Vol 8 No 4 (2025): Oktober-Desember 2025
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Workshop dan Pendampingan Pembuatan Sitasi dan Referensi Berbasis Aplikasi bagi Mahasiswa Senior PSP Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram

Penulis

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i4.13674

Diterbitkan:

2025-12-05

Unduhan

Abstrak

Salah satu kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menulis publikasi ilmiah adalah bagaimana melakukan sitasi dan referensi. Kebanyakan mahasiswa masih menggunakan cara-cara tradisional. Dengan perkembangan pesat teknologi, berbagai aplikasi telah diciptakan untuk memudahkan pengelolaan sitasi dan referensi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan aplikasi Mendeley dan Zotero dalam membuat sitasi dan referensi secara otomatis. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah interaktif dan pendampingan pemanfaatan aplikasi digital dalam pembuatan sitasi dan referensi dengan melibatkan 34 mahasiswa semester 7 PSP Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram yang difasilitasi oleh dosen-dosen Bahasa Inggris. Materi yang disajikan antara lain, peran sitasi dan referensi pada karya ilmiah, penginstalan Mendeley dan Zotero, praktik penginputan data, serta berlatih melakukan pengutipan dan referensi otomatis. Hasil survei menunjukan bahwa kegiatan telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan perencanaan. Seluruh peserta (100%) telah memiliki pengetahuan tentang pemanfaatan Mendeley dan Zotero, hampir seluruh peserta (96,8%) peserta telah berhasil melakukan instalasi kedua aplikasi tersebut, 89,9% peserta memiliki keyakinan akan mampu menerapkan pada tugas-tugas karya ilmiah mereka di masa mendatang. Hasil open question juga menunjukkan respon positif dari peserta.

Kata Kunci:

Penulisan Akademik, Makalah, Skripsi, Workshop, Pendampingan, Mahasiswa, Mendeley, Zotero

Referensi

Aksnes, D. W., Langfeldt, L., & Wouters, P. (2019). Citations, Citation Indicators, and Research Quality: An Overview of Basic Concepts and Theories. Sage Open, 9(1). https://doi.org/10.1177/2158244019829575

Barroga, E. F. (2014). Reference accuracy: authors’, reviewers’, editors’, and publishers’ contributions. Journal of Korean Medical Science, 29(12), 1587–1589. https://doi.org/10.3346/jkms.2014.29.12.1587

Brown, N., & Janssen, R. (2017). Preventing Plagiarism and Fostering Academic Integrity: A Practical Approach. Journal of Perspectives in Applied Academic Practice, 5(3). https://doi.org/10.14297/jpaap.v5i3.245

Fitri, I. C., Apriliyanto, R., Jalil, A., & Ananda, P. T. (2023). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Memanajemen Referensi Ilmiah Melalui Pelatihan Mendeley. Jurnal Pengabdian Teknologi Informasi Dan Kesehatan (DIANKES), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.47134/diankes.v1i1.7

Head, A. J. (2013). Learning the ropes: How freshmen conduct course research once they enter college. https://projectinfolit.org/publications/first-year-experience-study/

Himawan, C. U. S. B. K., Laksan, A. H., & Fillya, R. (2023). Pelatihan Penggunaan Zotero untuk Mahasiswa sebagai Bekal dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pemantik, 2(2), 95–103. https://doi.org/10.56587/pemantik.v2i2.57

Leydesdorff, L. (1998). Theories of citation? Scientometrics, 43(1), 5–25. https://doi.org/10.1007/BF02458391

Mandernach, B. J., Zafonte, M., & Taylor, C. (2016). Instructional Strategies to Improve College Students’ APA Style Writing. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 27(3), 407–412. http://www.isetl.org/ijtlhe/

Norsidi, N. (2024). Efektivitas dan Kelemahan Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XII IPS SMA Wisuda Pontianak. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 8(1), 32–40. https://doi.org/10.29408/geodika.v8i1.25728

Nurhairunnisah, Sentaya, I M., Musahrain, M., & Ade Safitri. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 957–963. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.719

Nurwijaya, S., Sugiarto, S., & Ansiska, P. (2023). Education on the Use of Mendeley for Citation Management for Students. Ngejha, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.32806/nja.v3i1.802

Puspita Rizki, D., & Soulthoni, H. P. N. (2025). Mendeley-Based Training to Improve Reference Management and Citation Formatting in Sociology Students. Room of Civil Society Development, 4(2), 309–319. https://doi.org/10.59110/rcsd.565

Rezeki, Y. S. (2018). Analysis of EFL Students’ Citation Practices and Problems in Academic Writing. International Journal of Educational Best Practices, 2(1), 62. https://doi.org/10.31258/ijebp.v2n1.p62-72

Rivkin, A. (2020). Manuscript Referencing Errors and Their Impact on Shaping Current Evidence. American Journal of Pharmaceutical Education, 84(7). https://doi.org/10.5688/ajpe7846

Zaifaturridha, Wiguna, S. & Nurmisdaramyani. (2022). Implementasi Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Membangun Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah pada Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 274–281. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.965

Biografi Penulis

I Made Sujana, Universitas Mataram

Agus Saputra, Universitas Mataram

Eka Fitriana, Universitas Mataram

La Ode Alfin Haris Munandar, Universitas Mataram

Beta Rida Pasaribu, Universitas Mataram

Ayunda Wulandari, Universitas Mataram

Siti Sumarti, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Sujana, I. M., Saputra, A., Fitriana, E., Alfin Haris Munandar, L. O., Pasaribu, B. R., Wulandari, A., & Sumarti, S. (2025). Workshop dan Pendampingan Pembuatan Sitasi dan Referensi Berbasis Aplikasi bagi Mahasiswa Senior PSP Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(4), 1477–1482. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i4.13674