Workshop dan Pendampingan Pembuatan Sitasi dan Referensi Berbasis Aplikasi bagi Mahasiswa Senior PSP Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i4.13674Diterbitkan:
2025-12-05Unduhan
Abstrak
Salah satu kendala yang dihadapi mahasiswa dalam menulis publikasi ilmiah adalah bagaimana melakukan sitasi dan referensi. Kebanyakan mahasiswa masih menggunakan cara-cara tradisional. Dengan perkembangan pesat teknologi, berbagai aplikasi telah diciptakan untuk memudahkan pengelolaan sitasi dan referensi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan aplikasi Mendeley dan Zotero dalam membuat sitasi dan referensi secara otomatis. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk ceramah interaktif dan pendampingan pemanfaatan aplikasi digital dalam pembuatan sitasi dan referensi dengan melibatkan 34 mahasiswa semester 7 PSP Bahasa Inggris FKIP Universitas Mataram yang difasilitasi oleh dosen-dosen Bahasa Inggris. Materi yang disajikan antara lain, peran sitasi dan referensi pada karya ilmiah, penginstalan Mendeley dan Zotero, praktik penginputan data, serta berlatih melakukan pengutipan dan referensi otomatis. Hasil survei menunjukan bahwa kegiatan telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan perencanaan. Seluruh peserta (100%) telah memiliki pengetahuan tentang pemanfaatan Mendeley dan Zotero, hampir seluruh peserta (96,8%) peserta telah berhasil melakukan instalasi kedua aplikasi tersebut, 89,9% peserta memiliki keyakinan akan mampu menerapkan pada tugas-tugas karya ilmiah mereka di masa mendatang. Hasil open question juga menunjukkan respon positif dari peserta.
Kata Kunci:
Penulisan Akademik, Makalah, Skripsi, Workshop, Pendampingan, Mahasiswa, Mendeley, ZoteroReferensi
Aksnes, D. W., Langfeldt, L., & Wouters, P. (2019). Citations, Citation Indicators, and Research Quality: An Overview of Basic Concepts and Theories. Sage Open, 9(1). https://doi.org/10.1177/2158244019829575
Barroga, E. F. (2014). Reference accuracy: authors’, reviewers’, editors’, and publishers’ contributions. Journal of Korean Medical Science, 29(12), 1587–1589. https://doi.org/10.3346/jkms.2014.29.12.1587
Brown, N., & Janssen, R. (2017). Preventing Plagiarism and Fostering Academic Integrity: A Practical Approach. Journal of Perspectives in Applied Academic Practice, 5(3). https://doi.org/10.14297/jpaap.v5i3.245
Fitri, I. C., Apriliyanto, R., Jalil, A., & Ananda, P. T. (2023). Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Memanajemen Referensi Ilmiah Melalui Pelatihan Mendeley. Jurnal Pengabdian Teknologi Informasi Dan Kesehatan (DIANKES), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.47134/diankes.v1i1.7
Head, A. J. (2013). Learning the ropes: How freshmen conduct course research once they enter college. https://projectinfolit.org/publications/first-year-experience-study/
Himawan, C. U. S. B. K., Laksan, A. H., & Fillya, R. (2023). Pelatihan Penggunaan Zotero untuk Mahasiswa sebagai Bekal dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pemantik, 2(2), 95–103. https://doi.org/10.56587/pemantik.v2i2.57
Leydesdorff, L. (1998). Theories of citation? Scientometrics, 43(1), 5–25. https://doi.org/10.1007/BF02458391
Mandernach, B. J., Zafonte, M., & Taylor, C. (2016). Instructional Strategies to Improve College Students’ APA Style Writing. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 27(3), 407–412. http://www.isetl.org/ijtlhe/
Norsidi, N. (2024). Efektivitas dan Kelemahan Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XII IPS SMA Wisuda Pontianak. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 8(1), 32–40. https://doi.org/10.29408/geodika.v8i1.25728
Nurhairunnisah, Sentaya, I M., Musahrain, M., & Ade Safitri. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 957–963. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.719
Nurwijaya, S., Sugiarto, S., & Ansiska, P. (2023). Education on the Use of Mendeley for Citation Management for Students. Ngejha, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.32806/nja.v3i1.802
Puspita Rizki, D., & Soulthoni, H. P. N. (2025). Mendeley-Based Training to Improve Reference Management and Citation Formatting in Sociology Students. Room of Civil Society Development, 4(2), 309–319. https://doi.org/10.59110/rcsd.565
Rezeki, Y. S. (2018). Analysis of EFL Students’ Citation Practices and Problems in Academic Writing. International Journal of Educational Best Practices, 2(1), 62. https://doi.org/10.31258/ijebp.v2n1.p62-72
Rivkin, A. (2020). Manuscript Referencing Errors and Their Impact on Shaping Current Evidence. American Journal of Pharmaceutical Education, 84(7). https://doi.org/10.5688/ajpe7846
Zaifaturridha, Wiguna, S. & Nurmisdaramyani. (2022). Implementasi Penggunaan Aplikasi Mendeley dalam Membangun Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah pada Mahasiswa STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 274–281. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.965
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 I Made Sujana, Agus Saputra, Eka Fitriana, La Ode Alfin Haris Munandar, Beta Rida Pasaribu, Ayunda Wulandari, Siti Sumarti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).


