Pelatihan Pembuatan Kemasan dan Foto Produk Pangan Olahan Bagi Enterpreneur Milenial di Kota Mataram

Penulis

Sari Novida , Baiq Inggar Linggarweni , Nurlaillah Mapanganro

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1371

Diterbitkan:

2022-02-05

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Entrepreneur milenial , foto produk, kemasan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sari Novida, Baiq Inggar Linggarweni, & Nurlaillah Mapanganro. (2022). Pelatihan Pembuatan Kemasan dan Foto Produk Pangan Olahan Bagi Enterpreneur Milenial di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 145–149. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1371

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi oleh entepreneur milineal adalah kurangnya pengetahuan terkait kemasan produk mereka, mereka memiliki produk makanan olahan yang sasih dibungkus sederhana sekali, padahal produk tersebut sudah lama dijalani/digeluti. Kemasan yang masing menggunakan stappler, padahal sangat berbahaya bila sampai dikonsumsi, menggunakan plastik-plastik sederhana yang dapat membuat makanan mudah terkontaminasi oleh udara dan bakteri. Padahal Produk yang dimiliki adalah sumber mata pencaharian utama apalagi di masa pandemi masyarakat berlomba-lomba memasarkan produknya secara online. Pemasaran online merupakan kebiasaan baru yang harus dijalani oleh pengusaha muda, modal utama pemasaran online adalah tampilan produk yang bagus, foto produk yang elegan.  Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sekitar, entrepreneurs milenial produk olahan makanan menjadi dasar dari tim pengabdian kami untuk memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi. Adapun solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian Unizar adalah pelatihan yang meningkatkan kualitas dan mutu produk olahan makanan agar lebih baik dan menarik yang bertujuan meningkatkan nilai jual produk olahan makanan tersebut. Target luaran yang dihasilkan oleh PKM ini adalah jurnal pengabdian yang terakreditasi.

Referensi

BPOM. 2021. FGD Penggalangan Komitmen untuk Pengembangan Pangan Lokal dengan Potensi Pemrosesan Pangan Steril Komersial. Mataram

Kotler, Philip Gary Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 12 jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Nurminah dan Julianti, 2006. Penggolongan Kemasan.

Schiffman, et al., 2000. Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. PT. Indeks. Jakarta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).