiban. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa : 1) Semua siswa dan siswi menjadi lebih siap dalam belajar, 2) Siswa akan berdiskusi dengan sungguh- sungguh, 3) Hasil belajar akademik struktural bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas- tugas akademik, 4) Pengakuan adanya keberagaman, ini bertujuan agar siswa dapat menerima teman- temannya yang mempunyai berbagai latar belakang, 5) Pengembangan keterampilan sosial, ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Keterampilan yang di maksud antara lain berbagai tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja sama dalam kelompok dan sebagainnya, dan 6) Pemahaman siswa lebih mendalam, meningkatkan kebaikan budi pekerti, kepekaan dan toleransi serta hasil belajar lebih tinggi.

Referensi

Ilham Muhammad, W. I. A. (2018). Nilai pendidikan karakter demokratis dan toleransi dalam novel karya habiburahman el shirazy dan relevansinya dengan pembelajaran sastra. Jurnal Bahasa, 7(4), 1–10.

Juliardi, B. (n.d.). Implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan. 119–126.

Saputri Isnaini, S. R. N. (n.d.). Strategi Orang Tua Dalama Pempembetukan Karakter Demokratis Siswa Putus Sekolah Di Wilayah Pesisir Pantai Klayar Lamongan. 1704025408, 243–257.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).